PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK PEMBUKAAN REKENING DI BANK RAYA INDONESIA JAKARTA

research
  • 19 Oct
  • 2024

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK PEMBUKAAN REKENING DI BANK RAYA INDONESIA JAKARTA

Endah Kurniasari (64232088), Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Pembukaan Rekening di Bank Raya Indonesia, Jakarta.

Bank Raya Indonesia merupakan bagian dari BRI Group yang bergerak di bidang perbankan digital dan memiliki beberapa produk unggulan seperti Tabungan digital dengan nama Saku Bujet, Saku Jaga, Saku Pintar dan Saku Bareng dan juga produk pinjaman dengan berbagai pilihan. Dengan kemudahan melakukan pembukaan rekening secara online melalui aplikasi Raya Digital sehingga memiliki peluang menjanjikan untuk Electronic Word of Mouth (E-WOM). Tujuan dari penelitian ini adalah melihat seberapa pengaruh kualitas produk dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan para nasabah untuk pembukaan rekening, dengan dilakukannya penyebaran kuesioner sebanyak 67 responden kepada nasabah Bank Raya Indonesia dengan pengambilan sampel menggunakan metode secara tak acak (non random sampling) dan dengan metode secara acak (purposive sampling). Hasil dari uji T pada variabel Kualitas Produk dan variabel Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan pembelian  terbukti bahwa nilai T hitung lebih besar dari T Tabel, sehingga di nyatakan terdapat pengaruh yang positif signifikan pada variabel tersebut. Hasil dari uji F disimpulkan bahwa variabel independen bepengaruh secara simultan terhadap variabel dependen, kemudian dibuktikan bahwa variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan Electronic Word of Mouth sebesar 48.6%, sedangkan sisanya sebesar 51.4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata kunci: Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Keputusan Nasabah

Unduhan

  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 19x | Ukuran 167 KB

 

  • Full Skripsi.pdf

    Full Skripsi

    •   diunduh 25x | Ukuran 2,211,014

REFERENSI

Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.837

Anam, F., Prasetya, R. F., Nikmah, T. K., & Puspitasari, Y. A. (2024). Pengaruh Produk Domestik Bruto Pengeluaran Pemerintah dan Tingkat Kurs terhadap Utang Luar Negeri di Indonesia. Advances In Social Humanities Research, 2(1), 112–123. https://doi.org/10.46799/adv.v2i1.181

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Asnawi, A., Tehuayo, E., & Marsulam, A. H. (2023). Konsep Perilaku Keputusan Pembelian Game Online: Promosi Online, Kelompok Referensi dan Kemudahan Aplikasi. Journal Management, 22(1), 2655–2826.

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Damayanti, E. D., & Wasino, W. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Pengguna Virtual Office di Tripleso Jakarta Pusat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(6), 708–721. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i6.1861

Delpiero, A., & Istriani, E. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image, dan Servicescape terhadap Minat Berkunjung Di Taman Sari Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(2), 233–245. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i2.271

Fadilah Amin, N. S. G. K. A. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. 14. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624/5947

Fakhrudin, A., Yudianto, K., & Melly A.D, Y. S. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111

Fatihudin, D. (2020). Metodologi Penelitian untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi -Edisi Revisi Lengkap Contoh Kasus. In Zifatama Publisher (Vol. 53, Issue 9).

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. https://books.google.co.id/books?id=K79mEAAAQBAJ&dq=keputusan+pembelian&lr=&source=gbs_navlinks_s

Hastuti Permana, P., Purnamasari Sukirman, R., & Mutiah, R. (2023). Analisa Kualitas Produk Pada Perusahaan Manufaktur Dalam Perspektif Islam. Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (JPSI), 2(2), 96–107. https://doi.org/10.57171/jpsi.v2i2.27

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Islamiah, F., Harmayanto, H., & Jayanti, R. D. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek Teh Pucuk Harum Pada Toko Dhea Sembako Di Tanah Grogot. Gajah Putih Journal of Economics Review, 1(1), 001–008. https://doi.org/10.55542/gpjer.v1i1.376

Ismail, M., Sahabuddin , R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2071. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1831

Krismayanti, D., & Sutabri, T. (2023). Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Administrasi Mahasiswa STIPER Sriwigama Menggunakan Framewok ITIL V3. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 1(3), 190–195. https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.149

Lukman Hakim, A., Nur Faizah, E., Wahyuningsih, Y., & Megasyara, I. (2020). Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pada loyalitas pelayanan: Tinjauan Penelitian. Management, and Business Research, 3(2), 2022. www.jember.umla.ac.id

Mahira et al. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Of Communication Education, 15(1), 1267–1283. https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226

Nina Adlini, M. (2022). No Title. Metode Penelitian KualitatifS Studi Pustaka, 6, 974–980.

Nurhikmat, A. (2023). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Dengan Harga dan Kualitas Produk : Literature Review. KarismaPro, 13(2), 75–86. https://doi.org/10.53675/karismapro.v13i2.1050

Nuseir, M. T. (2019). The impact of electronic word of mouth (e-WOM) on the online purchase intention of consumers in the Islamic countries – a case of (UAE). Journal of Islamic Marketing, 10(3), 759–767. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2018-0059

Okta Viana, E., & Hartati, R. (2022). “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN” (Studi pada rumah makan “Mie Gacoan” Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis, 3(2), 149–164. http://bappeda.jogjaprov.go.id

Rachmah, S. A., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Storytelling Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator TikTok. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 48–60. http://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/918

Rohmaha, A. F. A., Fradanib, A. C., & Indrianic, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(2), 110–117. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jakbs/index

Setiawan, M. A. F., & Hanafia, F. (2023). Pengaruh Desain, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 1(02), 90–102. https://doi.org/10.59422/global.v1i02.148

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 3, Issue 17). http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Tamrin, M. (2023). Analisis Kolaborasi Pemerintahan Desa, Terhadap Komitmen Organisasi Pada Masyarakat Desa Bonto Jai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(5), 1913–1931. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i5.1478

Vindy Zalfa, K., & Indayani, L. (2024). Analysis Of Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) And Affiliate MarkeAng On Purchasing Decision For Fashion Trend Productsi At The Shopee Marketplace (Case Study Of Shopee Users) Analisis Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Affiliate MarkeAng Terhadap Keputusan Pembelian Produk Trend Fashion Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 1291–1305. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej