Putri Risky (44200281), Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Penjualan Komersial Toko Nada Kosmetik.
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting terutama dalam bisnis, dimana dalam berbisnis terdapat kegiatan memasarkan produk atau jasa yang akan dipasarkan ataupun dipromosikan sehingga terbentuklah suatu komunikasi pemasaran. Mengkomunikasikan produk atau jasa kepada konsumen merupakan langkah awal dalam menarik minat konsumen. Akan tetapi, mengkomunikasikan produk atau jasa dari sebuah perusahaan juga dibutuhkan perencanaan atau strategi yang matang dengan mencakup berbagai komponen atau elemen komunikasi yang tepat dan terarah. Strategi komunikasi pemasaran dirancang untuk memberitahu konsumen tentang bagaimana, mengapa, kapan, oleh siapa, dan dimana suatu produk digunakan. Menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif akan membantu untuk menarik minat konsumen dan mempertahankan konsumen yang berdampak pada penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan toko Nada kosmetik dalam penjualan komersial. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dan faktor yang mempengaruhi penjualan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan toko Nada kosmetik dalam penjualan komersial menggunakan 5 bauran komunikasi pemasaran terpadu (IMC), yaitu Direct Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, Word of Mouth Marketing, dan Events and Experiences dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan seperti kualitas barang, penyesuaian selera konsumen, pelayanan yang baik, dan persaingan harga.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC), Penjualan
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENJUALAN KOMERSIAL TOKO NADA KOSMETIK
Buku:
Anggara. (2015). Metode Penelitian Administrastrasi. Pustaka Setia.
Arif, M. (2017). Pemodelan Sistem . CV Budi Utama.
Firmansyah, A. (2020). BukuKomunikasiPemasaran.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muliyawan, D., & Suriana, N. (2013). A - Z Tentang Kosmetik . Elex Media Komputindo.
Rita Fiantika, F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (Y. Novita, Ed.). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. CV Budi Utama.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supramono. (2015). Perpajakan Indonesia: Mekanisme dan Perhitungan. Andi.
Swastha, B. (2014). Manajemen Pemasaran . BPFE.
Jurnal:
Afidah Moniaga, N. (2018). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN NOVEL “REIVAN&REINA” KARYA CHRISTA BELLA DALAM INTERNET COMMUNITY FORUM (Studi pada Internet Community Forum Wattpad dan Instagram).
Alexandre Pinontoan, N. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MERAIH KONSUMEN (Studi Deskripif Kualitaif Strategi Komunikasi Pemasaran Marketing PT. Jelajah Indonesia Wisata Asia dalam Upaya Meraih Konsumen). KARTALA VISUAL STUDIES.
Andina, H. (2018). KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH SAKIT ISLAM MALAHAYATI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN DI KOTA MEDAN. JOM FISIP, 5(1).
Ardhie, F. M. (2023). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA.
Burhanuddin Rabbani Ni Desak Made Santi Diwyarthi Muliyati Muhammad Umar Hadawiah Yane Puspito Sari Sukrin Intisari Haryanti Muhammad Hery Santoso Wayan Ardani Salehan, D. A., & Silalahi, M. (2022). KOMUNIKASI PEMASARAN (M. Silalahi, Ed.; Pertama). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. www.globaleksekutifteknologi.co.id
Chandra, W. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TRAVEL AGENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM UOAYA MENINGKATKAN PENJUALAN.
Des Derivanti, A., Ramadhani, A., Sawo Manila No, J., Bar, P., Minggu, P., & Jakarta Selatan, K. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Mitra Property Group Dalam Meningkatkan Penjualan Property Di Perumahan Sentul City Bogor. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(4), 435–448. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i4.571
Endah Nursyamsi, S., Siregar, N., & Nurahlina, N. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOSKA FASHION DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Universitas Persada Indonesia Y.A.I), 2022(2), 140.
Heryana, A. (2018). Informan dan Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif. 1–14. https://www.researchgate.net/publication/329351816
Ikram, M. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH TUA VAPE DALAM MENINGKATKAN BRAND LOYALTI MENGGUNAKAN PROMO DAN POIN REWARD.
Jannah, M. (2024). Pengaruh Brand Image, Product Quality, dan Price Discount terhadap Impulse Buying Pada Produk Make Over di Kota Surabaya.
Maulida, A. R., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 27–37. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.260
Muharam Ilham, G. (2021). Marketing Communication Strategy on Brand Awareness (Qualitative Description Study) By Monkeysee Eyewear Brand Product.
Restina, R. R. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENJUAL PRODUK BOLT! (Studi kasus pada PT Internux). 9(2).
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Sari, P. I. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI MARKETING DALAM MEMPROMOSIKAN RUMAH SAKIT PEKANBARU EYE CENTER.
Siregar, K. R. (2015). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN MEREK. Journal Communication, 6(1). www.bankmandiri.co.id/indonesia/eriview-
Triembong Heningadi, N., Dwiningtyas Sulistyani, H., Studi, P. S., & Komuniksi, I. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran Honda Big Bike Astra Motor Semarang Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan.
Wulandari, A. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WARUNG BAKSO MAS CINGKRANK DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI KOTA MAKASSAR Marketing Communication Strategy Of Mas Cingkrank’s Bakso Stop In Increasing Sales Turnover In Makassar City.
Yusniar. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO JAKARTA COSMETIK DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI.