JURNAL 2024

research
  • 18 Oct
  • 2024

JURNAL 2024

Abstrak

Perkembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam bidang makanan merupakan salah satu usaha yang dibutuhkan masyarakat, karena hanya dengan makan manusia dapat melangsungkan hidupnya. Dengan alasan itu banyak pengusaha yang mulai bermunculan dalam bisnis kuliner yang pada akhir nya berdampak semakin ketatnya persaingan. Salah satu industri makanan yang memiliki daya saing tinggi adalah rumah makan padang. Menu di rumah makan ini bisa di cluster untuk mengetahui apa saja yang menjadi menu terlaris di rumah makan tersebut. Salah satu algoritma clustering adalah k-means. Beberapa penelitian serupa dilakukan menggunakan k-means dengan menghitung jarak menggunakan rumus euclidean distance. Penelitian ini akan men cluster daftar menu rumah makan Fahjri Chaniago menjadi 3 cluster yaitu cluster kriteria menu terlaris, kriteria menu menengah dan kriteria menu terendah. Dari hasil perhitungan clustering tersebut menghasilkan menu terlaris pada cluster 0 yang memiliki 3 anggota menu yaitu Tunjang,kikil,Gulai kakap. Untuk kriteria menu menu menengah memiki 23 anggota menu, serta kriteria menu terendah memiliki 14 anggota menu

Unduhan

 

REFERENSI

Asyifa Tasya. (2020). IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK TARGETING ADS.

Erika, E., Yunior, K., Devita, F., Tamara, I., & Herryanto, C. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dalam PT. Sabas Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 905–914. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.465

Herlinda, V., & Darwis, D. (2021). ANALISIS CLUSTERING UNTUK RECREDESIALING FASILITAS KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-MEANS. Darwis, Dartono, 2(2), 94–99. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Indraputra, R. A., & Fitriana, R. (n.d.). K-Means Clustering Data COVID-19.

Indraputra, R. A., & Fitriana, R. (2020). K-Means clustering data COVID-19. Jurnal Teknik Industri, 10(3), 275–282.

Komalasari, Y. & Rahmah,P. (2024). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Menentukan Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Open Study Kasus : Kelurahan Jati Makmur

Marvell Geraldine, Y., & Susanti, A. (2021). POINT PENGARUH MEREK, KUALITAS PRODUK, MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK BRAND WARDAH. https://ejournals.umma.ac.id/indeks.php/point

Megawati. (2022). STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSITENSI DAN PENDAPATAN RUMAH MAKAN PONDOK BAMBU MOROTUMAN PASCA COVID-19 DESA HASANAH KEC MAPPEDECENG KAB LUWU UTARA.

Nugroho, M. R., Hendrawan, I. E., & Purwantoro, P. P. (2022). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Klasterisasi Data Obat Pada Rumah Sakit ASRI. Nuansa Informatika, 16(1), 125–133.

Nurlina. (2020). ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA MASA NEW NORMAL DI PRAKTIK KEPERAWATAN MANDIRI KOTA TASIKMALAYA MARKETING MIX ANALISYS IN NEW NORMAL ERA IN INDEPENDENT NURSING PRACTICES TASIKAMLAYA CITY 1).

Prasetiani, S. D., & Rochmawati, N. (2022). Penerapan Data Mining Untuk Clustering Menu Favorit Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus Kedai Expo). Journal of Informatics and Computer Science, 03.

Samudra, F. P., Pudjiantoro, T. H., & Santikarama, I. (2021). Klasterisasi Tingkat Penjualan Produk Menggunakan Metode K-Means Untuk Penerapan Konsep Down-Selling: Studi Kasus pada Artch Indonesia. SNIA (Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya), 5, B9-15.