Strategi Public Relations Pada PT Nusantara Pelabuhan Handal Dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan

research
  • 20 Oct
  • 2024

Strategi Public Relations Pada PT Nusantara Pelabuhan Handal Dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan

PT Nusantara Pelabuhan Handal, atau NPH, didirikan pada tahun 2003. NPH terus berinovasi dan mengembangkan layanannya untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin kompleks seiring dengan pertumbuhan industri pelabuhan dan logistik di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan berbagai layanan pelabuhan, seperti pengelolaan terminal, pergudangan, dan layanan logistik lainnya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi public relations yang dipakai pada PT Nusantara Pelabuhan Handal dalam meningkatkan citra positif perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menerapkan  strategi public relations oleh Cutlip dan Amanda yaitu fact finding, planning, communicatig, evaluating, event, news, Corporate Identity, community involment, Lobbying, dan social responsibility.. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) Human Resource PT Nusantara Pelabuhan handal telah berhasil dalam meningkatkan citra positif perusahaannya dilihat dari kegiatan atau program yang sudah dijalankan; (2) Ketidak adanya divisi Public Relations yang spesifik pada PT Nusantara Pelabuhan Handal; (3) PT Nusantara Pelabuhan Handal juga berperan aktif dalam menyebarkan kegiatannya melalui media sosial dan website; (4) Menjalin kolaborasi hubungan mutualistic dengan pegiat literasi, komunitas Generasi Literat, Taman Baca Masyarakat di lingkungan sekitar, dan beberapa Universitas.

 

Kata Kunci      : Srategi Public Relations, PT Nusantara Pelabuhan Handal, Citra Positif

Unduhan

 

REFERENSI

Amanda M.Ikom. (2015). Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Journal of Advertising, 1(1), 125–135.

Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Network Media, 4(2), 20–39. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1403

Filayly, T. N., & Ruliana, P. (2022). Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan. PARAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.76

Hermawan, E. (2020). Strategi Public Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Membangun Media Relations. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(2), 140. https://doi.org/10.32503/jmk.v5i2.1028

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Unitomo Press.

ISTIANAH, L. (2023). Peran Pembelajaran Ips Dalam Membentuk Karakter Jujur Dan Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas Vii Smp Islam Sabilurrosyad. Etheses UIN Malang, 4(1), 88–100.

Jamilah, M., & Widiyanto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20886

Juliani, D. (2021). Strategi Marketing Public Relations Holywings Dalam Mempertahankan Kepercayaan Pengunjung Pada Masa Pandemi Covid-19. Elibrary UNIKOM, 1, 24–176. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/5461/

Kriyantono, R. (2021). BEST PRACTICE HUMAS (PUBLIC RELATIONS) BISNIS DAN PEMERINTAH: Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas dan Public Relations Writing (Pertama). Kencana.

Kussanti, D. P., Leliana, I., Sitasi, C., & Kussanti, : (2018). Kussanti D.P, Leliana I (2018) “Efektivitas Program Employee Relations Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT. Adira Dinamika Mulltifinance” Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika Vol.18 No.2 179-183. Cakrawala, 18(2), 179–184. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawalahttps://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Lani, O. P., & Handayani, B. (2021). Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4071

Purba, B. (2020). Pengaruh Public Relations Terhadap Peningkatan Pengguna Jasa Di Bandara Internasional Kualanamu Kab. Deli Serdang. Network Media, 1(1), 3.

Puspitasari, D., & Nasrullah, R. (2023). Marketing Public Relations Pasar Tani Kementerian Pertanian. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 108–115. https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.4654

Rosady, R. (2020). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. RajaGrafindo Persada, 1999.

Shohibul Aziz, M. (2020). Tinjauan Literature tentang Knowledge Management: Definisi Konseptual, Dasar Teoritik dan Praktik Knowledge Management, serta Perkembangan Penelitiannya dalam Bidang Ilmu Manajemen dan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3, 1–34.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Silviani, I. (2020). PUBLIC RELATIONS SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKASI KRISIS. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Sirait, N., Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Influence of the Campaign “Let’S Disconnect To Connect” on Anti-Phubbing Attitude (Survey in Line Starbucks Indonesia Official Account Followers). Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164. https://doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1665

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.CV.

Suwatno. (2019). Pengantar Public Relations Kontemporer (2nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Triana, C. C., Yulianti, A., Nuraeni, L. A., & Sayyidah, A. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Seorang Public relation dalam Berkomunikasi. Cebong Journal, 1(2), 34–40. https://doi.org/10.35335/cebong.v1i2.13

Wekke, I. (2019). METODE PENELITIAN SOSIAL. CV. Adi Karya Mandiri.

Wulandari, R. (2021). Strategi Komunikasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan Berbasis Islam (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Al-Umar Ngargosoka, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang).