OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 06 NANGKA KABUPATEN LANDAK

research
  • 18 Oct
  • 2024

OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 06 NANGKA KABUPATEN LANDAK

Eva Novianti Malamtiga (12210121), Optimalisasi Media Pembelajaran Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 06 Nangka Kabupaten Landak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan media pembelajaran digital di SD Negeri 06 Nangka dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa. Program media digital yang diterapkan mencakup berbagai jenis alat bantu teknologi, seperti aplikasi edukasi, perangkat lunak presentasi, video pembelajaran, dan materi digital interaktif. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, analisis dokumen terkait, evaluasi hasil belajar, dan umpan balik dari pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital berhasil meningkatkan partisipasi siswa, menumbuhkan antusiasme dan minat belajar yang lebih tinggi, serta meningkatkan kehadiran dan hasil tugas siswa. Media digital memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, sehingga siswa lebih aktif terlibat dalam kelas. Penerapan teknologi ini juga meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa. Motivasi intrinsik meningkat karena siswa merasa materi yang diajarkan lebih relevan dan menarik, sedangkan motivasi ekstrinsik didorong oleh elemen gamifikasi yang memberikan umpan balik langsung dan penghargaan atas prestasi. Penelitian ini mendukung teori bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Dengan adanya pengembangan keterampilan dan kompetensi guru dalam menggunakan media digital, diharapkan teknologi ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 06 Nangka.

Kata kunci: Media Pembelajaran Digital, Motivasi Belajar, Teknologi Pendidikan, Aplikasi Edukasi, Video Pembelajaran, Interaktivitas, Gamifikasi, Pendidikan Dasar.

Unduhan

 

REFERENSI

Gebryna, M., Nantana, R., & Wiradimadja, A. (2023). JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram. 10(01), 69–87. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Miftah, N. A., Sahid, G. R., Syalfirah, V., & Aeni, A. N. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DIBA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI. Sains Dan Teknologi, 9(2), 291–301. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i1.450

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA (Vol. 2).