PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BIMBINGAN BELAJAR PRACTICAL EDUCATION CENTER (PEC) KOSAMBI

research
  • 19 Oct
  • 2024

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BIMBINGAN BELAJAR PRACTICAL EDUCATION CENTER (PEC) KOSAMBI

Kemajuan Bangsa Indonesia sangat melibatkan kontribusi dari berbagai sektor yang menopang dalam segala prosesnya, dimana satu di antara sektor yang berperan penting ialah sektor Pendidikan. Bimbingan belajar muncul sebagai respons terhadap kebutuhan untuk memberikan dukungan tambahan dalam mencapai prestasi akademis yang diinginkan. Pada penelitian ini terdapat kepercayaan dan kepuasan pelanggan yang dijadikan sebagai variabel independent dan loyalitas pelanggan yang menjadi variabel dependen. Penelitian ini dikaji untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada bimbingan belajar PEC Kosambi, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan 100 sampel. Penelitian ini menggunakan Teknik sampling purposive sampling. Rancangan analisis data yang digunakan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, dan uji asumsi klasik regresi linear berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Dan menggunakan koefisien determinasi parsial dan simultan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan secara simultan variabel kepercayaan dan kepuasan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan nilai adjust R Square yang diperoleh sebesar 67,4%. Dan sisanya 32,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di uji oleh penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebaiknya Perusahaan dapat memperhatikan lagi beberapa faktor yang telah diuraikan dalam penelitian ini agar dapat memaksimalkan loyalitas Pelanggan.

Unduhan

 

REFERENSI

Alifa, S., Nadya Asri, W., Indrijawati, A., & Irdam Ferdiansah, M. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen/Pelanggan Pada Proses Bisnis ECommerce. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(1).

Anastasia, R., Ruruk, N., Jaya, A., Baptista, J., & Londong, J. P. (2023). Pengaruh Relationship Marketing Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue Makassar. Yos Soedarso Economics Journal, 5(2). Https://Ejurnal.Uniyos.Ac.Id/Index.Php/Ysej-Server/User/Register?Source=56

Angga pratama, R., & Irnawati, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Indomaret Cabang Raya Lettu Suyitno Bojonegoro. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 341–350. Https://Doi.Org/10.37567/Alwatzikhoebillah.V9i2.1811

Ardiyani, M., & Noor Andriana, A. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Mixue Ice Cream & Tea Samarinda. Journal Of Economic, Business And Accounting, 7(4).

Azhari, P. K., & Soepatini. (2024). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Kepercayaan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wardah). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46306/Jbbe.V17i2.555

Baptista Halik, J., Yessica Halik, M., Finatry Latiep, I., & Balaba, E. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Uang Saku Mahasiswa Dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi Pada Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar. In Accounting Profession Journal (Apaji) (Vol. 5, Issue 1).

Cholid, N. A. (2023). Pengaruh Customer Review, Rating, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Pada Erigo Official Shop Di Platform Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(1).

Daffa Wibisono, A., Cahyadi, L., & Penulis, K. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada E-Commerce. Jurnal Manajemen Bisnis Digital Terkini (Jumbidter), 1(2), 12–28. Https://Doi.Org/10.61132/Jumbidter.V1i2.73

Daniswara, A., & Rahardjo, S. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan: Dengan Variabel Mediasi Kepuasan Pelanggan. Diponegoro Journal Of Management, 12(1).

Destrina, A. A., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Gocar Di Kota Surabaya. Management Studies 5960 And Entrepreneurship Journal, 4(3), 2639–2646. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej

Dewi, N. K. (2024). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Kspps Bmt Usaha Bersama (Ub) Amanah Syariah Lau Dendang. Cakrawala Imwi, 7(1). Didin Fatihudin, & Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa : Strategi, Mengukur Kepuasan, Dan Loyalitas Pelanggan. Deepublish.

Dwi, N. R. (2020). Pengaruh Merek, Kulitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pasien Sam Skin Clinic Jl. Magetan No. 22 Gkb, Gresik). Universitas Muhammadiyah Gresik.

Ervina Ninda Pangesti, Resmi, S., & Utami, M. A. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Gunungkidul. Alivia Meyrizka Utami, 5(1), 17–28.

Ferilis, Muh. (2022). Kompetensi Dan Stres Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(4), 768–778.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafidz, P. G., & Ulfianih, R. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7.

Hidayatullah, A., Universitas, A., Saleh, S. E., Abdurachman, U., Situbondo, S., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Bank Bsi Area Basuki Rahmat Situbondo). Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (Jme) Feb Unars, 1(8), 1539–1549.

Hotimah, H., & Rohman, B. (2022). Pengelolaan Dunia Pendidikan Di Indonesia: Tinjauan Kritis Terhadap Sumberdaya Manusia Dan Kebijakan, Perspektif Konvensional Dan Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 2715–4793.

Indriyani, L. (2023). Pengaruh Minat, Kepercayaan Dan Kepuasan Masyarakat Terhadap Loyalitas Konsumen Bertransaksi Di Agen Brilink Palu Barat.

Iqbal, M., & Salsabila, S. (2023). Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Kebiasaan Menonton Mukbang. Muhammadiyah Journal Of Nutrition And Food Science (Mjnf), 4(2), 102. Https://Doi.Org/10.24853/Mjnf.4.2.102-109

Jannah, S. A., & Hayuningtias, K. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(1), 489–500. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V7i1.142161

Juniati, T., & Prabantoro, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo (Studi Pada Karyawan Pt. Transportasi Jakarta).

Khairunnisa, Salsabila, A. H., Putri, D. T., & Lesmana Gusman. (2024). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 8(1).

Larasati, R., Supinardi, Bambang, & Fadhilah, M. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Sleman. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 585–594. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V6i2.3642

Mufidah, W. (2021). The Effect Of Product Completeness, Price And Service Quality On Customer Satisfaction At The Tugu Gede Mayong Store. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (Jekma), 2(3).

Natalia, C., Guard, B., Mirza, F. D., & Nurlaila, H. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan, Penjualan Perseorangan Dan Kepercayaan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Sukses Maju Bangunan Medan. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 5(1), 839–851. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej

Nurhayati, A. (2024). Strategi Pengembangan Bisnis Industri Jasa Bimbingan Belajar Dengan Metode Analisis Swot. Jurnal Industrial Galuh, 06(01).

Purwanto, A., Ratnaningtyas, M. E., & Penny, L. L. T. (2023). Analisis Pengaruh Kompensasi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi, 2(1), 46–61. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59066/Jmae.V2i1.267

Putri, P. J. C., Nurhayati, & Syafri. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Asuransi Kesehatan. Jurnal Ekonomi Trisakti, 4(1), 795-804. Https://Doi.Org/10.25105/Jet.V4i1.18963

Rahmatullah, S., Juningsih, E. H., & Rachmawati, S. (2023). Ciptaan Disebarluaskan Di Bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. Prediksi NilaiAkademik Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Regresi Linier Berganda. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting  And Research, 7(1), 112–123. Https://Doi.Org/10.52362/Jisamar.V7i1.1012

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1

Rio Sasongko, S. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review  Manajemen Pemasaran). 3(1). Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V3i1

Sanaky, M. M., Moh. Saleh, L., & Titaley, H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1).62

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Satria, A. I. M., & Firmansyah, F. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Anggota. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(1).

Segara, C. S. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Ahass Pt. Tiger Dua Ribu Medan.

Simbolon, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pada Pt. Sumber Rejeki Bersama Cabang Kabanjahe. Quality Berastagi.

Siregar, M. (2021). Hubungan Antara Kepercayaan Pelanggan Dengan Loyalitas Pelanggan Terhadap Online Shop. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3k), 2(1), 83–88. Https://Doi.Org/10.51849/J-P3k.V2i1.97

Sofar Silaen. (2018). Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi Dan Tesis. Bogor: In Media.

Sudarmanto, E., & Dkk. (2021). Desain Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.

Tursina, I. (2024). Efektivitas Pelayanan Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Studi Smp Negeri 1 Blang Pidie). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Ullumia, E. M., & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Kepercayaan Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 126–138. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7884916

Veronica, D., Yanty, E., & Nasution, P. (2022). Program Bimbingan Belajar (Bimbel) Matematika Untuk Siswa Sd Di Desa Semerap Pada Era Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Civil Society, 04(1). Https://Doi.Org/10.35970/Madani.V1i1.771

Yuliati, R., Hidayati, N., & Asiyah, S. (2024). Membangun Loyalitas Pelanggan: Peran Kepuasan Dalam Menghubungkan Kualitas Produk Dan Promosi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 9(1), 214. Https://Doi.Org/10.29407/Nusamba.V9i1.21833