Komunikasi merupakan sebuah interaksi penyampaian sebuah pesan untuk saling memahami satu dengan lainnya. Film bisa menjadi sebuah media dari sebuah komunikasi. Film dibuat tidak hanya untuk sebagai hiburan saja melainkan juga sebagai media komunikasi untuk menyampaikan sebuah pesan. Film pendek “Ora Elok” merupakan film pendek fiksi dengan genre horor yang berdurasi 10 menit yang mengangkat tema pamali. Film pendek “Ora Elok” mengisahkan seorang laki-laki yang tidak percaya akan pamali, sehingga ia melakukan beberapa kegiatan yang dianggap pamali dan ia mendapatkan kejadian buruk karena melanggar pamali. Film ini tidak hanya sebagai hiburan saja melainkan juga memiliki pesan berupa informasi mengenai hal yang dianggap pamali dan ajakan untuk selalu menghormati sebuah larangan yang sudah ada secara turun temurun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran seorang penulis naskah dalam pembuatan film dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Dan peran seorang penulis naskah untuk memasukan unsur dramaturgi guna menunjang film supaya semakin menarik dan bisa mengajak penonton merasakan emosi yang ada di film pendek “Ora Elok”.
Andreansyah, R., Purnomo, A. M., & Setiawan, K. (2024). Penerapan Komunikasi Non Verbal di Yayasan Penyandang Disabilitas. Karimah Tauhid, 3(1), 726–738. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11514
Elvaretta, V., & Ahmad, A. (2021). Perancangan Film Pendek yang Berjudul “Ask Myself.” Sense: Journal of Film and Television Studies, 4(2), 202–221.
Helmayuni., Haryanto, T., Marlida, S., Boer, R. F., Saktisyahputra., Abdullah, A. R., Prayogi, I. A., Rosman, A., Abidin, N, & Sunata, I., 2022. PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI. Malang:CV.Literasi Nusantara Abadi
Hidayah, S. M., & Riauan, M. A. I. (2022). Analisis Framing Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Di Media Cnn Indonesia. 6(June 2021), 167–184
Indah,Susanti, 2021. SEPUTAR NASKAH TELEVISI, PENGETAHUAN DASAR UNTUK PEMULA. Sleman: DEEPUBLISH
Javalandasta, Panca. 2021. 5 Hari Mahir Bikin Film. Batik Publisher.
Melinda, V. (2023). ANALISIS RESEPSI PENONTON TAYANGAN DRAMA SERIAL THAILAND GENRE BOY’S LOVE MENGENAI HOMOSEKSUAL. Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 146–159. https://doi.org/10.24167/jkm.v3i2.10286
Munanjar, Azwar., Gogali, Venessa Agusta., Utomo, Ichan widi. 2019. Menulis Naskah Drama dan Non Drama. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Muslimin, N, 2018, BIKIN FILM YUK!. Yogyakarta:Araska
Nur, E. (2021). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENGHADAPI SERBUAN MEDIA ONLINE. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1). https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/4198
Nurgiansah, T. H. (2021). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BANTUL. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Purnamasari, M., & Thoriq, A. M. (2021). Peran Media Dalam Pengembangan Dakwah Islam. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.52593/mtq.02.2.01
Putra, Ricky W & Thabatha'i s, 2022. PENGANTAR DASAR PERENCANAAN DAN PEMBUATAN FILM ANIMASI. Yogyakarta:ANDI (Anggota IKAPI)
Reynata, A. V. E. (2022). PENERAPAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI MASSA. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02). https://doi.org/10.47007/jkomu.v19i02.514
Vera, Nawiroh. (2023). SEMIOTIKA DALAM RISET KOMUNIKASI. Depok:PT RAJAGRAFINDO PERSADA