ABSTRAK
Dini Mei Viana (21210027), Pelaksanaan Pelayanan Customer Relation Officer (CRO) pada PT Tunas Mobilindo Perkasa (Showroom Tunas Daihatsu Tangerang).
Pelayanan adalah segala sesuatu bentuk jasa pelayanan baik dalam bentuk barang maupun jasa, agar memberikan kepuasan bagi pelanggan dari erusahaan tersebut. Yang bertanggung jawab dalam hal pelayanan adalah Customer Relation Officer, serta harus bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan Customer Relation Officer pada PT Tunas Mobilindo Perkasa (Showroom Tunas Daihatsu Tangerang). Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan erusa pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Narasumber langsung berjumlah 2 orang diantaranya Customer Relation Officer dan Sales Showroom Tunas Daihatsu Tangerang. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, kemudian data tersebut diuraikan, dianalisa, dan dibahas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Dari hasil penelitian bahwa Pelaksanaan Pelayanan Customer Relation Officer di PT Tunas Mobilindo Perkasa (Showroom Tunas Daihatsu Tangerang) yaitu melayani pelanggan dan memberikan informasi sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).
Kata Kunci: Pelayanan,Customer Relation Officer.
cover tugas akhir
full tugas akhir
DAFTAR PUSTAKA
Halim, V., Butar-butar, M., Susanto, J., Adhitya, S., Cutiara, J., & Gultom, R. (2024). Pengaruh Penetapan Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Tuahta Maju Ersada. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4287–4295. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/4696/2601
Irwasyah, & Suradji, M. (2021). Pelanggan Dan Karakteristiknya Dalam Pendidikan Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 170–188. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/talim.v4i2.2589
Ismawanto, T., Setianegara, R. G., & Rahmani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Frontliner Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman Unit Klandasan. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.31940/jbk.v16i1.1713
Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., YuliAngliawaati, R., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 8–17. https://doi.org/https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.660
Nugraha, R. N., & Achmad, V. S. (2023). Strategi Pengiklanan Dan Pelayanan Pariwisata Di IndonesiaPasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(11), 510–516. http://www.jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5109/3503
Qur’ani, B. (2024). PELAYANAN PRIMA (I. Hamsar (ed.)). PENERBIT TAHTA MEDIA GROUP. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/809/808
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1
Siregar, R. H., & Tambunan, K. (2023). Strategi Pelayanan Customer Service dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Tua. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 6341–6350. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5350/3952
Tambunan, E. E. (2022). PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DALAM MENINGKATAN TRUST WISATAWAN DESA RUMAH GALUH KECAMATAN SEI BINGAI, KAB. LANGKAT. Jurnal Akomodasi Agung, 9(1), 36–47. https://journal.akpardarmaagung.ac.id/index.php/JIAA/article/view/76/67
Wahyuningsih, T., Syahrani, H., & Paselle, E. (2020). Pelayanan Prima Pada Dinas Perpustakaan Kota Samarinda. eJournal Administrasi Publik, 8(1), 8776–8786. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/02/EJOURNAL B (02-20-20-04-42-22).pdf