Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Konsultan Public Relations PT Komunika Maha Berdaya dalam Kegiatan Press Conference Grand Launch iQOO 12. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu Senior Consultant Public Relations dan informan pendukung yaitu Managing Director. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian Aktivitas Konsultan Public Relations PT Komunika Maha Berdaya dalam Kegiatan Press Conference Grand Launch iQOO 12 sebagai berikut: (1) Memiliki tiga tahapan, yaitu: Pre Press Conference, Press Conference, dan After Press Conference. (2) Ditemukan adanya konsep strategi media relations menurut Iswandi Syahputra. (3) Dengan diterapkannya Strategi Media Relations menurut Iswandi Syahputra Kegiatan Press Conference Grand Launch iQOO 12 berhasil sesuai yang diharapkan.
Isi_Aktivitas Media Relations Konsultan Public Relations PT Komunika Maha Berdaya Dalam Kegiatan Press Conference Grand Launch iQOO 12
Cover_Aktivitas Media Relations Konsultan Public Relations PT Komunika Maha Berdaya Dalam Kegiatan Press Conference Grand Launch iQOO 12
Buku:
Syahputra, I. (2019). Media Relations (Y. Srihayati, Ed.; 1 ed.). Kharisma Putra Utama Offset.
Jurnal:
Adila, A. N. (2023). AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA DAN PENDIDIKAN DI MUSEUM KEHUTANAN IR.DJAMALUDIN SURYOHADIKUSUMO SKRIPSI.
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif (Vol. 1).
Alijoyo, A., Wijaya, Q. B., & Jacob, I. (t.t.). Structured or Semi-structured Interviews. www.lspmks.-
Erzani, N., & Anisa, R. (2021). PERAN KONSULTAN PUBLIC RELATIONS DALAM AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PERUSAHAAN STARTUP. Jurnal Komunikasi Global, 10(2).
Ilmu, K., & Muslimah, T. (2023). Jurnal Politikom Indonesiana: Strategi Komunikasi Lintas Budaya Konsultan Public Relations Perusahaan Minyak Dan Gas Bumi Dalam Menghadapi Perbedaan Budaya Pada Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility. Dalam Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi (Vol. 8, Nomor 1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesianahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana
Irawati, D., Fatah Natsir, N., Haryanti, E., & Islam, E. (2021). Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis, dan Konstruktivisme dalam Perspektif “Epistemologi Islam” Kata kunci. Dalam JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 4). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Kaharuddin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, IX. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Makbul, M. (2021, Juni 15). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73
Mardhiah, A. (2020). Eksistensi Public Relations (Hubungan Masyarakat) pada suatu Perusahaan (Suatu Tinjauan Public Relations dalam Perspektif Komunikasi). Jurnal Aplikasi Manajemen, 6.
Roosinda, F. W., Lestari, N. S., & Utama, A. A. G. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Rosalina, L., Syukron Anshori, M., Raya, J., Maras, O., Alang, B., Hulu, K. M., Sumbawa, K., & Tenggara, N. (2023). Analisis Aktivitas Media Relation Dalam Model Public Relations (Studi Kasus Pada Biro Humas Universitas Teknologi Sumbawa). Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 1(3), 113–128. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i3.942
Satira, U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital.
Setiadarma, A. (2020). PEMANFAATAN MEDIA BARU DALAM MEDIA RELATIONS. 3.
Wijaya, H. H. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik.
Yudiar, F. R., & Sudarno. (2022). Peran Public Relations Assistant dalam Kegiatan Press-Conference Event GIIAS 2018. Jurnal Bisnis Event, 3.
Yunus, Muh. R., & Riatno, E. B. (2019). PERAN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA FRANS KAISIEPO BIAK. Jurnal Komunikasi, Politik & Sosiologi.
Media Online:
admindpr. (2024, Juni 4). Media Relations 101: Wajib Diketahui. indonesiapr.id. https://indonesiapr.id/media-relations-101-wajib-diketahui/
Aini, A. (2023, Juli 9). Konferensi Pers: Definisi, Waktu Penyelenggaraan, dan Persiapan Pentingnya. https://glints.com/id/lowongan/konferensi-pers-adalah/
Azis, Y. A. (2023, Maret 21). Penelitian Terdahulu: Tabel, Cara Membuat dan Contoh. https://deepublishstore.com/blog/penelitian-terdahulu/
Davani. (2020, Juni 7). Apa itu Press Conference? Pengertian serta Tujuannya. https://digitaladvertising.id/note/apa-itu-press-conference/
Dqlab. (2021, Oktober 8). Pengertian Teknik Pengolahan Data dan Macam-Macam Jenisnya. https://dqlab.id/pengertian-teknik-pengolahan-data-dan-macam-macam-jenisnya
Halidi, R. (2022, November 17). 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Hendak Menggelar Press Conference, Apa Aja Sih? https://www.suara.com/pressrelease/2022/11/17/160124/5-hal-yang-harus-dipersiapkan-saat-hendak-menggelar-press-conference-apa-aja-sih?page=all
Imogenpr. (2021, November 20). Konsultan PR Harus Menguasai 4 Keahlian Ini Agar Tidak Jadi Konsultan PR yang Cengeng. https://imogenpr.com/konsultan-pr-harus-kuasai-ini/
Kompasiana. (2022, Oktober 26). Paradigma Konstruktivisme: Multi Realitas. https://www.kompasiana.com/marco88729/635902c129f19e035b7a92f2/paradigma-konstruktivisme-multi-realitas
Lsppri. (2022, Januari 24). SEJARAH PUBLIC RELATIONS DI INDONESIA. https://lsppri.or.id/2022/01/24/sejarah-public-relations-di-indonesia/
Mardawani, M. (2020). Praktis penelitian kualitatif teori dasar dan analisis data dalam perspektif kualitatif. Deepublish.
Rafi, M. (2019). FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM MENGKOMUNIKASIKAN MEDIA ONLINE MEDCOM.ID.
Salmaa. (2024, Januari 4). Observasi : Pengertian, Jenis, Tujuan, Ciri, dan Manfaatnya. https://penerbitdeepublish.com/pengertian-observasi-dan-jenis-jenisnya/
Sampoerna University. (2022, Mei 25). Teknik Purposive Sampling: Definisi, Tujuan, dan Syarat. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/purposive-sampling-adalah/
Timurkara, K. (2022, Januari 20). Menggali Lebih Dalam Profesi Konsultan Public Relations. https://binus.ac.id/malang/public-relations/2022/01/20/menggali-lebih-dalam-profesi-konsultan-public-relations/