Bahasa Inggris adalah bahasa universal yang digunakan untuk komunikasi di seluruh dunia. Saat ini lembaga pendidikan prasekolah/taman kanak-kanak baik formal maupun non-formal sudah mengenalkan pengajaran bahasa Inggris dalam bahasa medium. Namun, pembelajaran bahasa Inggris mungkin tidak menarik atau membosankan bagi sebagian anak. Anak-anak pada usia dini cenderung belajar lebih baik melalui pengalaman dan interaksi langsung. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif yang membantu siswa/siswa anak usia dini mempelajari kosakata bahasa inggris serta menunjang alat pembelajaran bagi tenaga pendidik. Dalam merancang animasi interaktif ini penulis menggunakan metode Waterfall dan animasi yang dirancang berbasis web dengan perpaduan HTML, CSS dan JavaScript. Hasil dari penelitian animasi interaktif ini memiliki efektivitas meningkatkan minta belajar anak usia dini terutama belajar Bahasa Inggris dengan menerapkan metode belajar dan bermain secara bersamaan.
Full Skripsi 19236032
Abdussamad, D. H. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (D. P. Rappana (ed.); Cetakan I). CV. Syakir Media Press.
Alwi, S. (2021). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Kedua pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Saree, 3(1), 2746–4466. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/sareehttps://doi.org/10.47766/saree.v3i2.539
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, M. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal PILAR, 14(1), 103–116.
Bella, M. O., Prambayun, A., & Maharani, P. (2022). Multimedia Interaktif Pengenalan Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Mdp Student Conference (Msc), 1(1), 614–621.
Furima, Y. A., Naibaho, J. P. P., & Suhendra, C. D. (2023). Aplikasi Belajar Dan Bermain Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Kodular. JISTECH: Journal of Information Science and Technology, 11(1), 47–58. https://doi.org/10.30862/jistech.v11i1.63
Gunawan, T., Pranayama, A., & Sutanto, R. P. (2020). Perancangan Animasi Dengan Motion Capture Sebagai Sarana Edukasi Covid-19. Jurnal DKV, 2(17), 1–9. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/10902/9695
Gustiani, N., Asmiati, N., & Pratama, T. Y. (2022). Penggunaan Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Membaca Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 49. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.49-56
Kurniawan, D. (2017). Belajar Pemrograman Web Dasar. In Yayasan Prima Agus Teknik (Vol. 4, Issue 1). Yayasan Prima Agus Teknik.
Lesmono, I. D., & Mulyadi. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Peta Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Sekolah Dasar. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2), 43–52. https://doi.org/10.31294/evolusi.v7i2.6311
Maulana, R., Zaizafun Ismi, R., & Indonesia Banda Aceh, S. (2020). Rancangan Animasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Ke Indonesia Untuk Anak Usia Dini Berbasis Adobe Flash. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 4(2), 379–385.
Mukhlis, I. R., Irmawati, Sabur, F., Farkhan, M., Gunawan, P. W., Adhicandra, I., & Eldo, H. (2023). Buku Ajar Pemrograman Web 1. In PT. Sonpedia Publishing Indonesia (Issue October). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/486%0Ahttp://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/download/486/483
Munawarah, F., Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Sistem Koordinat Kelas VIII dengan Metode Problem Based Learning. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1(1), 28–43. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj
Prihatin, T., & Andharsaputri, R. A. (2021). Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Media Pembelajaran Animasi Interaktif. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 5(2), 82–89. https://doi.org/10.35145/joisie.v5i2.1706
Rahmawati, U. I., Purnawati, E., & Marcos, H. (2023). Perancangan dan Implementasi Animasi Interaktif sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak. BIOS : Jurnal Teknologi Informasi Dan Rekayasa Komputer, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.37148/bios.v4i1.54
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Setiawan, T., Suryopratomo, A., Yudha, M. F., & Maulana, M. I. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Berbasis Web. Jurnal Accounting Information System (AIMS), 5(2), 186–196. https://doi.org/10.32627/aims.v5i2.554
Setyawan, A. A., & Setiawan, A. (2023). Analisis Kualitas Website E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. INFOKOM (Informatika & Komputer), 11(1), 1–18. https://doi.org/10.56689/infokom.v11i1.1051
Sie, J. B. L., Musdar, I. A., & Bahri, S. (2022). Pengujian White Box Testing Terhadap Website Room Menggunakan Teknik Basis Path. KHARISMA Tech, 17(2), 45–57. https://doi.org/10.55645/kharismatech.v17i2.235
Soleh, M. R., Nurajizah, S., & Muryani, S. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan Multimedia SMK BPS&K II Bekasi. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 138–150. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1899
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. UNY Press.
Uminingsih, Nur Ichsanudin, M., Yusuf, M., & Suraya. (2022). Pengujian Fungsional Perangkat Lunak Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Metode Black Box Testing Bagi Pemula. STORAGE: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.55123/storage.v1i2.270
Wahyuni, N. L. D. A., Sugihartini, N., & Sindu, I. G. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 2D Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di Sma Negeri 1 Sawan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2), 111. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i2.31391