STRATEGI KOMUNIKASI PODCAST KAUM MILENIAL MILENIANEWS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL

research
  • 19 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PODCAST KAUM MILENIAL MILENIANEWS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL

MileniaNews adalah perusahaan yang bergerak dibidang Media Massa, yaitu portal media. MileniaNews tidak hanya menyajikan konten berbentuk berita saja akan tetapi terdapat program youtube juga yang dijalankan sebagai salah satu programnya. Salah satu program youtube yang produksi oleh MilenieNews adalah Podcast Kaum Milenial. Podcast Kaum Milenial adalah salah satu program YouTube MileniaNews yang menghadirkan narasumber inspiratif dari berbagai latar belakang. Dalam program ini, para narasumber berbagi pengalaman, wawasan, dan inspirasi yang dapat memotivasi para penonton, khususnya generasi milenial dan Gen Z. Dengan topik-topik yang relevan dan mendalam. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir adalah metode observasi, wawancara, dan studi pustaka dengan metode analisanya berupa analisis kualitatif yaitu metode analisis data tanpa menggunakan analisis statistik. Podcast Kaum Milenial menerapkan strategi komunikasi yang efektif serta memahami dan memanfaatkan teori niche. Strategi komunikasi yang digunakan meliputi konten yang relevan dan menarik, interaksi yang aktif dengan pendengar, serta pemanfaatan platform media sosial untuk memperluas jangkauan. Teori niche menjelaskan bagaimana Podcast Kaum Milenial dapat menemukan dan mempertahankan segmen pasar yang spesifik, memastikan bahwa mereka tetap relevan dan mampu memenuhi kebutuhan audiens mereka yang unik. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai strategi komunikasi yang digunakan oleh podcaster milenial serta bagaimana mereka mengaplikasikan teori niche dalam praktiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi strategi komunikasi yang efektif dan pemahaman mendalam tentang niche market dapat membantu Podcast Kaum Milenial mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan yang semakin ketat di era digital.

Unduhan

 

REFERENSI

Nur, E. (2021). Peran media massa dalam menghadapi serbuan media online. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh penggunaan podcast dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800-807.
Andi Mirza Ronda. (2020). (n.p.): Indigo Media. Metode Riset Komunikasi
Pagel, J., Treurnicht, M., Bond, W. J., Kraaij, T., Nottebrock, H., Schutte-Vlok, A., ... & Schurr, F. M. (2020). Mismatches between demographic niches and geographic distributions are strongest in poorly dispersed and highly persistent plant species. Proceedings of the National Academy of Sciences, 117(7), 3663-3669.
Danczak, R. E., Chu, R. K., Fansler, S. J., Goldman, A. E., Graham, E. B., Tfaily, M. M., ... & Stegen, J. C. (2020). Using metacommunity ecology to understand environmental metabolomes. Nature communications, 11(1), 6369.
Wijaya, W. B., Prathiwi, K. J. R., & Muliani, N. M. (2021). Pengembangan literasi ekologi siswa sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 46-53.
Yamin, M. D. A. P. (2023). Implementasi Teori Niche pada akun Instagram Hibernasizine sebagai Media Berbasis Literasi Digital= Implementation of Niche Theory on Hibernasizine’s Instagram account as digital literacy-based media (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Mirza Ronda, M. Buku MKetode Riset Komunikasi. (2021)
Serfasia Laia, Yohanes Dakhi, Paskalis Dakhi. (2021) .PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI UD.LIS TELUK DALAM KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis.
Dr. Muhadjir Suni, M.Pd., Muh. Taufik, S.S.T.Par., M.A.P., Liyushiana, S.S.T.Par, M.M., Masri Ridwan, M.Pd.Kelayakan Investasi Dan Bisnis Ekonomi Kreatif. (2023). (n.p.): Deepublish.
Dr. Irene Silviani, MSP, Prabudi Darus, S.sos, M.Ikom. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MENGGUNAKAN TEKNIK INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC). (2021). (n.p.): SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Asriwati. Strategi Komunikasi yang Efektif: Communication for Behavioral Impact (Combi) Dalam Pengendalian Demam Berdarah Dengue. N.p., Syiah Kuala University Press, 2022.
Mesiono, Mursal Aziz, Manajemen Dalam Persfektif Ayat Ayat Alquran, Medan: Perdana Publishing 2020
Nur, E. (2021). Peran media massa dalam menghadapi serbuan media online. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1).
Sudarmoyo, S. (2020). Podcast sebagai alternatif media pembelajaran jarak jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 65-73.
Norhayati dan Sherly Jayanti. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Belajar Secara Mandiri (Studi Kasus Penggunaan Podcast olehMahasiswa di Kota Palangkaraya). Jurnal Humaniora Teknologi, 6(1), 29-36
Syafrina, A. E. (2022). Penggunaan Podcast Sebagai Media Informasi Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 4(2), 10-22.
Kasatriyanto, B., & Wibowo, A. A. (2021). Borobudur dalam Budaya Digital: Merancang Podcast Youtube untuk Komunikasi Arkeologi Publik. Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 15(1), 51-68.
Annur Mutia Cindy. (2023, 24 November). Indonesia Peringkat Keempat Pengguna YouTube Terbanyak Dunia. Diakses pada 9 Juni 2024, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/24/indonesia-peringkat-keempat-pengguna-youtube-terbanyak-dunia
Akbar Bahtiar, S.E., M.M, Dr. Ir. N. Tri S. Saptadi, S.Kom., M.T., M.M., IPM, Izza Safitri, M.Pd, Widyaningsih Azizah, S.E., Ak., M.Sc., CA, Dr. H. Mohammad Subhan, M.A, Dr. Drs. Sutarjo, M.M.Pd, Dr. Yulina Eliza, S.E., M.Si, Sarce Babra Awom, SE., M.Sc, Rumas Alma Yap, SP., M.Si, Ted Matheus Suruan, SE., M.Si. MEMAHAMI METODOLOGI PENELITIAN. (2024). (n.p.): Cendikia Mulia Mandiri.
Purwati, A. (2020). Metode penelitian hukum teori & praktek.
Dr. R. A. Fadhallah, S.Psi., M. Si. WAWANCARA. (2021). (n.p.): UNJ PRESS.
Hapsari Puspita Rini, M.Psi Psikolog, Vidya Nindhita, M.Psi, Psikolog. Observasi : teori dan praktek dalam bidang psikologi. (2022). (n.p.): Basya Media Utama.
https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/
Suci R. MarÕ Ih Koesomowidjojo, M.Si. ,Dasar-dasar Komunikasi. (2020). (n.p.): Bhuana Ilmu Populer.
McQuail, D., Deuze, M. (2020). McQuail’s Media and Mass Communication Theory. United Kingdom: SAGE Publications.
James Kelly, Ken Smith, Sheree Josephsons,Handbook of Visual Communication: Theory, Methods, and Media. (2020). United Kingdom: Taylor & Francis.
Hendrayady, A., Sos, S., Azanda, S. H., Mamis, S., Kom, S. I., Kom, M. I., ... & Kom, S. I. (2023). Mengenal Ilmu Komunikasi. Cendikia Mulia Mandiri.
Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan media sosial instagram pada akun@ yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41.
Kemenparekraf/Baparekraf RI, Perkembangan Tren Podcast di Indonesia yang Terus Meningkat, Diakses 12 Juni 2024 dari https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/perkembangan-tren-podcast-di-indonesia-yang-terus-meningkat
Dr. Budi Gautama Siregar, M.Si,, H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si, Metode Penelitian EKonomi dan Bisnis. (2022). (n.p.): Merdeka Kreasi Group.
Pantri Heriyati, STRATEGI PEMASARAN Segmenting, Targeting dan Positioning. (2022). (n.p.): SCOPINDO MEDIA PUSTAKA