PENGARUH DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UNICHARM DARI PT. NIRMALA PANGAN SEJAHTERA KE INDOGROSIR

research
  • 20 Oct
  • 2024

PENGARUH DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UNICHARM DARI PT. NIRMALA PANGAN SEJAHTERA KE INDOGROSIR

Indri Astuti (64201395), Pengaruh Distribusi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unicharm Dari PT. Nirmala Pangan Sejahtera Ke Indogrosir

 

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana distribusi dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian produk tertentu, yaitu produk Unicharm, dari perspektif PT. Nirmala Pangan Sejahtera sebagai distributor utama ke Indogrosir sebagai pelanggan utama. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada 30 staf pembelian di Indogrosir, memungkinkan peneliti untuk mendapatkan wawasan yang komprehensif tentang persepsi dan preferensi pembelian dari sudut pandang pelanggan. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji korelasi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa distribusi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 2.150 (t tabel 2.042) dan signifikansi 0.041 (<0.05), sehingga Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Promosi juga berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung 2.902 (t tabel 2.042) dan signifikansi 0.007 (<0.05), sehingga Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Uji F mengindikasikan bahwa distribusi dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung 9.366 (F tabel 4.20) dan signifikansi 0.001 (<0.05), dengan nilai R² simultan sebesar 0.410, yang berarti 41% variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh distribusi dan promosi, sementara 59% sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Distributor seperti PT. Nirmala Pangan Sejahtera harus memahami secara mendalam bagaimana strategi distribusi dan promosi mereka dapat memengaruhi keputusan pembelian pelanggan mereka, serta bagaimana mereka dapat terus meningkatkan kinerja mereka dalam hal ini untuk tetap bersaing di pasar yang semakin sengit.

 

Kata Kunci: Distribusi, Promosi, Keputusan Pembelian, Produk Unicharm, PT. Nirmala Pangan Sejahtera, Indogrosir.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustina, E. S., Sonani, N., Kardini, N. L., Aghivirwiati, G. A., Monica, C., Sabil, (2023). Manajemen Distribusi. Cendikia Mulia Mandiri.

 

Amruddin, Masela, M. Y., Rizkiyah, N. D., Farradia, Y., Sonani., N., Cholid, D. N., Fiq, D. M., Fuad, M., Saksono, & Ilham, B. U. (2023). Manajemen Distribusi di Era Digitalisasi. Cendikia Mulia Mandiri.

 

Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98–107.

 

Bahtiar, A., & Rahardja, E. (2017). Pengaruh Brand Equity, Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Vape (Studi PadaVape Store 5Time). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 36–45.

 

Ferine, K. F., & Yuda. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Situs Online Shop. Selat Media.

 

Fernando, S., & Simbolon, R. (2022). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Unilever. Jurnal Ekonomis, 15(1c).

 

Firdaus. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi Ibm Spss Statistics Version 26.0. CV. Dotplus Publisher.

 

Firmansyah, M. A. (2019a). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy (Q. Media (ed.); 1st ed.). Penerbit Qiara Media.

 

Firmansyah, M. A. (2019b). Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy) (Qiara Media (ed.); Cetakan Pe). CV. Penerbit Qiara Media.

 

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102.

 

Hidayatullah, S., & Alvianna, S. (2023). Metodologi Penelitian Pariwisata. Uwais Inspirasi Indonesia.

 

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2019). Strategic management: Concepts and cases: Competitiveness and globalization. Cengage Learning.

 

Istikhoroh, S., Suwarno, Gatrassia, Y. F., Irnanda, Risma, Z., Rizki, R. A. A., Rahmawati, D., & Ameliaratri, R. (2023). Digital Marketing: Tinjauan Konseptual. Mega Press Nusantara.

 

Karmanis, K. (2020). Metode Penelitian. CV. Pilar Nusantara.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18th Global Edition) (Vol. 18). Pearson Education.

 

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Gramedia Pustaka Utama.

 

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

 

Masruroh, N. A., & Bastian, I. (2018). Akuntansi Manajemen Berbasis Desain. UGM PRESS.

 

Nugroho, A. S., & Haritanto, W. (2022). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DENGAN PENDEKATAN STATISTIKA:(Teori, Implementasi & Praktik dengan SPSS). Penerbit Andi.

 

Nurwulandari, A., & Maharani, S. (2021). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 Café (2020). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 465–493.

 

Prahendratno, A., Subagja, A. D., Setiawan, Z., Efdison, Kom, S., Susiang, Novita, M. I., & Dwiwahjuni Wulandari. (2023). Buku Ajar Pengantar Bisnis. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

 

Purwandari, S., Purnomo, S., & Adha, W. M. (2022). Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital). In Hartini (Ed.), Media Sains Indonesia (1st ed.). Media Sains Indonesia.

 

Putra, C. I. W., & Nursal, M. F. (2022). Perilaku konsumen. Rena Cipta Mandiri.

 

Qomariyah, A. F. (2022). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Penerbit Qiara Media.

 

Satriadi, S., Agusven, T., Lastriani, E., Hadmandho, T. C., Ramli, R. A., Sanny, A., & Prayoga, D. (2022). Manajemen Pemasaran. CV Rey Media Grafika.

 

Sawlani, D. K., & SE, M. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Scopindo Media Pustaka.

 

Setiawan, Z., Apriani, A., Komala, A. L., Islami, V., Ahada, R., Wibisono, L. K., Rukmana, A. Y., Imlabla, F. V, Agustin, D., & Budiman, D. (2024). Buku Ajar Kewirausahaan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

 

Setyawan, F. E. B. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian:(statistika praktis). Zifatama Jawara.

 

Sugiyono. (2019). Metode Kuantitatif. Alfa Beta.

 

Suleman, D. (2022). Manajemen Pemasaran di Era Digital Konsep dan Strategis. In Insan Cendekia Mandiri. Insan Cendekia Mandiri.

 

Tegar, N. (2019). Panduan Lengkap Manajemen Distribusi. Anak Hebat Indonesia.

Trihastuti, A. E., & SI, K. (2020). Manajemen Pemasaran Plus++. Deepublish.

 

Widjajanti, M., & Pahar, B. H. (2021). Pengaruh Marketing Mix Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sika. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(1), 17–31.

 

Yamin, S. (2021). Tutorial Statistik Spss, Lisrel, Warppls, & Jasp (Mudah & Aplikatif) (Vol. 1). Dewangga Energi Internasional Publishing.

 

Yanti, A. F., Abbas, F., & Syauki, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Distribusi Terhadap Penjualan Teh Poci. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 3(1), 72–84.