Penelitian ini mengkaji pola komunikasi antara driver ojek online dan customer dalam konteks service excellent. Dilakukan melalui wawancara dan observasi di Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dengan melibatkan tiga informan (dua driver dan satu customer). Hasil penelitian mengungkapkan dua pola komunikasi utama: komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah terjadi ketika hanya satu pihak yang aktif, sementara pihak lainnya pasif, dipengaruhi oleh faktor seperti mood, kesibukan, atau kondisi fisik. Komunikasi dua arah melibatkan interaksi aktif dan saling bertukar pesan antara driver dan customer, menciptakan komunikasi yang lebih dinamis dan efektif. Pola komunikasi dua arah lebih sering digunakan dan dianggap lebih efektif dalam meningkatkan kenyamanan dan kepuasan kedua belah pihak. Service excellent sangat dipengaruhi oleh komunikasi yang baik, di mana driver yang mampu berkomunikasi dengan baik cenderung memberikan pelayanan yang lebih memuaskan, meningkatkan kepuasan dan loyalitas customer. Penilaian kualitas layanan oleh customer, seperti pemberian rating bintang, mencerminkan tingkat kepuasan mereka terhadap pelayanan yang diterima.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Driver Ojek Online, Customer
Jurnal Komunikasi : Pola Komunikasi Driver Ojek Online dan Customer dalam Service Excellent
ALIFIAH, L. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Pt Dalim Fideta Kornesia Dalam Mempertahankan Customer Loyalty. 84.
DIMAS FAZHRUL MUHAMMAD. (2023). Pola Komunikasi Antara Driver Grab-Bike.
Dwi, N., & Putri, N. (2021). Analisa Kualitas Pelayanan melalui Pola Komunikasi Driver Go-Ride dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Kesejahteraan Pengemudi (Studi Kasus Ojek Online Gojek di Kabupaten Jember). 2(2).
Elchrysti, N. (2018). Strategi Komunikasi Guru di SLB Bandung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 13–49.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Ratnaningsih, P. W., & E, A. A. M. S. (2022). Media penelitian kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
HERDIANSYAH. (2023). Analisis deskriptif copywriting pada instagram work coffee indonesia dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
Ii, B. A. B., Terdahulu, P., & Adi, T. (n.d.). No Title. 12–46.
Ii, B. A. B., Terdahulu, T. P., & Di, D. (2018). No Title. 9–44.
Jusup, A. D., & Candrasari, S. (2020). Komunikasi Verbal dan Nonverbal Driver Gojek dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan. Kalbisiana, 8(2), 1543–1551.
Malla Avila, D. E. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Nardo Rio, S. (2019). Pengaruh Fungsi Komunikasi dan Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Pemberian Pelayanan Nasabah PT. BPR LPN Talawi Sakato. Jurnal Administrasi Dan Humaniora (JASIORA), 3(2), 97–111. http://jurnal.stiasetihsetio.ac.id/index.php/admngr/article/download/38/50
Rozali, Y. A. (2022). Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik. Penggunaan Analisis Konten Dan Analisis Tematik Forum Ilmiah, 19, 68. www.researchgate.net
Safira, S. S., & Irwansyah, S. (2022). Implementasi Sidang Keliling di Pengadilan Agama Garut menurut Maslahah Mursalah. 27–32.
Takari, D. M., Hum, M., Ph, D., & Pengajian, D. (2019). Memahami ilmu komunikasi. 0–13.
Un, M. A., Daga, L. L., Tuhana, V. E., Studi, P., Komunikasi, I., Cendana, U. N., & Online, D. G. (2023). POLA KOMUNIKASI DRIVER GRAB ONLINE DENGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NUSA CENDANA ( Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Driver Dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undana Kupang ) ONLINE GRAB DRIVER COMMUNICATION PATTERNS WITH NUSA CENDANA UNIVERSITY. 3(2).
Wulandari, R., Nyoman, N., Antari, W., & Lamopia, I. W. G. (2020). Pelatihan Service Excellence Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Usaha Griya Lentik Denpasar. Madaniya, 1(2), 91–100.
Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.