Greenpeace Indonesia merupakan sebuah organisasi independen yang berkampanye melalui konfrontasi kreatif anti kekerasan untuk mengungkapkan permasalahan lingkungan global dan untuk memaksa solusi bagi sebuah masa depan yang damai dan hijau. Dalam gerakannya Greenpaece mengkapanyekan yang ranahnya baik untuk kemajuan Negara Indonesia. Penelitian ini diakukan di Instagram Greenpeace Indonesia, dengan tujuan mengetahui bagaimana strategi komunikasi digital dalam campaign #salahpilihsusahpulih di Instagram Greenpeace Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuliatitatif. Penelitian ini mengambil narasumber sebanyak 1 orang. Sedangkan teknik penumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Greenpeace menggunakan media sosial sebagai alat berkampanye. Greenpeace menggunakan Instagram sejak Instagram booming dikalangan masyrakat. Dalam gerakannya Greenpeace bergerak dibidang kampanye, yang menjadi fokus Greenpeace dalam kampanye yaitu di isu lingkungan dan perdamaian dunia. Pada penggunaan Instagram Greenpeace Indonesia menggunakannya dengan cara maksimal, dengan cara menggunakan semua fitur yang diberikan oleh Instagram dari postingan video maupun foto, instastory, fitur chat, hightlight, tanya jawab dan masih banyak lainnya. Selain memanfaatkan semua fitur yang diberikan oleh Instagram, Greenpeace juga menggunakan Influencer dalam kampanyenya agar masuk kesemua kalangan. Greenpeace Indonesia dalam kamapanyenya juga menggunakan aturan, norma, dan kontrol sosial yang ada di Instagram maupun lingkungan saat melakukan aksinya. Saran yang diberikan Greenpeace perlu adanya keatifan yang lebih dalam merespon komentar.
44200203_Ade Ponco
Abidin, S. (2022). Komunikasi Antar Pibadi. In S. Imanda (Ed.), PT. Literasi Nusantara Abadi Grup (1st ed.). http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Andani1, F., Octavia2, R., Pahera3, D., Alisah4, S., Erda, W., Andani, N. S., Fatmawati, I. N., & Bengkulu, S. (2023). Teacher’s Strategy in Providing Learning to Children with Special Needs in Class III State Special Schools (SLB) 5 Bengkulu City Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota . JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 152–165. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Armawan, I. (2022). Strategi Komunikasi Pembangunan Masyarakat. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 1(1), 64–74. https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i1.20
Baginda, B. H., Nuary Singarimbun, R., & Hayana Hasibuan, E. (2022). Penggunaan Sosial Media Interaktif Di Masa Pandemi Guna Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa SMK Halongonan Kelas X. Mejuajua: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 1–6. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v1i3.26
Barlian, E. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif (JAFRIL (ed.); 1st ed.). SUKABINA PRESS.
Caropeboka, M. R. (2017). Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi (A. Ari (ed.)). Andi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=WvY7DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+komunikasi+menurut+para+ahli&ots=ZDULNnKEnS&sig=Tv4dJ83RyxbM8hq-lwAE9GeYaeU&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian komunikasi menurut para ahli&f=false
Cindy Mutia Annur. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Pada Awal 2024. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Dr Aditya Wardhana, S.E., M.Si., M.M., CHRMP, CIRP, CHRA, CPP, C. (2021). Strategi dan Kebijikan Bisnis di Era Digital. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Fadli, A., & Sazali, H. (2023). Peran Media Sosial Instagram @Greenpeaceid Sebagai Media Kampanye Dalam Menjaga Lingkungan. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(2), 209–222. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.32
Fichri, M., & Rojuaniah. (2022). Pengaruh Karakteristik Pengguna Media Sosial, E-Wom, Kepercayaan Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Kereta Api Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ekonomi Bisnis, 11(2), 353–366.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.
Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.418
Martha, Z. (2021). Penggunaan Fitur Media Sosial Instagram Stories Sebagai Media Komunikasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i1.67
Muhtar. (2023). Ini 7 Media Sosial Banyak Digunakan di Indonesia. UICI. https://uici.ac.id/ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia/
Mulia, H. S. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi (Wdidianto Eko (ed.); Edisi Pert). PRENADA.
Novan Andrianto, & Hasan Ismail. (2022). Peran Analisis Semiotik Dalam Film the Social Dilemma Dalam Teori “Cmc” Computer Mediated Communication. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain Dan Media, 1(2), 43–58. https://doi.org/10.55606/jurrsendem.v1i2.547
Parameswari, D. M. (2024). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Komunikasi Digital Partai Amanat Nasional. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(1), 329–353.
Priliantini, A., Krisyanti, K., & Situmeang, I. V. (2020). Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID)<br>DOI: 10.31504/komunika.v9i1.2387. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(1), 40. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.2387
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361
Ramadhani, P. A. (2019). Strategi Komunikasi Greenpeace Indonesia Dalam Mensosialkan Gerakan Global #Breakfreefromplastic di Instagram.
Reza Pahlevi. (2022). Hanya 3,77% Sampah Platik Kemasan yang Diolah Di Jakarta. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/22/hanya-377-sampah-plastik-kemasan-yang-diolah-di-jakarta#:~:text=Sampah plastik kemasan dapat mencapai,%2C77%25 sampah yang diolah.
Saroji, A., Harmini, T., & Taqiyuddin, M. (2022). Internet Evolution: A Historical View (SEJARAH EVOLUSI GENERASI INTERNET). Jurnal Lani:Kajian Ilmu Sejarah & Budaya, 2(2), 65–75. https://doi.org/10.30598/Lanivol2iss2page65-75
Situmeang, I. V. O. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata: Menciptakan Seminyak Menjadi Top of Mind Tujuan Wisata Di Bali. Scriptura, 10(1), 43–52. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.43-52
Suhairi, Siregar, I. S., Nurhadiah, Leli, N., & Handayani, R. T. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444.
Sunardi, Y. N. (2021). Upaya Greenpeace Dalam Mengurangi Limbah Plastik Di Indonesia. EJournal Ilmu Hubungan Internasional, 9(1), 229–237.
Susila, T. (2023). Komunikasi digital. In Buku Dosen-2009 (Issue July). http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/0/BDS/judul/00000000000000084311/