Strategi Komunikasi FAKTA Indonesia Dalam Kampanye Aksi Dukung Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK)

research
  • 18 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi FAKTA Indonesia Dalam Kampanye Aksi Dukung Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK)

Pengenaan cukai pada minuman berpemanis dalam kemasan dilandasi oleh terjadinya kenaikan tingkat obesitas di Indonesia. Minuman Berpemanis Dalam Kemasan atau disingkat MBDK, merupakan minuman olahan yang dikemas dalam bentuk kemasan yang umumnya mengandung tambahan pemanis buatan. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis Strategi Komunikasi FAKTA Indonesia dalam Kampanye Aksi Dukung Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK). Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi Hafied Cangara sebagai landasan, yang mencakup lima tahapan: penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Metodologi yang diterapkan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, memungkinkan peneliti untuk menggali informasi mendalam melalui wawancara. Hasil riset menunjukkan bahwa FAKTA Indonesia telah mengimplementasikan strategi komunikasi kampanye secara efektif. Analisis berdasarkan teori Cangara mengungkapkan bahwa kelima tahapan strategi komunikasi telah dijalankan dengan baik oleh FAKTA Indonesia. Langkah yang diambil dalam merumuskan strategi komunikasi untuk Kampanye Aksi Dukung Cukai MBDK dinilai tepat. Signifikansi strategi ini terletak pada urgensinya dalam mencapai dua tujuan utama: pertama, mengedukasi masyarakat tentang bahaya konsumsi berlebih MBDK, kedua, mendorong penerapan kebijakan cukai pada produk MBDK. Melalui pendekatan strategi ini, FAKTA Indonesia berhasil menyampaikan pesan kampanye dengan efektif, meningkatkan kesadaran publik, dan potensial mempengaruhi kebijakan terkait. Keberhasilan ini menegaskan pentingnya strategi komunikasi yang terstruktur dalam kampanye kesehatan publik dan advokasi kebijakan.

Unduhan

  • COVER 1.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 25x | Ukuran 62 KB

 

REFERENSI

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Ahda, M. H., & Rozi, F. (2022). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Dalam Pengembangan Objek Wisata Ompang Sungai Sonsang. Journal Of Communication And Society, 1(1).
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif. Palangka Raya International And National Conference On Islamic Studies, 1(1).
Akbar, A., & Khalid, I. (2021). Strategi Komunikasi Pemenangan Taslim Dalam Pilkades Desa Sungai Landak 2019. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 11(1).
Andika, J., Aravik, H., & Saprida. (2021). Strategi Komunikasi Bpr Sumsel Dalam Mempromosikan Produk Tabungan Sipintar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 1(2).
Apriadi, Dwijatenaya, I. B. M. A., & Musmuliadi. (2022). Strategi Lembaga Swadaya Masyarakat Anti Korupsi Dalam Menunjang Good Governance Di Kutai Kartanegara.Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (Jimap), 1(2), 76–84.
Arifin, B., & Setiawati. (2021). Gambaran Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).
Asmira, M., Piza, M. H. D., Febriansyah, R., & Haryati. (2023). Penerapan Strategi Komunikasi Organisasi Di Lembaga Bidang Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4).
Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama Ri. Jurnal Ilmu Komunikasi, Xxvii(3), 267.
Asriwati. (2021). Strategi Komunikasi Yang Efektif: Communication For Behavioral Impact (Combi) Dalam Pengendalian Demam Berdarah Dengue. Syiah Kuala University Press.
Ats-Tsauri, M. S., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Menentukan Kebijakan Pembelajaran Era Covid 19: Studi Kasus Kepala Madrasah Ibtidaiyah Nw Pondok Gedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2).
Aurellia, M., Wahyudi, A. T., & Yulianto, Y. H. (2022). Perancangan Kampanye Sosial Melalui Media Instagram Terkait Edukasi Diet Ketogenik Untuk Generasi Muda. Jurnal Dkv Adiwarna.

Boediningsi, W., & Rusmaya, E. (2021). Peran Lembaga Swadaya Masyarakat (Lsm) Dalam Masyarakat Sosial. Journal Transformation Of Mandalika, 2(2), 282–291.
Buana, A. W., Azizah, N., Pratami, R., & Margaretha, L. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Waroeng Ss Dalam Meningkatkan Brand Awareness Konsumen Melalui Instagram. Jurnal Riset Komunikasi.
Candrasari, S., & Naning, S. (2019). Strategi Komunikasi Persuasif Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dalam Penyuluhan Penyakit Kaki Gajah. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi.
Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran Dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2).
Dewanto, Y. (2020). Perancangan Poster Kampanye Memasyarakatkan Bahan Bakar Gas Sebagai Bahan Bakar Ramah Lingkungan. Jurnal Magenta, Stmk Trisakti, 4(2).
Dewi, W. W. A., & Syauki, W. R. (2022). Pesan Kampanye Non-Goverment Organization Terhadap Permasalahan Sampah Plastik. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2).
Fadhli, M. N. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Di Mis Azzaky Medan. Journal Ability: Journal Of Education And Social Analysis, 2(2).
Fariastuti, I., & Pasaribu, M. (2020). Kampanye Public Relations #Medialawancovid19 Di Media Massa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2).
Handayani, L. T. (2023). Tahapan Strategi Komunikasi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Dalam Mempromosikan Aplikasi Ijateng. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Harahap, W. R. (2021). Penerapan Strategi Promosi Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(1).
Hermanto, L., Rosadi, A., & Muhsinin. (2019). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dalam Pelestarian Dan Pengembangan Kebudayaan Lokal Di Kota Bima. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 6(2).
Hidayat, A. (2019). Dakwah Pada Masyarakat Pedesaan Dalam Bingkai Psikologi Dan Strategi Dakwah. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 01.
Hidayat, R., Saputra, A., & Muji, A. (2024). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Organisasi. Merdeka Indonesia Jurnal Internasional, 4(1).