Dea Oktavia Rahma (41210059), Perancangan Ulang Company Profile Kelurahan Tugu Kota Depok Sebagai Media Informasi Kepada Publik.
Di era globalisasi saat ini, informasi semakin penting dan membantu kebutuhan dan kehidupan manusia. Jadi, agar informasi dapat diterima dengan baik dibutuhkan media yang tepat.Sebuah Instansi seperti kelurahan Pasti ada fenomena informasi yang harus diketahui publik. Identitas organisasi atau perusahaan sangat penting karena dengan mengetahui identitasnya, organisasi dapat diakui keberadaannya. Namun Infromasi tersebut kurangnya informasi serta belum adanya perbaharuan data-data nya dan masih nyatu dengan website Kecamatan Kota Depok yang dimana banyak sekali perubahan yang telah terjadi mulai dari sumber daya manusia maupun kegiatan programnya namun data tersebut tidak dapat disebarluaskan ke masyarakat luas sehingga dibutuhkanlah media humas untuk menjalankan tugas beserta fungsinya agar lebih efektif dan efisien. Hal ini di karenakan pentingnya kelurahan bagi masyarakat dalam mengelola berbagai macam informasi tentang perizinan kelurahan yang salah satunya harus mengedepankan dalam memberikan informasi kepada publik agar memiliki akses yang mudah dan cepat terhadap informasi yang di butuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Selain memberikan informasi kepada publik atau masyakarat, tujuan tambahan dari company profile perusahaan untuk Kelurahan Tugu adalah untuk menyediakan informasi tentang semua aktivitas yang telah dilakukan oleh Kelurahan Tugu dan diharapkan akan dilakukan dengan perancangan ulang profil Kelurahan Tugu untuk meningkatkan pelayanan informasi bagi publik atau masyarakat. Maka dengan itu, dengan adanya membuat sebuah perancangan Company Profile dalam berbentuk cetak dan soft copy yang akan lebih terfokus untuk melengkapi informasi mengenai Kelurahan Tugu, profile dan jajaran instansi, kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kelurahan Tugu hingga fasilitas dan pelayanan publik yang ada dan memudahkan dalam mengakses lebih banyak informasi di Kelurahan Tugu Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana suatau proses penelitian dan pemahaman yang menyelidiki suatu fenomena atau masalah yang terjadi di Kelurahan Tugu Kota Depok.Penelitian kualitatif, menurut Bogdan dan Taylor, adalah jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif dari orang-orang dan tingkah laku mereka sedangkan penelitian deskriptif Nazir menyatakan bahwa pendekatan deskriptif melihat status sekelompok orang. kelas peristiwa saat ini, tujuan, kumpulan kondisi, atau sistem pemikiran. Melalui pendekatan kulaitiatif deskriptif dimana data yang dikumpulkan berupa wawancara dengan narasumber, observasi dan dokumentasi yang berupa foto atau dokumen dari Kelurahan TuguMaka hasil Perancangan Ulang Company Profile Kelurahan Tugu Kota Depok berupa cetak dapat di publikasi dan informasi mengenai suatu kegiatan atau program-program yang dilakukan di Kelurahan kepada masyarakat atau publik eksternal lainnya. Kurangnya suatu informasi mengenai perusahaan atau instansi dapat menyebabkan lebih banyak kesalahpahaman dan kurangnya pengetahuan tentang informasi yang diterima. Company Profile juga dibutuhkan bagi suatu perusahaan atau instansi sebagai sumber media informasi bagi masyarakat dan publik eksternal agar lebih dikenal dan sebagai citra yang positif instansi atau perushaan. Agar masyarakat juga lebih mudah dalam mengakses atau mencari suatu informasi. Perancangan ulang profil perusahaan yang dibuat penulis berhasil dengan menggunakan gambar dan desain yang menarik agar lebih mudah diingat oleh pembaca, karena penulis melakukan wawancara terlebih dahulu dengan beberapa narasumber dari instansi.
Kata Kunci: Company Profile, Media Informasi, Kelurahan Tugu Kota Depok
Tugas Akhir
Undang- Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
Abdulhafizh, luthfi ghiyats, & Djatiprambudi, D. (2020). Perancangan Company Profile Jurusan Desain Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Barik, 1(1), 114. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/35672/31722
Afifah, A., & Syarah, M. M. (2020). Provinsi Dki Jakarta Dalam Upaya Optimalisasi. Globa Komunika, 3(1), 4.
Anshar, M. (2019). Electric Public Relations (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi di Era Digital (Muhammad Anshar) Electronic Public Relation (E-PR): Strategi Mengelola Organisasi di Era Digital. Jurnal Komodifikasi , 8, 200–2013.
Bakiyah, H., Indarsih, M., Yuniani, H., & Astuti, F. D. (2022). Strategi Komunikasi Public Relations Pt Cakra Mahkota Dalam Customer Relations. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 3(1), 20–34. https://doi.org/10.54895/jkb.v3i1.1352
Berbasis, C., Studi, A., Puskesmas, K., & Ii, M. (2021). p-ISSN : 2808-876X (print) e-ISSN : 2798-1312 (online). 1(1), 43–50.
Darmawan, A., Teknologi, F., & Informatika, D. A. N. (2019). RANCANG BANGUN WEBSITE COMPANY PROFILE PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA SEGAH.
Dewi, M. S. R. (2019). Islam dan Etika Bermedia (Kajian Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Islam). Research Fair Unisri, 3(1), 139–142.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Dwi Gotama, J., Fernando, Y., & Pasha, D. (2021). Pengenalan Gedung Universitas Teknokrat Indonesia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 28–38. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
Dwi Puspitasari, Y., & Miftakhul Ulum, W. (2020). Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 304–313. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2507
Fadillah, P. N. N., & Gaffar, M. R. (2023). Perancangan Dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Menggunakan Cms Wordpress Pada Kafe Kajja Korean Street Food Di Garut. Applied Business and Administration Journal, 2(1), 91–99. https://doi.org/10.62201/abaj.v2i1.43
Fakih, F., & Lawati, S. (2019). Keterjangkauan informasi dalam pelayanan publik. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi …, 2(September), 1–7. https://www.ejournal.pps-unisti.ac.id/index.php/JIASK/article/view/14%0Ahttps://www.ejournal.pps-unisti.ac.id/index.php/JIASK/article/download/14/14
Fatikah, F., Muslimin, E., & Widoyo, A. F. (2023). Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tren busana muslimah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak hanya disukai oleh generasi tua, tetapi juga oleh generasi muda dan bahkan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 265.
Goeinawan, V. T., Natadjaja, L., & Salamoon, D. K. (2021). Perancangan Ulang Company Profile Jawapos.Com Sebagai Media Informasi Dan Promosi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18), 11. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/11238
Hamson, Z. (2020). Humas Pemerintah Mendominasi Kontribusi Pemberitaan Media Online Sulsel. Rakyat News: Referensi Media Terkini, March. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.12948761
Hasan, H., Boham, A., & Runtuwene, A. (2019). Manajemen Koleksi Deposit Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Tidore Kepulauan. Acta Diurna Komunikasi, 1(3), 1–14. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25078
Kaffah, L. S., Setiawan, D., & Edi, W. (2023). Pemanfaatan Media Cetak Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Wahana Pend, 9(16), 482–492. https://doi.org/10.5281/zenodo.8246435
Kh, U. I. N., & Wahid, A. (2024). O f a h. 4, 1592–1604.
Kurniawan, V., Susanthi, N. L., & Suratni, N. W. (2022). Manajemen Produksi Pada Cv.Boom Pro Pada Pembuatan Iklan Video Pertamina World Super Bike (Wsbk) 2021. Calaccitra, 2(1), 54–59. https://jurnal2.isi.dps.ac.id/index.php/calaccitra
Leliana, I., & Gogali, V. A. (2019). Strategi Humas Kementerian Perindustrian Dalam Menginformasikan Layanan Publik Melalui Youtube. J-Ika, 6(2), 110–119. https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6836
Meliala, R. M. (2021). Strategi Marketing Public Relations PT Lotte Indonesia dalam Memperingati Hari Ibu Marketing Public Relations Strategy of PT Lotte Indonesia in Commemorating Mother ’ s Day. Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 3(2), 128–145. https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/pikma/article/view/461
MRizky, A. (2020). 済無No Title No Title No Title. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Muchamad Iqbal, Sutarman, D. I. (2019). Perancangan Sistem Informasi PT Visionet Data Internasional. Ajcsr, 1(1), 29–35.
Ni Luh Putu Ening Permini, & I Made Wahyu Kusuma Atmaja. (2022). Peran Humas Dalam Kegiatan Publikasi Online Pemerintah Di Kabupaten Badung. Moderat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 8(3), 620–632. https://doi.org/10.25157/moderat.v8i3.2773
Novianna, D. (2022). Pemanfaatan Akun Instagram @Jatimcettar sebagai Media Komunikasi Humas Pemeirntah Provinsi Jawa Timur dalam Mensosialisasikan Program Jatim Cettar. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 1, Issue 3).
Nursetiowati, O., & Dewi, K. (2023). Pentingnya Penerapan Metode Fifo Dalam Meningkatkan Standart Kualitas Bahan Baku Di Hotel. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 46–51. https://doi.org/10.51977/sainsm.v5i1.1066
Purwo, R. H. S., & Puspasari, D. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 458–467. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p458-467
Putri, N. Q. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Qraved sebagai Media Memilih Tempat Makan. Jurnal Pewarta Indonesia, 2(1), 22–32. https://doi.org/10.25008/jpi.v2i1.28
Rahastine, M. P. (2022). Analisa Peranan Public Relatin PT. Graha Bina Mandiri Dalam Pembuatan Company Profile Sebagai Media Informasi. J-Ika, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12020
Rahastine, M. P., Mayasari, S., & Sasmita, N. (2019). Strategi Public Relations Pt Indotama Karya Gemilang Dalam Meningkatkan Pemahaman Proses Prosedural Tenaga Kerja Indonesia. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 19(2), 237–242. https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.6487
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sari, W. P., & Soegiarto, A. (2021). 23515-Article Text-64584-1-10-20211223. 9(2), 188–205.
Satira, U., & Hidriani, R. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital. Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1(1), 179–202.
Sekarrini, P. A., & Siswanto, H. (2020). Peran Komunitas Pecinta Hidroponik Surabaya (Phs) Dalam Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Hidroponik Di Pojok Kebun Gemah Ripah Surabaya. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1–8.
Sitorus, M. S., & Djuwita, A. (2022). Implementasi Strategi Marketing Public Relations Pada Perusahaan Cretivox. EProceedings …, 9(4), 2584–2593. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18276%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/18276/17855
Umam, C., & Cristin, L. (2020). Peran Humas Kementrian Komunikasi Dan Informasi (Kominfo) Dalam Mensosialisasikan Informasi Kepada Masyarakat. 10(1), 20–33.
Wardhana, A. A. (2020). Penyebarluasan informasi. Penyebarluasan Informasi, 4521.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wijoyo, H. (2022). Analisis teknik wawancara ( pengertian wawancara, bentuk- bentuk pertanyaan wawancara ) dalam penelitian kualitatif bagi mahasiswa teologi dengan tema pekabaran injil melalui penerjemahan alkitab. Academia.Edu, 1–10.
Yuningsih, S. (2023). Peran Humas Polres Metro Depok Dalam Menangani Informasi Berita Hoax Pada Media Sosial Instagram. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.55681/seikat.v2i1.361