Strategi komunikasi pemasaran yang terdefinisi dengan baik, sangat penting bagi perusahaan atau organisasi untuk memiliki pedoman yang jelas dalam mengarahkan upaya komunikasi agar lebih efektif. Hal ini dapat membantu menghindari kebingungan, kekeliruan, atau penyalahgunaan tujuan yang diinginkan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk membangun kepercayaan serta minat calon pelanggan yang akan meningkatkan penjualan Sahabat Aqiqah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh CV. Sahabat Aqiqah untuk meningkatkan penjualan mereka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara berstruktur, serta di dukung oleh dokumentasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh CV. Sahabat Aqiqah telah berhasil mencapai tujuan utama mereka, yaitu meningkatkan penjualan dan memperkuat citra perusahaan di mata pelanggan. Promosi yang efektif, penggunaan media sosial, dan kerjasama dengan influencer lokal merupakan beberapa kunci keberhasilan dari strategi pemasaran yang dijalankan. Selain itu, desain produk di CV. Sahabat Aqiqah juga dirancang untuk menarik minat pelanggan dengan berbagai karakteristik yang menarik.
Cover
full text
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Dr. M. Djamal, M. p. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif (Revisi). Mitra Pustaka.
Dr. Sigit Hermawan. (2020). Manajemen Strategi dan Risiko. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Ekalista, P., & Tri Hardianto, W. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Kartika Graha Malang Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.33366/jkn.v1i1.6
Fahlevi, P., Octaviani, A., & Dewi, P. (2019). Analisis Aplikasi iJATENG Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model ( TAM ). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 08.
Fawwaz, F., & Oktavianti, R. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM di Bidang Makanan dan Minuman melalui Media Sosial Instagram di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Kiwari, 1(1), 112. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15582
Hamzah, R. E., Manogari, R. R., & Shabrina, R. P. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Kaman Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Komunikata57, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.55122/kom57.v1i1.119
Hoffman, D. W. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI.
Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Khasanah, I. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Lasagna Larise Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 85–99. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.1.85-99
Kusumasari, R. N., & Afrilia, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu J&C Cookies Bandung Dalam Meningkatkan Penjualan | Jurnal Sain Manajemen. Jurnal Sain Manajemen, 2(1), 97–103.
Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616
Nurmala, A. C. W., & Thamrin, H. M. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi PT Putra Kalistail Banyuwangi dalam Meningkatkan Pelayanan pada Pelanggan. Journal of Economics, Assets, and Evaluation, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.47134/jeae.v1i1.24
Octora, H., & Alvin, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Digital Pada Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Untar. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 9(2), 261–270. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/3098
Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi dan Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. In Prenada Media Group. http://repository.unitomo.ac.id/2252/1/3. Buku Kompas_compressed.pdf
Pertiwi, A., Jusnita, R. A. E., & Maela, N. F. S. (2019). Ramadan dan Promosional: Strategi Komunikasi Pemasaran PT Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.25139/jkp.v3i1.1699
Pratama, Y., Sani, I., Al, M., Abdullah, F., Noviany, H., Narulita, S., Zulkarnain, I., Fermayani, R., Suzan, R., & Sembiring, R. (2021). Pemasaran ( Analisis Dan Strategi Di Era Digital ).
Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2), 36–46. https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540
Rambu Babang, R., & Rachmad Rinata, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Sentra Tenun Prailiu dalam Meningkatkan Penjualan Kain Tenun Sumba Timur. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(2), 78–85. https://doi.org/10.33366/jkn.v1i2.24
Resty, D., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2023). Analisis Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi dalam Membangun Brand Awareness melalui Media Sosial (Studi Kasus pada Instagram Kopi Lain Hati). Prologia, 7(1), 94–100. https://doi.org/10.24912/pr.v7i1.15840
Salam, A., & Wasil, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk,Desain Produk, Dan Persepsi Harga TerhadapKeputusan Pembelian Ice Cream Diamond Di Surabaya. Management and Accounting Research Journal Global, 5(No. 2), 443–444. https://jurnal.ikbis.ac.id/global/article/view/482
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. In CV SAH MEDIA, Makassar (Vol. 3).
Septyaningrum, A., & Handayani, A. (2022). Cost Leadership Pada Penurunan Pendapatan Saat Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis 1, 1(1), 492–499.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif). CV. Alfabeta, 1–274. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Utama, A. M., & Sanusi, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Martabak Mertua Dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi), 2(2), 69. https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2021.2.2.1114