ANALISA KEPUASAN PELANGGAN PADA PENJUALAN KOPI “BUATAN ORANG RUMAH” MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)

research
  • 20 Oct
  • 2024

ANALISA KEPUASAN PELANGGAN PADA PENJUALAN KOPI “BUATAN ORANG RUMAH” MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)

Kepuasan pelanggan adalah sesuatu yang dirasakan dan didapatkan oleh pelanggan berdasarkan pengalaman dan pelayanan yang telah diberikan, lalu dibandingkan dengan apa yang diharapkan. Kepuasan pelanggan telah menjadi fokus utama bagi organisasi dalam era bisnis yang kompetitif saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Melalui pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari sejumlah responden yang merupakan pelanggan dari Kopi Buatan Orang Rumah dengan sampel sebanyak 150 orang. Sampel dilakukan menggunakan teknik accidental sampling dengan metode non-probabilitas didasarkan oleh pelanggan yang berada pada objek penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti sarana dan prasarana, kualitas tempat, kualitas pelayanan terhadap pelanggan, kualitas produk, dan harga memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan pelanggan. Menggunakan metode customer satisfaction index, penelitian ini mendapatkan nilai csi sebesar 88,37% yang menunjukkan bahwa pelanggan merasa puas dengan pelayanan kedai tersebut. Adapun nilai tertinggi yang didapatkan yaitu sebesar 4,59 berada pada atribut keamanan kedai.

Unduhan

  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 0x | Ukuran 85 KB

 

REFERENSI

Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Ardista, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Langit Membiru Wisata Bogor. Parameter, 6(1), 38–49. https://doi.org/10.37751/parameter.v6i1.160

Gustiary, R. M., & Idayani, D. (2020). Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.54

Harmaja, O. J., Purba, W., Siregar, M. P., Manurung, H. T., & Sirait, F. A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Rudang Hotel Berastagi Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (Csi). Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 5(1), 147. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i1.511

Hasibuan, S. (2015). Diberikan Pramuniaga Di Toko Suzuya the Central Pasar Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction. 208–218.

Juwana, O. N. E., & Satria, T. F. (2023). Untuk Meningkatkan Loyalitas Menggunakan Metode Servqual , Csi , Dan Qfd. 14(1), 183–194.

Pranata, M. N., Hartiati, A., & Sadyasmara, C. A. B. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di Voltvet Eatery and Coffee menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(4), 594. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i04.p11

Salamah, M., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Peran Social Media Marketing, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Madame Gie Di Kab. Bekasi. Jurnal Economina, 2(10), 2686–2703. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.894

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Setiawan, A. D., Yamani, A. Z., & Winati, F. D. (2022). Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(4), 286–295. https://doi.org/10.55826/tmit.v1i4.62

Trilaksono, A. I., & Prabowo, B. (2022). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i1.1262