Saat ini Media Sosial Instagram berperan penting sebagai platform media sosial telah menjadi sarana komunikasi pemasaran bagi perusahan-perusahaan. Khususnya usaha coffe shop seperti Kopilikasi, Penelitian berjudul “Peran Media Sosial Instagram Terhadap penjualan produk minuman di Kafe Kopilikasi Pangeran jayakarta Bekasi” memiliki tujuan penelitian yaitu mengetahui apakah media sosial berperan penting dalam kegiatan pemasaran dikafe kopilikasi dan mengetahui konten yang menarik audiens di media sosial Instagram. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskrptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Landasan teori utama dalam penelitian ini adalah Teori New Media . Adapun hasil dari penelitian ini adalah Instagram berperan penting terhadap penjualan di Kafe Kopilikasi. Kopilikasi menarik minat beli konsumen dengan membuat konten-konten di Instagram nya. Konten tersebut digunakan sebagai alat promosi yang berisi informasi tentang Kafe Kopilikasi. Kopilikasi mempunyai ciri khas dalam kontennya yaitu membuat konten dengan gaya sinematik. Berdasarkan Analisa peneliti menarik Kesimpulan yaitu konten yang menarik minat beli konsumen Kopilikasi yaitu konten dengan objek konsumen Kopilikasi karena terbukti berhasil meningkatkan perhatian dan ketertarikan dari audiens di Instagram. Saat ini Instagram berperan penting dlam proses promosi dna penjualan Kafe Kopilikasi dan berhasil menarik meningkatkan penjualan dan konten yang dibuat berhasil menarik perhatian audiens nya diinstagram.
FULL TEXT
Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Al Faruqi, F. A., Faaroek, S. A., Tambunan, R. M., & Heriyanti. (2024). Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Kopilikasi dalam Menari Minat Beli Konsumen. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1), 229–251. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v2i1.2567
Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Retrieved July 9, 2024, from databoks.katadata.co.id website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8920–8928. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2400
Bogdan, R., DeVault, M. L., & Taylor, S. J. (2016). Introduction to Qualitative Research Methods: A Guidebook and Resource (4th ed.). New Jersey: John Wiley & Son.
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi (1st ed.). Depok: Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Singapore: SAGE Publications.
Effendi, S., & Singarimbun, M. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek (1st ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fahresi, M. (2018). Penggunaan Instagram dalam Mempromosikan Cafe Cinnamon Sultan Alauddin Makassar (UIN Alauddin Makassar). UIN Alauddin Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/14147
Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lasswell, H. D. (1948). The Structure and Function of Communication in Society. In L. Bryson (Ed.), The Communication of Ideas (pp. 37–51). New York: Harper and Row.
Mangngi, D. M., Silvana Mandaru, & Pietriani. (2024). Strategi Komunikasi Paradox Coffe Roastery dalam Membangun Brand Image Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(2), 64–82. https://doi.org/10.59408/jnk.v2i2.34
Meilinda, N. (2018). SOCIAL MEDIA ON CAMPUS: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society & Media, 2(1), 53. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n1.p53-64
Monique. (2018). Analisis Faktor Penggerak Customer Emotion, Customer Satisfaction dan Implikasinya Terhadap Behavioral Intention Telaah pada The Bunker Cafe Serpong (Universitas Multimedia Nusantara). Universitas Multimedia Nusantara. Retrieved from https://kc.umn.ac.id/id/eprint/6441
Mufiddah, A. (2019). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Owner Online Shop By_kk) (IAIN Ponorogo). IAIN Ponorogo. Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8539
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (21st ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurrizka, A. F. (2016). Peran Media Sosial di Era Globalisasi pada Remaja di Surakarta (Suatu Kajian Teoretis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial). Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1). https://doi.org/10.20961/jas.v5i1.18198
Rahmawati, D. (2016). Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @FreezyBrowniezz) (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20145
Rizky, N., & Dewi Setiawati, S. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177–190. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.177-190
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiyati, & Nafi’ah, Y. (2019). Akuntansi Keuangan SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Utari, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @Princessyahrini Terhadap Gaya Hidup Hedonis Para Followersnya. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 4(2), 1–22.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D) (1st ed.). Jakarta: Bumi
Aksara.