Peran Eksternal Relation PT KCI dalam upaya meningkatkan Corporate Image merupakan hal penting untuk memberikan pandangan positif publik. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana Eksternal Public Relation menjalankan peran nya dengan konsep manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran eksternal public relation PT KCI. Penelitian ini menggunakan konsep peranan Manajerial. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan peranan Eksternal Relation meningkatkan corporate image dengan expert preciber communication, problem-solving processfacilitator, communication facilitator dan technician communication. Dan hambatan-hambatan meliputi hambatan dari dalam maupun luar antara lain masalah operasional, komunikasi krisis, persepsi publik dan media, tantangan teknologi, tantangan internal, perubahan kebijakan pemerintah dan isu sosial. Hasil analisis ini memberikan wawasan tentang dinamika peranan eksternal public relation PT KCI dalam upaya meningkatkan corporate image.
Full Skripsi
Cover
Jurnal
Buku :
El Ishaq, Ropingi. (2015) Kuliah Public Relations Pengantar & Praktek.
Fandy Tjipto. (2008).STRATEGI PEMASARAN.
I Gusti Ngurah Putra. KONSEP DASAR MANAJEMEN HUMAS.
Kukuh Sinduwiatmo. (2018). BUKU AJAR MANAJEMENT PUBLIC RELATION.
Moi Ali. (2016). MENJADI PUBLIC RELATIONS YANG HANDAL
Nasiratunnisa Mallappiang Muharram. (2023). DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS.
Nursapia Harahap. (2020). PENELITIAN KUALITATIF.
Suryani Musi, dkk. (2022). PENULISAN KREATIF PUBLIC RELATIONS.
Tita Melia Milyane, Aden Sutiapermana, Juanrico Alfaromona Sumarezs Titahelu, Yani Hendrayani, Ni Putu Sinta Dewi, Ita Musfirowati Hanika & Agustina Mu’ashodah, Rudy Irwansyah, Eka Sri Dana Afriza, Diana Triwardhani, Syamsuriansyah, Andhika Djalu Sembada, Viana Safrida Harahap, Vina Dini Pravita. (2021). PUBLIC RELATIONS (KOMUNIKASI STRATEGIS, dan BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL)
Soemirat, Soleh. (2008). DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS
Zuchri Abdussamad . (2021). METODE PENELITIAN KUALITATIF
Jurnal :
Agus Tugiyanto, dkk. ”Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Kompentensi Dasar Hak dan Kewajiban Terhadap Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Jurnal Global Citizen. 1 Juli 2023
Dina Fitri Hidayati, Lena Satlita, MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI KRL COMMUTER LINE OLEH PT KERETA COMMUTER INDONESIA, file:///C:/Users/Asus/Downloads/20477-44787-1-SM.pdf
Mayang, Esa Nacita. Skripsi : Realisasi Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Melalui Peningkatan Efektivitas Self Assesment System Dan Realisasi Kegiatan Ekstensifikasi Pajak (Studi Kasus Pada KPP Pratama Bandung Cibeunyi Periode 2014-2018) (Bandung : Universitas Komputer Indonesia, 2019)
Muhammad Dimas Hidayatullah, PERANAN INDUSTRI PERKERETAAPIAN JEPANG BAGI PERKEMBANGAN PT KCI (KERETA COMMUTER INDONESIA) WILAYAH JABODETABEK (JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG DAN BEKASI) diakses pada https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/2958/3/F91115001_skripsi%20I-II.pdf
Safitri, Salma. Mengkaji Ruang Lingkup Public Relations. Hlm. 6. Diakses pada https://www.researchgate.net/publication/376377036_MENGKAJI_RUANG_LINGKUP_PUBLIC_RELATIONS
Sendy Ronaldi, PERAN TRANSPORTASI COMMUTER LINE TERHADAP MOBILISAN DI KOTA BOGOR diakses pada https://repository.upi.edu/44029/
Siregar, M Nurfitriani. Peran Public Relations Sebagai Sumber Eksternal. IAIN Padangsidimpuan. Jurnal Manajemen Dawah, Vol.1. 2019.
Internet :
https://commuterline.id/informasi-publik/berita/kai-commuter-lakukan-kampanye-anti-pelecehan-dan-kekerasan-seksual-di-transportasi-publik diakses pada 19 Juni 2024
https://kip.kci.id/struktur-ppid diakses pada 3 Mei 2024
https://news.detik.com/berita/d-7312098/penumpang-wanita-lapor-kasus-pelecehan-di-krl-pelaku-langsung-ditangkap diakses pada 19 Juni 2024