Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Komunikasi Interpersonal Anak (Survei Pada orang tua di Tanjung Sanyang Rt.006 Rw.008) . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu Regresi Linear Sederhana dengan uji-t. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 80 responden dengan penentuan sampel menggunakan Teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki pengaruh signifikan terhadap komunikasi interpersonal anak, dengan pengaruh sebesar 43%. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini valid dan dapat diandalkan. Uji korelasi Pearson mengungkapkan adanya korelasi kuat antara penggunaan gadget (X) dan komunikasi interpersonal anak (Y), dengan hubungan negatif. Artinya, semakin tinggi penggunaan gadget, semakin rendah kemampuan komunikasi interpersonal anak. Hal ini diperkuat oleh uji regresi, yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan penggunaan gadget sebesar 1% akan menurunkan kemampuan komunikasi interpersonal sebesar 1,284. Meski demikian, terdapat 57% faktor lain di luar penelitian ini yang juga mempengaruhi komunikasi interpersonal anak.
Alawiyah, D., Mulkiyan, M., & Muh.Erwin. (2022). Problematika Dan Pendampingan Anak Yang Mengalami Gangguan Gadget. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 8(1), 36-53.
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337– 342.
Chudri, A. L., & Zulminiati. (2023). Pengaruh Video Animasi Powtoon Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di aman Kanak-Kanak Aisyiyah 27 Bungo Pasang Padang. Journal Of Early Childhood Islamic Education, Vol.6, No.2.
Dekanawati, V., Ningrum, A., Setiyantara, Y., Subekti, J., & Kirana,F.A. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Diklat Kepabeanan Terhadap Kepuasan Peserta Pelatihan. Jurnal Saintek Maritim, Vol.23, No.2.
Fatmawati., & Lubis, S.A. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Manajerial Pada Pedagang Pakaian Pasar Pusat Pasar Kota Medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, Vol.1. No.1.
Feriyanto, F., & Pakiding, N. Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja Di Gereja Toraja Jemaat Tombang Makale Selatan. Masokan Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 40– 55.
Janna. N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss.
Mahardika, I., & Komarudin. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Tirtayasa, Vol.03, No.3.
Manurung, Christina. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PUBLIK PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA MEDAN DALAM PENYEBARAN INFORMASI DI INSTAGRAM. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.
Rahmantika. S., & Yuliana, V. Y. (2024). Pengaruh Kualitas Persahabatan Dengan Student Well Being Pada Mahasiswa Di Universitas Xxx Kota Bekasi. Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, Vol.4, No.2.
Sa’diyah, H. (2020). Program Pembatasan Penggunaan Smartphone Pada Anak (Studi Kasus Di Rw 18 Leles, Condongcatur, Kabupaten Sleman). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan, Vol.21, No.2.
Tangkeallo. D. I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Malea Energy Di Makale Selatan Kabupaten Tana Toraja. 5(5).
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/24/pelajar-lebih-senang-pakai-internet-untuk-akses-konten-hiburan#:~:text=Hasil%20Survei%20Sosial%20Ekonomi%20Nasional,%2C46%25%20pada%20Maret%202023. (Unduh, 1 April 2024).