Pendidikan merupakan dasar dalam membentuk kehidupan individu dan masyarakat melalui teknik dan proses yang dilakukan oleh tenaga pendidik guna mengembangkan potensi intelektual dan akademik. Oleh karena itu implementasi metode pembelajaran harus dibuat dengan sebaik mungkin demi menunjang hal tersebut. Kurikulum merdeka merupakan sebuah pembaharuan dari metode pembelajaran yang dihadirkan dengan tujuan memberikan perubahan yang lebih baik bagi sitem pembelajaran di Indonesia. Selain metode pembelajaran, tenaga pendidik juga harus memiliki kualitas serta kemampuan berkomunikasi yang bagus. Diperlukan rancangan komunikasi yang tepat bagi guru agar dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka. Guru harus memiliki strategi dalam mengkomunikasikan materi yang akan disampaikan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi guru dalam penerapan kurikulum merdeka di SMP157 Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi guru di SMPN 157 Jakarta adalah pertama melakukan penelitian mencari permasalahan yang menyebabkan kurikulum merdeka belum dapat dimplementasikan dengan baik. Tahap kedua guru merancang metode pembelajaran seperti alat dan media pembelajaran. Ketiga, guru melaksanakan berbagi metode yang telah dirancang. Keempat, guru mengevaluasi pelakasanaan di kelas salah satunya dengan memberi quiz ke siswa. Dan kelima guru melaporkan perkembangan tersebut kepada orang tua dan kepala sekolah.
full text
REFERENSI
Ahda, M. H., & Rozi, F. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dalam Pengembangan Objek Wisata Ompang Sungai Sonsang. Journal of Communication and Society, 1(01), 14–26. https://doi.org/10.55985/jocs.v1i01.8
Andayani, Y., Sridana, N., Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2019). Harapan Dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA Dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Sumba (JES).
Arina, Arleni, R. N., Salsabila, A., Sinambela, R., & Saroh, M. (2023). Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Journal on Education, 5(3), 9164–9172. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1719
Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837
Hariyanti, N. R. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KARYA ILMIAH. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=YAoREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+penelitian+deskriptif&ots=xPiRKMZPRS&sig=e2ZAQGexUw151Z0dnbWMFy4MXXU&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian penelitian deskriptif&f=false
Hattarina, S., Saila, N., Faradila, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Indonesia, K. B. B. (n.d.). KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA. https://www.kbbi.web.id/
Ismatullah, M. F., & Kurniawati, J. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEDAGANG SECOND BRAND FACE TO FACE KEPADA PEMBELI PASAR BATAM KOTA BENGKULU. Repository Jurnal Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 4(1), 1–15.
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Maunde, R., Posumah, J., & Kolondam, H. F. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGGULANGAN COVID-19 DI DESA KUMA SELATAN KECAMATAN ESSANG SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Muslimat, A., Wulandari, H., Kharisma, I., Farida, S. I., Razali, R., Astutik, E. P., & Solahudin, M., & Wardani, S. (2021). Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=7x8uEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Muslimat,+A.,+Wulandari,+H.,+Kharisma,+I.,+Farida,+S.+I.,+Razali,+R.,+Astutik,+E.+P.,+Solahudin,+M.,+%26+Wardani,+S.+(2021).+Masa+Depan+Kampus+Merdeka+dan+Merdeka+Belajar+(Sebuah+
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Types of Communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3
Reza Arviansyah, M., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 17(4), 319–330. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.766
Rizki, M. F., & Sabuya, M. (2023). Strategi Komunikasi Humas Kemenkomarves Dalam Pemberian Informasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Jurnal Komunikasi Dan Media, 7(2), 176–185.
Tarigan, M., Alvindi, Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922