Strategi Komunikasi Pemasaran Dezclothes_id Melalui Marketplace Shopee

research
  • 18 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi Pemasaran Dezclothes_id Melalui Marketplace Shopee

Dezclothes_id merupakan salah satu usaha yang bergerak pada industri pakaian sisa ekspor. Dezclothes_id memasarkan produknya melalui salah satu marketplace yang terkenal yakni Shopee. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi memunculkan persaingan bagi para pelaku bisnis, sehingga diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produknya. Penilitian ini mengkaji mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dezclothes_id melalui marketplace Shopee. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, Terdapat 3 informan dalam penelitian ini yakni owner Dezclothes_id, host Live, dan content creator. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa Dezclothes_id mengadopsi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, Dezclothes_id fokus pada analisis masalah dan khalayak, mengidentifikasi tantangan utama seperti persaingan harga dan kualitas produk. Dezclothes_id juga memanfaatkan fitur Shopee seperti flash sale dan diskon untuk menarik pelanggan. Pada tahap pelaksanaan, Dezclothes_id memanfaatkan konsep bauran pemasaran 4P (produk, harga, promosi, tempat) dalam memasarkan produknya. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan data real-time dari dashboard Shopee, memungkinkan Dezclothes_id untuk menilai efektivitas strategi dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Dezclothes_id melalui Shopee efektif dalam meningkatkan pertumbuhan bisnisnya serta berhasil meningkatkan kesadaran merek, penjualan, dan interaksi pelanggan melalui fitur yang tersedia.

Unduhan

  • 001-001.pdf

    Cover

    •   diunduh 25x | Ukuran 16 KB

 

  • 002-143.pdf

    Full Text

    •   diunduh 37x | Ukuran 3,104,293

REFERENSI

Jurnal :

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1-9.

Diana Vimalakirti Chow, Hardi Suandri, Herman Herman, Prissilia Angelika, & Ricky Ricky. (2023). Meningkatkan Keunggulan Kompetitif dengan Memilih Strategi Tingkat Bisnis yang Tepat. Public Service and Governance Journal, 4(1), 116–123. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.816

Fahmi, R. F. (2022). Strategi Komunikasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Digitalisasi Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(1), 63. https://doi.org/10.22373/jp.v5i1.12733

Hasan, A. F., Sarwani, S., & Ramadhani, M. M. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI RADIO dBs 101,9 FM BANJARMASIN DALAM MENARIK PARTISIPASI PENDENGAR PADA PROGRAM REQUEST LAGU. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.31602/jm.v4i1.4939

Irwan, I., Perdana, F. W., Latuheru, P. M., Khairani, M., & Kartini, S. (2021). Pemikiran Tokoh Pakar Hukum Lima Paradigma. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2166-2178.

Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902

Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi Branding Bandung Giri Gahana Golf Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 159.

Rahmayanti, N. P. (2023). Pengaruh Marketplace dan Pembayaran Digital Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Di Kota Banjarmasin. Al-KALAM : JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 10(1), 28. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.9095

Siti Silviah, Widya Hanifah Lutfianti, & Ricky Firmansyah. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Online Pada E-Marketplace Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7(6), 669–679.

Sodiq, I., Huda, H., & Ikawati, N. F. A. (2021). Peran Santri Terhadap Kemajuan Filsafat Pendidikan Islam. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 137–146. https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i2.3987

Syahputra D.Y. (2021). Konsep Strategi Pemasaran Marketplace Sebagai Penerapan 4.0. 2. https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/164/342

Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.

 

Buku :

Achjar et. al. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus (S. S. Andra Juansa, Efitra Efitra (ed.)). PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_KUALITATIF_Panduan_Pra/yp7NEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.

Diana Vimalakirti Chow, Hardi Suandri, Herman Herman, Prissilia Angelika, & Ricky Ricky. (2023). Meningkatkan Keunggulan Kompetitif dengan Memilih Strategi Tingkat Bisnis yang Tepat. Public Service and Governance Journal, 4(1), 116–123. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.816

Dini Syafitri et.al. (2024). BUNGA RAMPAI KOMUNIKASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (H. julika Siagian (ed.)). PT MEDIA PUSTAKA INDO. https://www.google.co.id/books/edition/BUNGA_RAMPAI_KOMUNIKASI_DAN_PEMBERDAYAAN/CZT7EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Dyatmika, T. (2021). Ilmu Komunikasi (M. S. Bakhri, Syamsul (ed.); 1st ed.). Zahir Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/ILMU_KOMUNIKASI/YmM0EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Ekasari, R. (2023). Metodologi Penelitian (E. Yulianti (ed.); 1st ed.). AE Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian/BUrrEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Fahmi, R. F. (2022). Strategi Komunikasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Digitalisasi Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(1), 63. https://doi.org/10.22373/jp.v5i1.12733

Fiantika F.R et.al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Firmansyah, A. (2020a). Buku Komunikasi Pemasaran. In Tim Qiara Media (Ed.), Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed., Vol. 6, Issue August). CV. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, A. (2020b). Buku Komunikasi Pemasaran (Vol. 6).

Haryani et.al. (2024). BISNIS DIGITAL. CV AZKA PUSTAKA. https://www.google.co.id/books/edition/BISNIS_DIGITAL/0wvxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Hasan, A. F., Sarwani, S., & Ramadhani, M. M. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI RADIO dBs 101,9 FM BANJARMASIN DALAM MENARIK PARTISIPASI PENDENGAR PADA PROGRAM REQUEST LAGU. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.31602/jm.v4i1.4939

Herlina et.al. (2023). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI (Abdul Khakim (ed.)). CV Basya Media Utama. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=VdbMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA13&dq=Herlina,+S.,+Boer,+R.+F.,+Fasadena,+N.+S.,+Sos,+M.,+Kede,+A.,+Kahfi,+M.+A.+M.,+...+%26+Deryansyah,+A.+D.+(2023).+PENGANTAR+ILMU+KOMUNIKASI.+Basya+Media+Utama.&ots=dlpAVHYSHR&sig=

Irwan, I., Perdana, F. W., Latuheru, P. M., Khairani, M., & Kartini, S. (2021). Pemikiran Tokoh Pakar Hukum Lima Paradigma. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2166–2178. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i12.497

Iskandar, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. 242. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_KUALITATIF/hHeDEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Kriyantono, R. (2022). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif: Edisi Kedua. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=yrkFEQAAQBAJ&dq=teknik+pengumpulan+data+kriyantono&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Lestari et al. (2022). PLATFORM DIGITAL TATA KELOLA SUMBER DAYA YANG TERINTEGRASI UNTUK PENINGKATAN KINERJA DAN DAYA SAING USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=fOymEAAAQBAJ&dq=Lestari,+D.+P.,+Indarti,+D.,+%26+Setiawan,+D.+E.+PLATFORM+DIGITAL+TATA+KELOLA+SUMBER+DAYA+YANG+TERINTEGRASI+UNTUK+PENINGKATAN+KINERJA+DAN+DAYA+SAING+USAHA+MIKRO,+KECIL,+DAN+MENENGAH.+uwais+indie publishe

Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902

Marentek et al. (2020). Komunikasi Pemasaran (1st ed.). POLIMDO PRESS. https://repository.polimdo.ac.id/2142/1/Komunikasi Pemasaran-1.pdf

Naini S et.al. (2021). Tren Kewirausahaaan 4.0. Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=s8dLEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Nelly Astuti. (2022). BRANDING PRODUK IKM (T. Q. Media (ed.); 1st ed.). Penerbit Qiara Media. https://www.google.co.id/books/edition/BRANDING_PRODUK_IKM/VztwEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Nufian S Febriani, W. W. A. D. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press, 2020. https://books.google.co.id/books?id=MtqFDwAAQBAJ&dq=tujuan+komunikasi+pemasaran+yang+dirangkum+oleh+Kotler+dan+keller+dalam+(Febriani&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi Branding Bandung Giri Gahana Golf Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 159.

Putri, A. V., & Ali, D. S. F. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Coffee Shop Kopi Tuli. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 95–108. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1438

Rachmawati, F. (2023). Strategi Humas Pemerintah Dalam Pengelolalan Managemen Isu Di Era Post Truth. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 114–127. https://doi.org/10.21009/communicology.031.08

Rahmayanti, N. P. (2023). Pengaruh Marketplace dan Pembayaran Digital Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Di Kota Banjarmasin. Al-KALAM : JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 10(1), 28. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.9095

Siti Silviah, Widya Hanifah Lutfianti, & Ricky Firmansyah. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Online Pada E-Marketplace Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7(6), 669–679.

Sodiq, I., Huda, H., & Ikawati, N. F. A. (2021). Peran Santri Terhadap Kemajuan Filsafat Pendidikan Islam. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 137–146. https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i2.3987

Soraya Firdausy, Ibnul Qayyim, N. (2023). Strategi Komunikasi Digital Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Yusmanizar (ed.); 1st ed.). TOHAR MEDIA. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Komunikasi_Digital_Balai_Pelest/iy_PEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Sudrajat, A. R. (2021). Perilaku Organisasi Sebagai Suatu Konsep & Analisis (Sahban (ed.); 1st ed.). Nilacakra. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0ENQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Sudrajat,+A.+R.+(2021).+Perilaku+Organisasi+Sebagai+Suatu+Konsep+%26+Analisis.+Nilacakra.&ots=37eQbGMtb1&sig=UmbhV88zefY7HhCsLS0yUSV8Y2w&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Suhartawan et.al. (2024). METODOLOGI PENELITIAN (P. T. Cahyono (ed.); 1st ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=G8_5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA75&dq=Suhartawan,+B.,+MT,+M.,+Nurmaningtyas,+A.+R.,+Deni,+H.+A.,+MM,+C.,+Santje+Magdalena&ots=3BX0LlOJxI&sig=AuUei4FlIZ7isvibfsdasEeSKKk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Suryani T, Nurhadi M, F. A. . (2020). E-MARKETING BAGI UKM: STRATEGI PERIKLANAN, WEBSITE & MEDIA SOSIAL (Abdul Rofiq (ed.)). CV Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=JgAXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Suryani,+T.,+MM,+P.,+Nurhadi,+M.,+Fauzi,+A.+A.,+%26+SS,+M.+(2020).+E-marketing+bagi+ukm:+strategi+periklanan,+website+%26+media+sosial.+Jakad+Media Publishing.Haryani,+D.+S.,+ST,+

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60

Syahputra D.Y. (2021). Konsep Strategi Pemasaran Marketplace Sebagai Penerapan 4.0. 2. https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/164/342

Sudrajat, A. R. (2021). Perilaku Organisasi Sebagai Suatu Konsep & Analisis. Nilacakra.

Syubhan Akib, Titiek Mulyaningsih, S. (2023). Tim Penulis : Syubhan Akib , Titiek Mulyaningsih , Suhadarliyah , Siti Yulianah M . Yusuf , Dina Purnama Sari , Umbilin Purwaningsiwi , Dahlia Amelia , Vitradesie Noekent , Ipah Masripah , Mu ’ ah , Setya Ambar Pertiwi , Arif Al Ghazy .

Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.

Achjar et. al. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF : Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus (S. S. Andra Juansa, Efitra Efitra (ed.)). PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_KUALITATIF_Panduan_Pra/yp7NEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.

Diana Vimalakirti Chow, Hardi Suandri, Herman Herman, Prissilia Angelika, & Ricky Ricky. (2023). Meningkatkan Keunggulan Kompetitif dengan Memilih Strategi Tingkat Bisnis yang Tepat. Public Service and Governance Journal, 4(1), 116–123. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.816

Dini Syafitri et.al. (2024). BUNGA RAMPAI KOMUNIKASI DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (H. julika Siagian (ed.)). PT MEDIA PUSTAKA INDO. https://www.google.co.id/books/edition/BUNGA_RAMPAI_KOMUNIKASI_DAN_PEMBERDAYAAN/CZT7EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Dyatmika, T. (2021). Ilmu Komunikasi (M. S. Bakhri, Syamsul (ed.); 1st ed.). Zahir Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/ILMU_KOMUNIKASI/YmM0EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Ekasari, R. (2023). Metodologi Penelitian (E. Yulianti (ed.); 1st ed.). AE Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian/BUrrEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Fahmi, R. F. (2022). Strategi Komunikasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Digitalisasi Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(1), 63. https://doi.org/10.22373/jp.v5i1.12733

Fiantika F.R et.al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Firmansyah, A. (2020a). Buku Komunikasi Pemasaran. In Tim Qiara Media (Ed.), Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (1st ed., Vol. 6, Issue August). CV. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, A. (2020b). Buku Komunikasi Pemasaran (Vol. 6).

Haryani et.al. (2024). BISNIS DIGITAL. CV AZKA PUSTAKA. https://www.google.co.id/books/edition/BISNIS_DIGITAL/0wvxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Hasan, A. F., Sarwani, S., & Ramadhani, M. M. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI RADIO dBs 101,9 FM BANJARMASIN DALAM MENARIK PARTISIPASI PENDENGAR PADA PROGRAM REQUEST LAGU. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.31602/jm.v4i1.4939

Herlina et.al. (2023). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI (Abdul Khakim (ed.)). CV Basya Media Utama. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=VdbMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA13&dq=Herlina,+S.,+Boer,+R.+F.,+Fasadena,+N.+S.,+Sos,+M.,+Kede,+A.,+Kahfi,+M.+A.+M.,+...+%26+Deryansyah,+A.+D.+(2023).+PENGANTAR+ILMU+KOMUNIKASI.+Basya+Media+Utama.&ots=dlpAVHYSHR&sig=

Irwan, I., Perdana, F. W., Latuheru, P. M., Khairani, M., & Kartini, S. (2021). Pemikiran Tokoh Pakar Hukum Lima Paradigma. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(12), 2166–2178. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i12.497

Iskandar, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. 242. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_KUALITATIF/hHeDEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Kriyantono, R. (2022). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif: Edisi Kedua. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=yrkFEQAAQBAJ&dq=teknik+pengumpulan+data+kriyantono&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Lestari et al. (2022). PLATFORM DIGITAL TATA KELOLA SUMBER DAYA YANG TERINTEGRASI UNTUK PENINGKATAN KINERJA DAN DAYA SAING USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=fOymEAAAQBAJ&dq=Lestari,+D.+P.,+Indarti,+D.,+%26+Setiawan,+D.+E.+PLATFORM+DIGITAL+TATA+KELOLA+SUMBER+DAYA+YANG+TERINTEGRASI+UNTUK+PENINGKATAN+KINERJA+DAN+DAYA+SAING+USAHA+MIKRO,+KECIL,+DAN+MENENGAH.+uwais+indie publishe

Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902

Marentek et al. (2020). Komunikasi Pemasaran (1st ed.). POLIMDO PRESS. https://repository.polimdo.ac.id/2142/1/Komunikasi Pemasaran-1.pdf

Naini S et.al. (2021). Tren Kewirausahaaan 4.0. Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=s8dLEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Nelly Astuti. (2022). BRANDING PRODUK IKM (T. Q. Media (ed.); 1st ed.). Penerbit Qiara Media. https://www.google.co.id/books/edition/BRANDING_PRODUK_IKM/VztwEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Nufian S Febriani, W. W. A. D. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press, 2020. https://books.google.co.id/books?id=MtqFDwAAQBAJ&dq=tujuan+komunikasi+pemasaran+yang+dirangkum+oleh+Kotler+dan+keller+dalam+(Febriani&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi Branding Bandung Giri Gahana Golf Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 159.

Putri, A. V., & Ali, D. S. F. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Coffee Shop Kopi Tuli. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 95–108. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1438

Rachmawati, F. (2023). Strategi Humas Pemerintah Dalam Pengelolalan Managemen Isu Di Era Post Truth. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 114–127. https://doi.org/10.21009/communicology.031.08

Rahmayanti, N. P. (2023). Pengaruh Marketplace dan Pembayaran Digital Terhadap Tingkat Penjualan UMKM Di Kota Banjarmasin. Al-KALAM : JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 10(1), 28. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v10i1.9095

Ratna Ekasari, S. E. (2023) Metodologi Penelitian. N.p., AE Publishing, 2023.

Siti Silviah, Widya Hanifah Lutfianti, & Ricky Firmansyah. (2022). Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Online Pada E-Marketplace Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 7(6), 669–679.

Sodiq, I., Huda, H., & Ikawati, N. F. A. (2021). Peran Santri Terhadap Kemajuan Filsafat Pendidikan Islam. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 137–146. https://doi.org/10.32528/tarlim.v3i2.3987

Soraya Firdausy, Ibnul Qayyim, N. (2023). Strategi Komunikasi Digital Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Yusmanizar (ed.); 1st ed.). TOHAR MEDIA. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Komunikasi_Digital_Balai_Pelest/iy_PEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Sudrajat, A. R. (2021). Perilaku Organisasi Sebagai Suatu Konsep & Analisis (Sahban (ed.); 1st ed.). Nilacakra. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0ENQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Sudrajat,+A.+R.+(2021).+Perilaku+Organisasi+Sebagai+Suatu+Konsep+%26+Analisis.+Nilacakra.&ots=37eQbGMtb1&sig=UmbhV88zefY7HhCsLS0yUSV8Y2w&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Suhartawan et.al. (2024). METODOLOGI PENELITIAN (P. T. Cahyono (ed.); 1st ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=G8_5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA75&dq=Suhartawan,+B.,+MT,+M.,+Nurmaningtyas,+A.+R.,+Deni,+H.+A.,+MM,+C.,+Santje+Magdalena&ots=3BX0LlOJxI&sig=AuUei4FlIZ7isvibfsdasEeSKKk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Suryani T, Nurhadi M, F. A. . (2020). E-MARKETING BAGI UKM: STRATEGI PERIKLANAN, WEBSITE & MEDIA SOSIAL (Abdul Rofiq (ed.)). CV Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=JgAXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Suryani,+T.,+MM,+P.,+Nurhadi,+M.,+Fauzi,+A.+A.,+%26+SS,+M.+(2020).+E-marketing+bagi+ukm:+strategi+periklanan,+website+%26+media+sosial.+Jakad+Media Publishing.Haryani,+D.+S.,+ST,+

Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60

Syahputra D.Y. (2021). Konsep Strategi Pemasaran Marketplace Sebagai Penerapan 4.0. 2. https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/164/342

Syubhan Akib, Titiek Mulyaningsih, S. (2023). Tim Penulis : Syubhan Akib , Titiek Mulyaningsih , Suhadarliyah , Siti Yulianah M . Yusuf , Dina Purnama Sari , Umbilin Purwaningsiwi , Dahlia Amelia , Vitradesie Noekent , Ipah Masripah , Mu ’ ah , Setya Ambar Pertiwi , Arif Al Ghazy .

Zamzami, W. S. (2021). StrategiKomunikasiOrganisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.