Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada bootcamp UI/UX Designer di PT GreatEdu Global Mahardika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan peserta bootcamp sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan, dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,498 mengindikasikan bahwa hampir separuh dari variasi dalam tingkat kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan tingkat kepercayaan. Temuan ini menegaskan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan dan membangun kepercayaan untuk mencapai kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dalam konteks pendidikan non-formal seperti bootcamp.
Kata kunci: kualitas pelayanan, tingkat kepercayaan, kepuasan pelanggan, bootcamp UI/UX, PT GreatEdu Global Mahardika.
Cover_Linda Cahya Amalia
Skripsi_Linda Cahya Amalia
Adriyanto, A. T., & Fauzi, M. F. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Counter Handphone. Solusi, 21(3), 251. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7049
Ashraf, M., Ahmad, J., Sharif, W., Raza, A. A., Salman Shabbir, M., Abbas, M., & Thurasamy, R. (2020). The role of continuous trust in usage of online product recommendations. Online Information Review, 44(4), 745–766. https://doi.org/10.1108/OIR-05-2018-0156
Azlan, A., & Farid, M. (2020). Why customer satisfaction in important to business? Social Science & Technology, 2(1), 2710–6918. www.jusst.abrn.asia
Candra, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan pada Pelanggan Mirota Kampus. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Darmawan, D. (2019). The Effect of Customer Satisfaction on Trust and Customer Loyalty. Management and Accounting Research Journal Global, 3(2), 1–8.
Eldawati, S., Bakkareng, & Delvianti. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Furniture Studi Kasus Pada CV Alzaid Furniture Kabupaten Pesisir Selatan. 4(1), 39–52.
Ghantynireta, B. V. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH (STUDI PADA BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH CABANG DARUSSALAM BANDA ACEH) (Vol. 21, Issue 1) [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry]. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Ginting, Y. M., Chandra, T., Miran, I., & Yusriadi, Y. (2023). Repurchase intention of e-commerce customers in Indonesia: An overview of the effect of e-service quality, e-word of mouth, customer trust, and customer satisfaction mediation. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 329–340. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.10.001
Gunawan, C. (n.d.). Mahir Menguasai SPSS: Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Deepublish.
Indasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Kenny, U., Regan, Á., Hearne, D., & O’Meara, C. (2021). Empathising, defining and ideating with the farming community to develop a geotagged photo app for smart devices: A design thinking approach. Agricultural Systems, 194(August). https://doi.org/10.1016/j.agsy.2021.103248
Kusaeri, M. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Peralihan Merek Shopee Ke Tokopedia. universitas Islam Negeri Syarig Hidayatullah.
Mahendra, K. P., & Indriyani, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cv Mitra Perkasa Utomo. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(2016), 2. publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/download/7800/7033%0A
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. Bin. (2021). E-Service Quality, Customer Trust and Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 237. https://doi.org/10.24252/minds.v8i2.23224
Mulyadi, M., & Pasaribu, V. L. D. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT Lautan Berlian Utama Motor Jakarta Barat. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(1), 147–154. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i1.680
Nugraha, T. P., Parlyna, R., & Hidayat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi Pembayaran X. Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A???
Nugraha, T. S., Panjaitan, H., Kepercayaan, T., Harga, P., & Pelanggan, L. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TINGKAT KEPERCAYAAN CUSTOMER DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN JASA PENGURUSAN ASURANSI DI CV GAPURA SURYA INTERNASIONAL. 3(12). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Nugroho, A. W., Nugraha, H. S., & Hermani, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan E-commerce Lazada di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 321–331. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34816
Oliver, J. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Waroeng Spesial Sambal “SS” Purwo.
Qadriani, F. El, & Windasari, N. A. (2023). Battle of Bootcamp: Analyzing Factor Affecting Customer Satisfaction and Continuance Intention in Coding Bootcamp Industry Indonesia. International Journal of Current Science Research and Review, 06(01), 45–59. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v6-i1-06
Rahman, S., Santoso, P. H., Stevanie, S., & Rusmansyah, W. (2021). the Influence of Trust, Innovation, and Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty on Gojek Customers. Kewirausahaan Dan Bisnis, 65(1), 65–77. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index
Rather, R. A., Tehseen, S., Itoo, M. H., & Parrey, S. H. (2019). Customer brand identification, affective commitment, customer satisfaction, and brand trust as antecedents of customer behavioral intention of loyalty: An empirical study in the hospitality sector. Journal of Global Scholars of Marketing Science: Bridging Asia and the World, 29(2), 196–217. https://doi.org/10.1080/21639159.2019.1577694
Sobar, A. (2022). Loyalitas Konsumen Bank Perpektif Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Kepuasan Nasabah dan Kepercayaan Nasabah. DEMAnD, 4(1), 13–20. https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/demand/article/view/273%0Ahttps://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/demand/article/download/273/198
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Research and Development (R&D) (2nd ed.). Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (n.d.). Pemasaran Strategik. Domain, Determinan, Dinamika. Andi.
Wita Nensa, S. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online Lazada Di Batam. 1–71. http://repository.upbatam.ac.id/974/1/cover s.d bab III.pdf
Wolo, K. A., & Nugroho, P. I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa/Mahasiswi FEB Akuntansi UKSW di Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 212. https://doi.org/10.23887/jap.v12i1.33559