PENGARUH INTENSITAS MENONTON ANIME ATTACK ON TITAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA SMA 36 JAKARTA TIMUR

research
  • 19 Oct
  • 2024

PENGARUH INTENSITAS MENONTON ANIME ATTACK ON TITAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA SMA 36 JAKARTA TIMUR

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Intensitas Menonton Anime terhadap Prilaku Konsumtif Remaja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Remaja SMA 36 Jakarta Timur sebanyak 70 responden. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah
teknik simple random sampling. Uji analisis data menggunakan program bantuan IBM SPSS versi 20.0 dengan teknik uji korelasi, regresi linear sederhana dan uji hipotesis secara parsial (uji t).Hasil penelitian ini menunjukkan Intensitas Menonton Anime (X)
berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif Remaja (Y) dengan nilai thitung 11,32 lebih besar dari 1,668, pada variabel Intensitas Menonton Anime (X) adalah bernilai positif sehingga dapat dikatakan semakin tinggi frekuensi dan durasi Intensitas Menonton Anime (X), maka semakin berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif Remaja (Y).

Unduhan

 

  • Skripsilulus (3).pdf

    Full Skripsi_Hernando Habayahan

    •   diunduh 31x | Ukuran 3,252,251

REFERENSI

Anggriyani, F. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram Online Shop Terhadap
Perilaku Konsumtif Siswi SMAN 1 Makassar. Jurnal IlmuKomunikasi, Volume
II, No. II, 45.
Astiti, P. S. (2020). Hubungan kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku
konsumtif remaja penggemar animasi Jepang (anime) di Denpasar. Jurnal
Psikologi Udayana Edisi Khusus Kesehatan Mental dan Budaya 1, 144-155.
Frisnawati, A. (2012). Hubungan antara Intensitas Menonton Reality Show Dengan
Kecenderungan Perilaku Prososial Pada Remaja. EMPATHY Vol.I No.1.
Indah Haryani, J. H. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku
Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi . Jurnal Psikologi,
Volume 11 Nomor 1.
Kartika Anggraeni S. S. P., H. E. (2022). Pengaruh Menonton Tayangan Kekerasan
Serial Animasi BoBoiBoydi Televisi Terhadap Perilaku Imitasi Anak.
JurnalPublishVolume 1, No. 1.
M. Fathurahman, H. (2011). Pemodelan Regresi linier untuk Data dan Deret waktu.
Jurnal Eksponensial Volume 2, Nomor 2.
Masrinda Mar’atul Janah, M. F. (2019). Hubungan Intensitas Menonton Youtube
Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Meilani, Y. R. (2024). Fanatisme Penggemar Terhadap ATTACK OF TITAN(Studi Kasus
Kualitatif Fenomenologi dalam Komunitas Anime LoversIndonesia). Jurnal
Ilmu Komunikasi, Vol. 2, No. 1, Maret2024, pp.122-131.
Morissan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: KENCANA.
Muslich Anshori, S. I. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Pusat
Penerbitan dan Percetakan UNAIR (AUP).
Nurlaila, S. (2017). Pengaruh Menonton Film Kartun Terhadap Akhlak Siswa SD
Negeri 14 Martapura Kecamatan Martapura Tahun Pelajaran 2016/2017.
Parinata, D. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE DAN FACEBOOK
TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik
(JI-MR), Vol: 2, No: 1, 11-17.
Pega Astria Susanto, S. I. (2021). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku
Konsumtif Pengguna E-Commerce Marketplace. Penelitian Psikologi Volume
8 Nomor 9.
Pramitha, A. P. (2013). Terpaan Media Televisi Dan Budaya Harajuku (Studi Korelasi
Antara Terpaan Film Cartoon Naruto Di Global Tv Terhadap Perilaku Imitasi
Pada Komunitas Shinzen Cosplay Team di Surakarta). Ilmu KomunikasiD0209006.
Prayogi, A. (2021). Paradigma Positivisme dan Idealisme dalam Ilmu
Sejarah:Tinjauan Reflektif Terhadap Posisi Sejarah Sebagai Ilmu. Jurnal
Kebudayaan dan Sastra Islam, Vol. 21No. 1.
Ranti Tri Anggraini, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan
Perilaku Konsumtif pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF
PSYCHOLOGYVOLUME 3, NO. 3, 2017: 131-140.
47
Richard West, L. H. (2017). Introduction Communication Theory-5 Edition. In G. T.
Harya Bhimasena, Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan aplikasi (p. 130).
Jakarta: Salemba Humanika.
Ridha, N. (2017). PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA
PENELITIAN . Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1.
Ririn Anggreini, S. M. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif
Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Volume 12 Nomor 1.
Rosniar, S. M. (2021). Komunikasi Massa Teori dan Terapan . Lakeisha.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Suryanto. (2012). Pengantar Psikologi Sosial. Surabaya: Pusat penerbitan dan
percetakan Universitas Airlangga.
Syah, D. K. (2016). Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: Simbiosa Rekatama media.
Umar, H. (2009). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji
Normalitas). Inovasi Pendidikan Vol. 7. No 1, Maret 2020.
Zarfitra, R. A. (2023). Menonton Anime Attack on Titan Terhadap Perubahan
Perilaku Anak SMA Kelas 2 SMA Swasta Eria Medan. JURNAL JUDIKAVol. 1
No. 1.