Prosedur Penanganan Komplain Pelanggan Pada PT Sumber Display Dunia Jakarta Barat

research
  • 20 Oct
  • 2024

Prosedur Penanganan Komplain Pelanggan Pada PT Sumber Display Dunia Jakarta Barat

Industri digital printing dan importir alat-alat promosi semakin berkembang pesat seiring kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, dalam Industri digital printing dan importir alat-alat promosi hal yang paling utama yaitu kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan perusahaan, Sebab kepuasan pelanggan merupakan salah satu indikator kinerja perusahaan. Demikian halnya kepuasan bagi para pelanggan PT Sumber Display Dunia juga dipengaruhi oleh faktor pelayanan, khususnya pelayanan dalam hal komplain pelanggan. PT Sumber Display Dunia juga menetapkan Prosedur Pelayanan Komplain Pelanggan yang berfungsi untuk kepentingan pelanggan dan pelayanan pelanggan. Tujuan Pengamatan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui Prosedur Penanganan Komplain Pelanggan PT Sumber Display Dunia yang beralamat di jakarta barat. Jenis pengamatan dalam penulisan ini adalah pengamatan deskriptif kualitatif yaitu jenis pengamatan yang berusaha menggambarkan keadaan atau fenomena sosial tertentu yang memaparkan, menafsirkan, dan menganalisa data yang ada. Sumber data dalam pengamatan ini adalah wawancara dengan Staff Marketing, Observasi, dan juga bagian logistik  yang berperan aktif yaitu selama melakukan kegiatan penelitian pada PT Sumber Display Dunia, arsip dan dokumen Prosedur Penanganan Komplain Pelanggan PT Sumber Display Dunia, berdasarkan hasil pengamatan dapat diketahui bahwa pelanggan PT Sumber Display Dunia dapat menyampaikan komplain ketidakpuasan terhadap pelayanan perusahaan dengan berbagai media yang telah disediakan perusahaan seperti SMS, , Email, Surat, Layanan Agen, Kotak Pengaduan maupun datang langsung ke kantor pusat PT Sumber Display Dunia, Setelah menerima laporan-laporan komplain pelanggan tersebut, maka selanjutnya komplain akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Unduhan

 

REFERENSI