Kesuksesan suatu aplikasi tidak terlepas dari penerimaan dan kepuasan suatu teknologi diantara penggunanya. seperti aplikasi Traveloka dan Tiket.com adalah sebuah aplikasi yang bergerak pada bidang pemesanan dan pembelian tiket secara online dan dapat diakses secara mudah menggunakan smartphone. Tetapi tidak bisa dipungkiri apabila terdapat celah kegagalan terhadap pengguna aplikasi tersebut. Dari hal tersebut menarik minat peneliti untuk memahami dan mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan dan kegagalan dari aplikasi Traveloka dan Tiket.com.
Penelitian kali ini berjenis kuantitatif dengan menyebarkan link kuesioner google form kepada semua pengguna aplikasi Traveloka dan Tiket.com dengan jumlah populasi sampel penelitian sebanyak 100 responden serta sebagai media untuk mengumpulkan data dari responden. Penyusunan kuesioner menggunakan metode EUCS yang lebih menekankan kepada tingkat kepuasan pengguna dengan mengevaluasi sistem dari Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness, serta pengolahan data statistik menggunakan SmartPLS. Hasil pengujian aplikasi Traveloka terdapat 2 variabel yang diterima yaitu Ease of Use, Format. Serta 3 Variabel yang ditolak, Accuracy, Content, dan Timeliness. Sedangkan pada aplikasi Tiket.com terdapat 3 variabel yang diterima yaitu, Content, Format, Timeliness. Serta 2 Variabel yang ditolak, Accuracy, Ease of Use. Dapat disimpulkan pada aplikasi Traveloka hanya 2 variabel yang berpengaruh signifikan dan 3 variabel berpengaruh pada aplikasi Tiket.com.
Kata kunci : Kepuasan Pengguna, Aplikasi Traveloka, Aplikasi Tiket.com, EUCS
Screen Submit Jurnal
Amelia Agustin, P., & Kadek Dwi Nuryana, I. (2022a). Analisa Perbandingan Pengguna Aplikasi Tiktok dengan Snack Video menggunakan Metode UTAUT dan EUCS.
Amelia Agustin, P., & Kadek Dwi Nuryana, I. (2022b). Analisa Perbandingan Pengguna Aplikasi Tiktok dengan Snack Video menggunakan Metode UTAUT dan EUCS. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN.
Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Integritas terhadap Kinerja Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 24–35.https://doi.org/10.24036/jess.v5i1
Fadilah Amin, N., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. Jurnal Pilar.
Fitratul Aini et al. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA
Menggunakan Metode TAM dan EUCS.
Jawa, A. W., Amali, L. N., & Olii, S. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Siransija Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal Of System And Information Technology, 4(1).
Kartika, & Labibah. (2023). Analisis Kepuasan Terhadap Rumah Jurnal Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Perpustakaan, 14(2), 73–81. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol14.iss2.art1
Kurniasih, I., & Pibriana, D. (2021). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi.
Murhum, N. N., Durachman, Y., & Fetrina, E. (2022). Pengukuran Penerimaan Pengguna Pada Aplikasi Kesehatan Halodoc dengan Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2. Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 1(2). https://doi.org/10.20885/snati.v1i2.12
Nurhalima, & Hadisaputro, E. L. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Traveloka dengan Menerapkan Metode TAM. Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 466–471. https://doi.org/10.47065/josh.v3i4.1778
Rahmadayanti, V., Pristiyono, & Nasution, Z. (2022). STRATEGI KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM BELANJA ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Sholihah, R., & Dwi Indriyanti, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS).
Sihombing, P. R., & Arsani, A. M. (2022). Aplikasi SmartPLS Untuk StatistisiPemula. Issue March.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.;2nd ed.). Alfabeta.
Suriyanti, K. R. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Desain Website Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada tiket.com Di Bekasi. JURNAL PELITA ILMU, 15(01).
Theresia Gobel, U., Rifai Katili, M., & Polin, M. (2022). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SIKS-NG Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Bone Bolango. Diffusion Journal Of System and Information Technology, 2(1).
Wahyuningsih, M., & Waspodo, B. (2019). Perencanaan Strategi Sistem Informasi pada PT Indonesia Stanley Electric dengan Pendekatan Ward & Peppard.
Yang, M., & Sihotang, J. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat. 4(2), 53–60. https://e-journal.unper.ac.id/index.php/informatics
Zefanya Yang, M., & Idoan Sihotang, J. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan MetodeEUCS di Jakarta Barat. INFORMATICS AND DIGITAL EXPERT (INDEX),4(2), 53–60. https://e-journal.unper.ac.id/index.php/informatics