Rohim Kurniawan (10200041), Rancang Bangun Aplikasi Instruktur Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter Pada LKP Bright School Lampung Timur
Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan dampak positif dalam berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu perkembangan yang dapat dimanfaatkan adalah penggunaan aplikasi mobile sebagai media pembelajaran. Sudah selayaknya teknologi informasi diterapkan di instansi pendidikan salah satu contohnya aplikasi mobile dapat menjadi alat yang efektif bagi para instruktur untuk melakukan presensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android presensi instruktur menggunakan teknologi Flutter. Flutter adalah sebuah framework open-source yang dikembangkan oleh Google untuk membangun aplikasi mobile multi-platform. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Agile Metodology dengan framework Scrum. Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, tahap desain dilakukan untuk merancang antarmuka dan fitur aplikasi, tahap impelementasi dilakukan untuk membangun aplikasi, dan tahap evaluasi dilakukan untuk menilai kelayakan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi instruktur yang dikembangkan dengan menggunakan framework Flutter dapat berjalan dengan baik pada perangkat mobile berbasis Android. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang memudahkan instruktur pada lembaga kursus dalam melakukan presensi kehadiran dan bagi admin lembaga kursus dan pelatihan Bright School memudahkan dalam memantau rekap presensi serta mengolah data presensi.
Kata Kunci: presensi, instruktur, bright school
Rancang Bangun Aplikasi Presensi Instruktur Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter Pada LKP Bright School Lampung Timur
Afriansyah, R., Sholeh, M., & Andayati, D. (2021). Perancangan Aplikasi Pemograman Antarmuka Berbasis Web Menggunakan Gaya Arsitektur Representasi Untuk Sistem Presensi Sekolah. Jurnal SCRIPT, 9(1), 84–93. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/script/article/view/3663/2656
Alif, D., Sd, F., & Munjungagung, N. (2021). Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2021 SHEs: Conference Series 4 (6) (2021) 932-937 A Systematic Review of Augmented Reality as an Innovative Learning Media In Primary Education. 4(6), 932–937. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. FKIP E-PROCEEDING, 1–5.
Arafat Febriandirza. (2019). Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, 6(1), 53–59. www.ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode%0APERANCANGAN
Arianti, T., Fa’izi, A., Adam, S., & Mira Wulandari. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah Komputer …, 1(1), 19–25. https://journal.polita.ac.id/index.php/politati/article/view/110/88
Ayumida, S., Azis, M. S., & Fiano, Z. G. (2020). Implementasi Program Administrasi Pembayaran Berbasis Dekstop (Studi Kasus: Sma Negeri 1 Cikampek). Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(2), 30–41. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i2.70
Bukhori, S., & Eka, W. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak (E. Prasetya WU (ed.); Cetakan Pe). CV. Bintang Semesta Media.
Fazri, M. (2023). Menjadi Backend Developer Node.JS (Express.JS) (Guepedia (ed.)). Guepedia. www.guepedia.com
Ghani, A. I. Al, & Andrian, R. (2023). Pengembangan Presensee: Aplikasi Presensi Mahasiswa Mobile Menggunakan Framework Flutter (Studi Kasus: Studi Independen Alterra Academy. Jurnal Media Infotama, 19(2), 447–453. https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4351
Marpaung, M. N. Z., & Nasution, M. P. N. (2023). Aspek Penggunaan Database dalam aplikasi ShopeePay. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 3906–3914.
Maryani, I., & Argarini Pratama, E. (2020). Mobile Programming; Membuat Aplikasi Android Sederhana dengan Mudah (Edisi Pert). GRAHA ILMU.
Mulyadi, E., Trihariprasetya, A., & Wiryawan, I. G. (2020). Penerapan Sistem Presensi Mobile Dengan Menggunakan Sensor Gps (Klinik Pratama X Di Jember). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 11. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23174
Muslim, Sari, R. P., & Rahmayuda, S. (2022). IMPLEMENTASI FRAMEWORK FLUTTER PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MASJID (Studi Kasus: Masjid di Kota Pontianak). Coding : Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 10(1), 46–59.
Nelly Sofi, & Riza Dharmawan. (2022). Perancangan Aplikasi Bengkel Csm Berbasis Android Menggunakan Framework Flutter (Bahasa Dart). Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 53–64. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.125
Pamungkas, E. R., Susanti, D., Resmanah, D., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., Majalengka, U., Teja, D., & Garut, B. S. (2020). Aplikasi bank sampah berbasis web di desa teja. Proceeding SENDIU 2020, 978–979.
Parjito, P. J., Rahmawati, O., & Ulum, F. (2023). Rancang Bangun Aplikasi E-Agribisnis Untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Tanaman Hortikultura. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 354–365. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2362
Permana, B. A. (2022). Aplikasi Presensi Online Menggunakan Validasi Jarak Lokasi Pengguna Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1), 86–92. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i1.1865
Purnama, A., Bahri, S., Wibowo, A., & Wajhillah, R. (2022). DASAR-DASAR PEMROGRAMAN Perangkat Bergerak (Mobile Programming) Android (Pertama). TEKNOSAIN. www.grahailmu.id
Riyanto. (2023). Dasar-Dasar Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android (Guepedia (ed.)). Guepedia. www.guepedia.com
Ulumudin, I., Faizah, N., & Nurcahyo, W. (2023). Aplikasi Sistem Presensi Pegawai PT. Berkah Pena Ilmu dengan Metode Location Based Service (LBS) Berbasis Android Menggunakan Firebase. Design Journal, 1(1), 89–98. https://doi.org/10.58477/dj.v1i1.61
Yudho, S., & Alfin NF, M. (2020). Pemrograman Mobile Berbasis Android dengan Flutter (Edisi Pert). TEKNOSAIN