Perancangan Ulang Company Profile Kelurahan Sukaresmi Bogor Sebagai Media Informasi Bagi Publik

research
  • 19 Oct
  • 2024

Perancangan Ulang Company Profile Kelurahan Sukaresmi Bogor Sebagai Media Informasi Bagi Publik

ABSTRAKSI

Ravena Farid (41210037), “Perancangan Ulang Company Profile Kelurahan Sukaresmi Bogor Sebagai Media Informasi Bagi Publik”

Peran humas sangatlah penting dan dibutuhkan bagi suatu lembaga atau instansi guna mengkomunikasikan media informasi dan publikasi khususnya kepada publik eksternal. Hal ini terjadi di Kelurahan Sukaresmi yang masyarakatnya kurang untuk mendapatkan informasi mengenai instansi tersebut. Kelurahan Sukaresmi sebelumnya sudah mempunya profile dalam bentuk website untuk mempublikasikan informasi mengenai identitas, kegiatan maupun pelayanannya di media sosial. Namun informasi tersebut kurang informatif, sehingga dibutuhkanlah media humas untuk menjalankan tugas beserta fungsinya agar lebih efektif dan efisien yaitu Company Profiile. Untuk itu penulis tertarik untuk membuat Perancangan Ulang Company Profile dalam bentuk media cetak. Dengan adanya Perancangan Ulang Company Profile tersebut diharapkan dapat melengkapi informasi yang kurang dan dapat membangun hubungan yang baik antara instansi dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penulisan tugas akhir ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan teknik observasi tidak langsung, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penulis melakukan Perancangan Ulang Company Profile terhadap Kelurahan Sukaresmi dengan menyajikan informasi yang lebih informatif dan kreatif serta desain yang menarik sebagai media informasi bagi publik.

Kata kunci: Perancangan Ulang, Company Profile, Media Informasi

Unduhan

 

REFERENSI

Aryesta, A. E., & Selmi, S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi KPI Menggunakan Situational Theory of Public Relation. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 76–88. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.5037

Ayudia, A. P., & Wulandari, S. S. (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo. Journal of Office Administration :Education and https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p249-268 Practice, 1(2), 249–268.

Bakiyah, H., Indarsih, M., Yuniani, H., & Astuti, F. D. (2022). Strategi Komunikasi Public Relations PT Cakra Mahkota dalam Customer Relations. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 20–34.

Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013 Sundari 1 . In Jurnal Papeda (Vol. 3, Issue 2).

Filayly, T. N., & Ruliana, P. (2022). Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan. PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 29–40.

Fitria, A. R., & Pratikto, R. G. (n.d.). PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM LAYANAN ADUAN KONTEN ABSTRACT THE ROLE OF PUBLIC RELATIONS (PR) THE MINISTRY OF COMMUNICATIONS AND INFORMATICS IN DISSEMINATING THE CONTENT COMPLAINS PROGRAM.

Gamaliel, F., & Pribadi, M. A. (n.d.). Strategi yang Dilakukan Public Relations dalam Membangun Brand Image (Studi Kasus Brand Kosmetik Syca).

Ghiyats Abdulhafizh, L., & Djatiprambudi, D. (n.d.). PERANCANGAN COMPANY PROFILE JURUSAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. In Jurnal Barik (Vol.1,https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Goeinawan, V. T., Natadjaja, L., & Salamoon, D. K. (n.d.). Perancangan Ulang Company Profile JawaPos.com sebagai Media Informasi dan Promosi.

Handin, R., Purwo, S., & Puspasari, D. (n.d.). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Hidayat, P., & Handayanto, I. A. (2019). ANALISIS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEBSITE PADA PT.
SUCOFINDO SEMARANG SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI. In Science And Engineering National Seminar (Vol. 4).

Ilham Fikriansyah. (2023, August 13). Layout Adalah Desain Tata Letak, Simak Jenis dan Elemennya. Https://Www.Detik.Com/Edu/Detikpedia/d-6873743/Layout Adalah-Desain-Tata-Letak-Simak-Jenis-Dan-Elemennya.

Kemolo Dewo, K., & P Dewi, A. O. (n.d.). SCHOOL LIBRARY VIDEO COMPANY PROFILE BERBASIS MULTIMEDIA DALAM UPAYA KONSTRUKSI CITRA PERPUSTAKAAN (STUDI ACTION RESEARCH PERPUSTAKAAN SMP N 21 SEMARANG).

Kustiawan, W., Shaliha, F., Asyaroh, S., Tegar Pramana Sianipar, A., Erina Nainggolan, A., & Sakban Wahyudi, A. (n.d.). Public Relations dalam Program Program Radio.

Leliana, I., & Agusta, V. (2019). STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM MENGINFORMASIKAN LAYANAN PUBLIK MELALUI YOUTUBE. JIKA, 6(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika

Luh, N., Permini, P. E., Made, I., & Atmaja, W. K. (n.d.). PERAN HUMAS DALAM KEGIATAN PUBLIKASI ONLINE PEMERINTAH DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal MODERAT, 8(3).

Marâ, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha,7(3).

Mareta Puri Rahastine. (2021). Analisa Peranan dan Fungsi Public Relation Baitulmaal Munzalan Indonesia dalam Publikasi Gerakan Infaq Beras Jakarta.

Masrifah Cahyani, A. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya dalam Melayani dan Menggali Potensi Masyarakat Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.1-16

Meliala, R. M. (2021a). Strategi Marketing Public Relations PT Lotte Indonesia dalam Memperingati Hari Ibu. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3(2), 128145.

Meliala, R. M. (2021b). Strategi Marketing Public Relations PT Lotte Indonesia dalam Memperingati Hari Ibu. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 3(2), 128–145.

Nila Tsamara, A., & Nugraha, J. (n.d.). Penerapan Service Excellence Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Humas Pemerintah Kota Surabaya (Studi Pada Koridor Co-Working Space). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Ningsih, Y. A., Agus, E., & Oemar, B. (2021). PERANCANGAN COMPANYPROFILE PT WIRADECON MULTI BERKAH SEBAGAI MEDIA  PROMOSI. Jurnal Barik, 2(3), 97–110. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Supriani, Y. (2022). Implementasi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Mutu Madrasah. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 2).http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Susilo, A., & Sari, E. (n.d.). IMPLEMENTASI PROGRAM CYBER PUBLIC
RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA DALAM MENGELOLA INFORMASI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Retrieved April 26,2024,from https://journal2.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/4792/2508

Viky Iza Virdiansyah. (2023). RANCANG BANGUN WEBSITE COMPANY PROFILE PADA MIGAS INDONESIA JAYA KERJA PRAKTIK. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6899/

Waluyo, D. (n.d.). TINJAUAN PERAN GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 UNTUK BERSIKAP MILENIAL.  

Wardah, A. (2020). Keterbukaan Diri dan Regulasi Emosi Peserta didik SMP Korban Bullying. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 183 192. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.410

Wulan Puspita Sari, A. R. F. (2021). Wulan Puspita Sari & Ade Rina Farida (2021). Excellence Communication Humas Pemerintah Provinsi Dki Jakarta Dalam Implementasi Aplikasi Jaki “Jakarta Kini.” 2.023 KB(23-Feb-2021).