Profesionalitas berita TV ada berkat peran redaksi sebagai penerbit konten dan pembangun karakteristik media yang dikelola oleh semua unsur yang bekerja sama di dalamnya. Nusantara TV, salah satu stasiun televisi lokal di Indonesia, memiliki program acara berita, Nusantara Today. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi redaksi yang dilakukan tim redaksi Nusantara Today dalam menentukan berita. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data-data di lapangan, observasi langsung, dan wawancara informan kunci dari tim redaksi, yaitu produser program dan koordinator liputan. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu proses pengambilan keputusan dalam menentukan berita yang akan disiarkan dilakukan melalui tahapan riset dan diskusi. Topik-topik berita yang dipilih untuk disiarkan yang paling utama ialah isu panas terkini di masyarakat, topik kriminal, dan topik ringan. Keputusan diambil berdasarkan dari data peringkat dan pembagian. Tim redaksi mengelola informasi semaksimal mungkin menggunakan alat, pengetahuan, dan sumber daya manusia yang dimiliki. Tim redaksi menerapkan manajemen strategi redaksi dalam mengatasi tantangan persaingan antar media dengan perencanaan, yaitu pengumpulan informasi, diskusi, pembahasan, dan penentuan isi; pengorganisasian, yaitu pembagian tugas dan kerja sama antar komponen tim redaksi; pelaksanaan, yaitu implementasi dari pada tahap perencanaan dan pengorganisasian; serta pengawasan, yaitu pengawasan terhadap tahap pelaksanaan agar berjalan sesuai rencana. Dilanjutkan dengan evaluasi untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada sebelumnya.
JURNAL STRATEGI REDAKSI DALAM MENENTUKAN BERITA PADA PROGRAM NUSANTARA TODAY DI NUSANTARA TV
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press, Makassar, 224 hlm.
Cholis, N. dan D. Wardiana. (2018). Manajemen Strategi Redaksi dan Bisnis Koran Olahraga Topskor dalam Menghadapi Persaingan dengan Media Online di Era Konvergensi Media. Kajian Jurnalisme, 1(2): 124-146.
Fink, Conrad C. (1988). Strategic Newspaper Manajement. Southern Illinois University Press, United States of America, 416 pg.
Iqbal, M. (2022). Strategi Memahami Berita Media Melalui Telaah Ruang Model Redaksi, Teori Konsensus dan Teori Kepanikan Moral. Jurnal Strategi dan Bisnis, 2(2): 1-26.
Parwati, N. dan A. B. N. Zain. (2020). Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media (Studi Akasus di Detiknews.com Jakarta). Jurnal Ilmiah Pemberitaan, 5(1): 44-60.
Parwati, N. (2022). Strategi Redaksi dalam Produksi Berita Info Covid-19 Terkini di Masa Pandemi (Studi Kasus di TVRI Nasional Jakarta). Jurnal Ilmiah Teknik Studio, 6(1): 19-32.
Putri, T. D. dan D. L. Radjagukguk. (2022). Strategi Komunikasi Manajemen Redaksi Televisi Radio (TVR) Parlemen dalam Meningkatkan Minat Penonton di Era Digital. Journal of Social Science, Humanitis, and Humaniora Adpertisi, 2(1): 16-28.
Suprapto, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Antar Jasa Penginapan di Kota Lamongan (Studi pada Hotel Mahkota Lamongan). Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 4(3): 1049-1060.
Susanti, S. dan R. A. Ratmita. (2020). Manajemen Produksi Program Berita di iNews TV Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 10(2): 1-17.
Nusantara TV. (n.d.). Company profile. Diakses pada 29 Mei 2024, dari halaman website https://www.nusantaratv.com/company-profile