Pemilihan umum atau pemilu merupakan cara salah satu Negara untuk dapat menjalankan demokrasi. Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Namun tidak jarang masyarakat masih belum mengenal dan mengetahui siapa calon pemimpin yang mencalonkan diri menjadi presiden. Kurangnya sosialisasi langsung dari para calon presiden menjadi salah satu faktor banyaknya masyarakat kurang mengenal Calon Presiden. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi komunikasi politik yang ditetapkan oleh calon presiden dalam membangun citra melalui Instagram pada pemilihan Presiden. Hasil penelitian mengungkapkan dapat disimpulkan bahwa relawan Generasi Mandiri dapat membangun citra dari calon presiden Ganjar-Mahfud ke arah positif. Dapat di lihat dari meningkatnya jumlah pengikut di akun Generasi Mandiri dan berkurangnya jumlah komentar negatif pada akun Generasi Mandiri.
STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK CALON PRESIDEN NOMOR URUT 03 DALAM MEMBANGUN CITRA MELALUI INSTAGRAM @GENERASIMANDIRI.JKT PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2024
Hidayatullah, G. R. (2023). Personal Branding Ganjar Pranowo Melalui Media Sosial. UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Ichsan, M., Irawan, A., & Safira, Y. (2023). Analisis Komodifikasi Media Sosial Instagram terhadap Citra Partai Politik Menjelang Pemilihan Calon Presiden 2024. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 7(1), 76–90.
Indra, D., & Wahid, U. (2021). Tinjauan Literatur: Digital Komunikasi Politik Anies Baswedan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 228–239.
Osmond, F. X. R. (2023). Komunikasi Interpersonal dalam Proses Pembentukan Chemistry pada Tim Keluarga Cemara di Game Mobile Legends. Universitas Bina Sarana Informatika.
Pohan, S., Ramadhan, R. I., Anjani, D. A., & Pasaribu, T. R. (2023). Komunikasi Politik Calon Presiden Ganjar Pranowo melalui Personal Branding Jelang Pilpres Tahun 2024 di Instagram. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(2), 416–424.
Sulastri, A. N., & Khoirotunnisa, P. (2023). Personal Branding Anies Baswedan dalam Membangun Citra pada Pilpres 2024 di Instagram. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 5(1), 73–84.