Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten YouTube NCT Halo Sekolah Indonesia terhadap gaya komunikasi fans di grup WhatsApp. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari 89 responden, yang merupakan fans NCT di Indonesia. Variabel yang diteliti meliputi context, communication, collaboration, dan connection. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa konten YouTube berpengaruh signifikan terhadap gaya komunikasi fans, dengan koefisien regresi sebesar 0,559 dan nilai t-hitung sebesar 6,903, yang jauh lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,994. Hal ini menunjukkan bahwa semakin sering fans terpapar konten NCT, semakin intens gaya komunikasi mereka di grup WhatsApp. Temuan ini menegaskan bahwa media sosial, khususnya YouTube, memainkan peran penting dalam mempengaruhi cara berkomunikasi penggemar dalam komunitas digital.
Full_Text
Andriyanto. (2019). Pengaruh Game Online PUBG Terhadap Prestasi Nilai Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang.
Arham M. (2020). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mutmainnah Arham.
Azaria, & Padma Raina. (2023). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Twitter Akun @Sellkpopfess Terhadap Minat Berwirausaha Penggemar Kpop.
Cahyono Anang Sugeng. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.
Cindy Mutia Annur. (2023). Pengguna YouTube di Indonesia .
Dewi Satriani, A., Cicit Arantxa, A., Aisyah Rizki, N. W., Khoiriyah, Q., & Nurhayati, E. (2023). Dampak Dan Transformasi Perkembangan Bahasa Gaul Dalam Bahasa Indonesia Modern Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. In Jurnal Pengabdian West Science (Vol. 02, Issue 06).
Efendi, R. A., & Pane, I. Z. (n.d.). Pengaruh Karakteristik Brand Ambassador Nct Dream Terhadap Brand Image Somethinc (Survei Pada Komunitas Czennie Buddies).
Fadila Pasha Wijaya. (2022). Pengaruh Konten YouTube Budaya Indonesia Melalui Channel NCT Terhadap Perilaku NCTz di Kota Bandung.
Fakhri Ramadhan, M., Siroj, R. A., Win Afgani, M., Raden Fatah Palembang, U., H Zainal Abidin Fikri, J. K., Kemuning, K., Palembang, K., & Selatan, S. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 06(02), 10967–10975.
Febriani Erna. (n.d.). Gaya Berkomunikasi.
Firdaus, & Isnaini Muhammad. (2020). Pengaruh Konten Channel Youtube Atta Halilintar Terhadap Gaya Berbicara RemajA.
Kajian Gaya Komunikasi dan Masyarakat, A. (n.d.). BAB II LANDASAN TEORI. Kelurahan Jurangmangu Timur Pondok Aren
Firdaus, D., & Isnaini, M. (n.d.). Pengaruh Konten Channel Youtube Atta Halilintar Terhadap Gaya Berbicara Remaja.
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (n.d.). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., Lazuardi, J., & Komunikasi, P. I. (n.d.). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia (Vol. 1, Issue 2). Online. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret
Marisya Mayang. (2023). ANALISIS DATA MENGGUNAKAN UJI T : Menentukan Perbedaan yang Signifikan antara Dua Kelompok.
Marwan, M. R. (2023). Analisis Dampak New Media Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. ISSN(1), 2829–0534. https://doi.org/10.56127/j
Maulana, J. (2021a). pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap pembentukan sikap sosial mahasiswa ilmu komunikasi fisip universitas islam kalimantan. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 4).
Maulana, J. (2021b). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Sosial Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Islam Kalimantan. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 4).
Murtiastuti. (2020). Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger Rachel Goddard Terhadap Perilaku Imitasi.
Nabilah Nur Alifah. (2022, September 22). Data Penggemar Kpop di seluruh dunia.
Noermanzah, N. (n.d.). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. https://doi.org/10.31219/osf.io/ez6dk
Nurdin, Ismail Hartati, & Sri. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Pembelajaran Bipa Level A1 Pada Kanal Youtube Nct Daily. (n.d.).
Pratama, S. A., Intan, R., Mahasiswa, P., Dosen, D., & Unsurya, M. (n.d.). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia.
PREFERENSI AUDIENS TERHADAP PODCAST NOICE DALAM. (n.d.).
Putri, N. (2021). Analisa Trend Jurnalisme Online Pada Aplikasi TikTok.
Rahman Abdul. (2022). Metode Penelitian Ilmu Sosial.
Rahmawati, A., Nikmah, N. L., Perwira, R. D. A., & Rakhmawati, N. A. (2021). Analisis topik konten channel YouTube K-pop Indonesia menggunakan Latent Dirichlet Allocation. Teknologi, 11(1), 16–25. https://doi.org/10.26594/teknologi.v11i1.2155
Ramadhani, & Citra Rasyiqah. (2024). Perilaku Komunikasi Penggemar Nct Dalam Aplikasi Bubble Lysn.
Rizki Alyah Nurwahidah Jafar, Hadawiah, & Zelfia. (2022). https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-Akun-Twitter-%40Collegemenfess-Terhadap-Di-Jafar-Hadawiah/9e8824d6e1146432e7ae2892bf5cf982a07c23b8.
Rullysia El. (2022). Pengaruh Terpaan Pemberitaan Di Akun Instagram @Baligasm Terhadap Electronic Word Of Mouth Dan Dampaknya Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Pulau Bali.
Sadasri, L. M., & Pemuda, J. S. (n.d.). Parasocial Relationship dengan Selebritas (Studi Kualitatif pada Praktik Penggunaan Fandom Applications). https://doi.org/10.22146/studipemudaugm
Saifulloh, M., & Hariyanto, D. (2024). Youtube Media Komunikasi dan Bisnis Milenial. In INTELEKTUALITAS : Jurnal Penelitian Lintas Keilmuan (Issue 1).
Suci R. MarÕ Ih Koesomowidjojo, M. Si. (2020). Dasar-Dasar Komunikasi.
Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 4th ed.). ALFABETA.
Sugiyono. (2019b). Pengertian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 4th ed.). Alfabeta.
Sukatmo, S. (2022). Penggunaan Bahasa Indonesia Di Kalangan Generasi Milenial (Vol. 1, Issue 4).