PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SCARLETT DI JAKARTA

research
  • 19 Oct
  • 2024

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SCARLETT DI JAKARTA

ABSTRAK


Farikha Nuraida (64200272), Pengaruh Celebrity Endorser dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett di Jakarta.

Fenomena penggunaan celebrity endoser sebagai strategi pemasaran telah marak terjadi di Indonesia, banyak perusahaan atau brand yang menggunakan selebriti terkenal untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Selebriti memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat, terutama bagi para penggemarnya. Gaya dihidup, citra dan pendapat mereka sering menjadi referensi bagi para penggemarnya dalam mengambil keputusan, terutama keputusan pembelian. Untuk mengetahui pengaruh celebrity endoser dan harga terhadap keputusan pembelian produk Skincare Scarlett di Jakarta. Metode pengumpulan data dalam penyusunan skripsi ialah penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisisnya menggunakan analisis kuantitatif statistika, dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26 melibatkan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil pada uji t hitung pada X1 diperoleh sebesar 4.563 > 1.984 berpengaruh secara positif terhadap Y. Adapula hasil uji t hitung pada X2 diperoleh sebesar 6,676 > 1.984 berpengaruh secara positif terhadap Y. Kemudian hasil uji F Anova sebesar 104.536 > F tabel 3.090 terdapat pengaruh secara parsial antara celebrity endorser dan harga terhadap keputusan pembelian.


Kata kunci : CelebrityEndorser, Harga, Keputusan Pembelian

 

ABSTRAK


Farikha Nuraida (64200272), The Effect of Celebrity Endorser and Price on Purchasing Decisions for Scarlett Skincare Products in Jakarta.


The phenomenon of using celebrity endorsers as a marketing strategy has been rife in Indonesia, with many companies or brands using famous celebrities to promote their products and services. Celebrities have a huge influence on society, especially for their fans. Their lifestyle, image and opinions often become references for their fans in making decisions, especially purchasing decisions. To determine the effect of celebrity endoser and price on purchasing decisions for Scarlett Skincare products in Jakarta. The data collection method in preparing the thesis is the distribution of questionnaires and literature studies. The analysis method uses statistical quantitative analysis, using the SPSS version 26 application involving validity, reliability, classical assumption tests, hypothesis testing and the coefficient of determination. The results of the t test on X1 were obtained at 4.563> 1.984 had a positive effect on Y. There are also the results of the t test on X2 obtained at 6.676> 1.984 had a positive effect on Y. Then the results of the Anova F test of 104.536> F table 3.090 there is a partial influence between celebrity endorsers and prices on purchasing decisions.


Keyword : Celebrity Endorser, Price, Purchase Decision

Unduhan

 

REFERENSI

Aditya, F., Pratama, A. P., Kurniasari, R., & Amrulloh, A. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Kue Pancong Lumer Kitchenette Cabang Depok.
Jurnal https://doi.org/10.55681/economina.v3i1.1128 Economina, 3(1), 47–57.

Al Hafizi, N. A., & Ali, H. (2021). Purchase Intention and Purchase Decision Model: Multi Channel Marketing and Discount on Medcom.Id Online News Portal. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(3), 460–470.
https://doi.org/10.31933/dijdbm.v2i3.826

Al Idrus, S. (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian Konsep dan Teori. Media Nusa Kreatif.

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.

Aripin, Z., & Negara Padma, M. R. (2021). Perilaku Bisnis Etika Bisnis & Perilaku Konsumen. DEEPUBLISH.

Gabriella, C., & Hutauruk, B. M. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Bekasi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 143–154.

Gainau, M. B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. PT Kanisius.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.


Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911


Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta., 21(134), 31–38.


Hidayat Susilowati, I., & Camelia Utari, S. (2022). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di apotek mama kota Depok. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 6(1), 134–140.
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica


Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.


Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening.
Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.

Jaya, A. H., & Parinding, K. A. (2024). ANALISIS PENGARUH IKLAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PENDAPATAN ONLINE SHOP DI KOTA PALU. 2(3), 344–361.


Lubis, M. S. (2018). Metodelogi Penelitian. DEEPUBLISH.


Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Melati. (2021). Manajemen Pemasaran (A. Rasyadany (ed.)). Deepublish.


Putri Adinda, Y. (2022). Keputusan Pembelian (Tinjauan Melalui Bauran Promosi).
Adab CV. Adanu Abimata.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Ristauli Hutagaol, R. S., & Safrin, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal of Social Research, 1(7), 761–772. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.147

Rizal, M., Damayanti, V., & Ramdan, M. (2023). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mixue Harapan Indah Bekasi. Cross-Border, 6(1), 640–646.

Septiani, I., Udayana, I., & Hatmanti, L. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1), 42. https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17205

Sivaram, M., Hudaya, A., & Hapzi, A. (2020). Building a Purchase and Prchase Decision: Analysis of Brand Awareness and Brand Loyalty (Case Study of Private Label Products at Alfamidi Stores In Tangerang City). Dijemss, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31933/DIJEMSS

Sudaryana, B., & Agusiady, R. R. (2022). Metodelogi Penelitian Kuantitatif (A. D.Nabila (ed.)). DEEPUBLISH.


Sugiyono. (2018). Metode Penlitian Kuantitatif. Alfabeta.


Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Penerbit IPB Press.


Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.


Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya, 5(2), 1148–1160.
https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.689

Wicaksono, R. A., Octavia, A. N., & Aprianto, M. S. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie Di Semarang. Solusi, 21(1), 423. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i1.6064


Wijayanti, R., & Ariyanti, S. (2022). Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Mempertahankan Usaha (Studi Kasus Pada Es Kelapa Muda Pak Ambon Dr. Cipto Semarang). Solusi, 20(1), 92. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i1.4929