Komunikasi interpersonal Customer service Pt. Tri energi berkarya dalam menanggapi keluhan pelanggan pada saat pemasangan charger mobil listrik

research
  • 20 Oct
  • 2024

Komunikasi interpersonal Customer service Pt. Tri energi berkarya dalam menanggapi keluhan pelanggan pada saat pemasangan charger mobil listrik

PT. Tri Energi Berkaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan Charger mobil listrik, perusahaan yang sering berhubungan langsung dengan pelanggan tentunya perlu adanya perhatian khusus dibagian pelayanan melalui Customer service untuk menampung keluhan dan permasalahan pada pelanggan. Untuk itu dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat dan sesuai agar dapat terjalinnya komunikasi yang efektif. Dalam menganalisis masalah peneliti menggunakan teori dan landasan konseptual tentang tahapan – tahapan komunikasi interpersonal untuk mengetahui lebih mendalam penerapan strategi komunikasi dalam menangani keluhan pelanggan di Customer service PT. Tri Energi Berkarya. Teori yang digunakan yaitu Model Komunikasi Laswell yaitu Who (siapa), Say What (Mengatakan apa), In Which Channel (Saluran Komunikasi), To Whom (Kepada Siapa), With What Effect (Dengan akibat apa?) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini membahas mengenai Komunikasi Interpersonal yang dilakukan oleh Customer service PT. Tri Energi Berkarya dalam menangani keluhan pelanggan yaitu menyusun perumusan strategi dari pemilihan komunikator, implementasi strategi yang dilakukan setiap divisi serta pemilihan penggunaan media dan saluran komunikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang dijalankan oleh Customer service PT. Tri Energi Berkarya dalam menangani keluhan pelanggan yaitu menyusun pesan atau informasi sesuai kebutuhan yang mengutamakan skill komunikasi dari pengetahuan, kemampuan dan sikap. Memilih media dan saluran komunikasi yang tepat dan sesuai untuk komunikasi lebih efektif dan efesien. Serta mengacu pada SOP (Standar Operating Procedure) yang telah dibuat oleh perusahaan.

Unduhan

 

  • COVER.pdf

    cover

    •   diunduh 17x | Ukuran 39,415

REFERENSI

Abuìbakar, R. (2018). Manajeìmeìn Peìmasaran. Banduìng: Alfabeìta.

Beìll, S. J., & Luìddington, J. A. (2006). Coping with Cuìstomeìr Complaints. Jouìrnal of Seìrviceì Reìseìarch, 8(3), 221–233.

Deìlima, I. D., & Hafsah, N. A. (2021). Strateìgi Komuìnikasi Cuìstomeìr Seìrviceì JNEì Tanggeìrang Dalam Meìnangani Keìluìhan Peìlanggan (Stuìdi Kasuìs Keìhilangan Barang Peìriodeì 2019). DIALEìKTIKA KOMUìNIKA: Juìrnal Kajian Komuìnikasi Dan Peìmbanguìnan Daeìrah, 9(2), 1–10.

DeìVito, J. (2016). Theì Inteìrpeìrsonal Commuìnication Book (14th eìd.). London: Peìarson Eìduìcation Eìngland.

Deìvito, J. A. (2011). Komuìnikasi Antar Manuìsia. Banteìn: Karisma Puìblishing Grouìp.

Feìliks, Y. A., & Fitriawat, D. (2023). Komuìnikasi Inteìrpeìrsonal Karyawan PT. GMB dalam Meìnarik Minat Gadai dan Loyalitas Peìlanggan. Juìrnal Ilmuì Peìmeìrintahan, Administrasi Puìblik, Dan Ilmuì Komuìnikasi (JIPIKOM), 5(1), 84–93.

Harahap, N. (2020). Peìneìlitian Kuìalitatif. Meìdan: Wal Ashri Puìblishing.

Haryono, P. M. B. (2018). How To Beì a Profeìssional Cuìstomeìr Seìrviceì. Yogyakarta: Peìneìrbit Andi.

Hasanah, H. (2019). Komuìnikasi Inteìrpeìrsonal antara Cuìstomeìr seìrviceì deìngan Jama’ah Haji dan Uìmroh di PT. Eìbad Wisata Suìrabaya. Suìrabaya: Uìniveìrsitas Islam Neìgeìri Suìnan Ampeìl.

Heìrawati, A. (2020). Komuìnikasi Inteìrpeìrsonal Barista Dalam Meìnciptakan Keìpuìasan Peìlanggan (Stuìdi Deìskriptif Kuìalitatif Pada Barista Rokeìtto Coffeìeì Malang). Suìrabaya: Uìniveìrsitas Islam Neìgeìri Suìnan Ampeìl Suìrabaya.

Kasmir. (2018). Manajeìmeìn Suìmbeìr Daya Manuìsia (Teìori dan Praktik). Jakarta: Raja Grafindo Peìrsada.

Kotleìr, P., & Amstrong, G. (2018). Principleìs of Markeìting (15th eìd.). Neìw York: Freìeì Preìss.

Kuìsuìmawati, T. I. (2016). Komuìnikasi Veìrbal dan Nonveìrbal. Al-Irsyad: Juìrnal Peìndidikan Dan Konseìling, 6(2), 83–98.

Lassweìll, H. D. (1960). Theì Struìctuìreì and Fuìnction of Comuìnication in Socieìty. Theì Commuìnication of Ideìas, 37(1), 136–139.

Littleìjohn, S. W., & Foss, K. A. (2017). Theìorieìs Of Huìman Commuìnication. Illionis: Waveìland Preìss.

Mahardika, I., & Komaruìdin, K. (2021). Peìngaruìh Meìdia Peìmbeìlajaran Zoom Teìrhadap Hasil Beìlajar PPKN Siswa Keìlas Xii Sma Neìgeìri 1 Tirtayasa. Juìrnal Peìlita Buìmi Peìrtiwi, 3(03), 19–28.

Marlina, D. (2019). Strateìgi Peìlayanan Cuìstomeìr Seìrviceì dan Teìlleìr dalam

 

Meìningkatkan Keìpuìasan Nasabah di Bank Rakyat Indoneìsia (BRI) Syariah Meìtro Tahuìn 2018. Lampuìng: Instituìt Agama Islam Neìgeìri Meìtro.

McCroskeìy, J. C., & Richmond, V. P. (2006). Classroom Commuìnication And Instruìctional Proceìsseìs: Advanceìs Throuìgh Meìta-analysis. Neìw Jeìrseìy: Lawreìnceì Eìrlbauìm Mahwah.

Mileìs, M. B., Huìbeìrman, A. M., & Saldana, J. (2014). Quìalitativeì Data Analysis: A Meìthods Souìrceìbook (3rd eìd.). California: SAGEì Puìblications Ltd.

Muìlyana, D. (2007). Ilmuì Komuìnikasi Suìatuì Peìngantar. Banduìng: PT Reìmaja Rosdakarya.

Muìsyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strateìgi Peìmasaran Uìntuìk Meìningkatkan Peìnjuìalan Pada Uìsaha Ibuì Bagas di Keìcamatan Mamuìjuì. Foreìcasting: Juìrnal Ilmiah Ilmuì Manajeìmeìn, 1(1), 1–13.

Pahleìviannuìr, M. R., Deì Graveì, A., Sapuìtra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Lisya, M. (2022). Meìtodologi Peìneìlitian Kuìalitatif. Suìkoharjo: Pradina Puìstaka.

Rismawaty, D. Eì. S., & Suìrya, D. Eì. (2014). Peìngantar Ilmuì Komuìnikasi. Banduìng: Reìkayasa Sains.

Rizal, R., & Fuìrianto, A. (2009). Markeìting Reìloadeìd: Kompilasi Konsuìmeìn dan Prakteìk. Jakarta: Saleìmba Eìmpat.

Rizky, S. B., Simbolon, B. R., & Peìrwirawati, Eì. (2023). Eìfeìktivitas Komuìnikasi Inteìrpeìrsonal Cuìstomeìr seìrviceì Dalam Meìningkatkan Keìpuìasan Nasabah Bank DBS Cabang Imam Bonjol. Juìrnal Eìgaliteìr, 7(12), 1–10.

Rogeìrs, Eì., & Kincaid, L. (1981). Commuìnication Neìtworks: Toward A Neìw Paradigm For Reìseìarch. Neìw York: Freìeì Preìss.

Santoso, G. A. (2021). Komuìnikasi Inteìrpeìrsonal Barista Deìngan Konsuìmeìn Dalam Peìlayanan Jasa Di Niti Samasta Coffeìshop. Suìrakarta: Uìniveìrsitas Muìhammadiyah Suìrakarta.

Sari, P. S., & Rohmah, A. N. (2024). Komuìnikasi Inteìrpeìrsonal Cuìstomeìr Seìrviceì Lotteì Grosir dalam Meìlayani Peìlanggan di Kota Samarinda. Juìrnal Indoneìsia: Manajeìmeìn Informatika Dan Komuìnikasi, 5(1), 90–106.

Situìmeìang, I. V. O. (2023). Pola Komuìnikasi Cuìstomeìr Seìrviceì Dalam Meìnangani Komplain Peìlanggan (Stuìdi Pada PT. Inti Tama Karsa, Jakarta). IKRA-ITH HUìMANIORA: Juìrnal Sosial Dan Huìmaniora, 7(3), 357–370.

Solihat, M., Puìrwaningwuìlan, M. M., & Solihin, O. (2014). Inteìrpeìrsonal Skill (Tips Meìmbanguìn Komuìnikasi dan Reìlasi). Banduìng: Reìkayasa Sains.

Suìbhan, A. B., Harahap, V. S., & Alhidayatuìllah, A. (2022). Meìtodeì Komuìnikasi Inteìr Peìrsonal Pada Peìlayanan Peìlanggan Teìrhadap Citra Peìruìsahaan Listrik Neìgara (Peìrseìro) Rayon Takeìngon Kabuìpateìn Aceìh Teìngah (Stuìdi Deìskriptif Keìluìhan Tarif Listrik Di Kampuìng Beìbeìseìn). Teìlangkeì: Juìrnal Teìlangkeì Ilmuì Komuìnikasi, 4(1), 1–15.

Suìgiyono. (2010). Meìtodeì Peìneìlitian Kuìantitatif, Kuìalitatif dan R&D. Banduìng:

 

Alfabeìta.

Suìgiyono. (2016). Meìtodologi Peìneìlitian Manajeìmeìn (5th eìd.). Banduìng: Alfabeìta.

Suìgiyono. (2019). Statistika Uìntuìk Peìneìlitian. Banduìng: Alfabeìta.

Suìgiyono. (2020). Meìtodeì Peìneìlitian Kuìalitatif: Uìntuìk Peìneìlitian yang Beìrsifat Eìksploratif, Eìnteìrpreìtif dan Konstruìktif. Banduìng: Alfabeìta.

Suìjarweìni, W. V. (2021). Meìtodeì Peìneìlitian. Yogyakarta: PT. Puìstaka Baruì.

Suìranto, A. W. (2011). Komuìnikasi Inteìrpeìrsonal. Yogyakarta: Graha Ilmuì.

Taylor, S. (1999). Commuìnication For Buìsineìss. Neìw York: Peìarson.

Winarno, S., & Ismaya, S. (2007). Greìat Dictionary of Eìconomics. Jakarta: Graphics Library.