PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR IMIGRASI KELAS I NON TPI TANGERANG

research
  • 18 Oct
  • 2024

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR IMIGRASI KELAS I NON TPI TANGERANG

Heberlinus Bago (64200202), Pengaruh Kepuasan Kerja dan Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Imigrasib Kelas I Non TPI Tangerang.

Kantor Non TPI tetap memiliki peran penting dalam pengelolaan keimigrasian, seperti pengurusan dokumen perjalanan, izin tinggal, dan tugas-tugas administratif lainnya yang berkaitan dengan keimigrasian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan knowledge sharing terhadap kinerja pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai kantor imigrasi kelas I non TPI Tangerang sebanyak 30 pegawai. Adapun teknik pengambilan sampel teknik sampling jenuh, dimana semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode observasi dan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji instrument, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan penggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai kantor imigrasi kelas I non TPI Tangerang, knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai kantor imigrasi kelas I non TPI Tangerang, serta kepuasan kerja dan knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai kantor imigrasi kelas I non TPI Tangerang. 

 

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Knowledge Sharing, Kinerja Pegawai

 

 

Heberlinus Bago (64200202), The Effect of Job Satisfaction and Knowledge Sharing on the Performance of Class I Non TPI Tangerang Immigration Office Employees

 

Non-TPI offices still have an important role in immigration management, such as processing travel documents, residence permits, and other administrative tasks related to immigration. The aim of this research is to determine the effect of job satisfaction and knowledge sharing on the performance of Class I Non TPI Tangerang Immigration Office employees. The population in this study was 30 non- TPI Tangerang class I immigration office employees. The sampling technique is a saturated sampling technique, where all the population in this study is sampled. The approach method in this research uses quantitative methods with observation and questionnaire methods. The data analysis techniques used are instrument testing, descriptive analysis, classical assumption testing, multiple linear regression analysis, coefficient of determination testing, and hypothesis testing using SPSS 25. The results of this study show that job satisfaction has a positive and significant effect on the performance of class immigration office employees. I non TPI Tangerang, knowledge sharing has a positive and significant effect on the performance of class I non TPI Tangerang immigration office employees, and job satisfaction and knowledge sharing have a positive and significant effect on the performance of class I non TPI Tangerang immigration office employees

 

Keywords: Job Satisfaction, Knowledge Sharing, Employee Performance

Unduhan

 

REFERENSI

Al-Amin, A., & Utami, E. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Servant Leadership terhadap Kinerja Pegawai pada Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun …. Borneo Student Research (BSR), 2(2), 1380–1387. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/1918/845

Badriyah, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Pustaka Setia. Budiono, Muryati, & Mas, N. (2024). Model Peningkatan Kinerja Guru melalui

Knowledge Sharing dan Kompetensi yang dimediasi Kreativitas (Studi pada

Guru SMKN Wonosari, Kabupaten Malang). Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(4), 413–446.

Damanik, M. (2021). Artikel Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Remunerasi Terhadap Budaya Kerja Dan Peningkatan Kinerja Pegawai Di Lingkungandirektorat Jenderal Pajak Kpp Pratama Pematang Siantar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 194–212. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.441

Dessler, G. (2017). Manajemen Personalia. erlangga.

Dewa, R. D., & Fifaldyovan, M. I. (2023). Kepuasan Kerja dalam Memediasi Hubungan Knowledge Sharing dengan Kinerja Dosen di Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah. MUARA : Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 6(2), 37–41.

Fahmi, R., Wibowo, E., & Syukri, A. M. (2021). Pengaruh Disiplin dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil dengan Work From Home (WFH). Syntax Idea, 3(9), 6.

Ghozali. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.

Undip.

Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Sumber Daya Manusia. CAPS.

Hasibuan, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). PT. Bumi Aksara.

Imamoglu, S. Z., Ince, H., Turkcan, H., & Atakay, B. (2019). The Effect of Organizational Justice and Organizational Commitment on Knowledge Sharing and Firm Performance. Procedia Computer Science, 158, 899–906. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.129

Kaswan. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis. Andi.

Khaerana, K., & Mangiwa, B. (2021). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT PLN (Persero). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(2), 163–171. https://doi.org/10.35906/jurman.v7i2.919

Mangkunegara, A. P. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Instansi. PT Remaja Rosdakarya.

Muizu, W. O. Z., Titisari, A., & Sule, E. T. (2018). Peran Knowlege Sharing Terhadap Kinerja Pegawai Perusahaan Telekomunikasi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 397–406. https://doi.org/10.31842/jurnal-

 

inobis.v1i3.45

Nadiroh, L. K. A., & Rijanti, T. (2022). Effect Of Quality Of Work Life, Work Competency And Knowledge Sharing On Employee Performance. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2190–2199. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Nitisemito, A. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia. Paparang, N. C. P., Areros, W. A., & Tatimu, V. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja

Terhadap Kinerja Pegawai Kantor PT. Post Indonesia di Manado. Productivity, 2(2), 119–123.

Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 213–223.

Rivai, V., & Basri. (2020). Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Grasindo.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.

Rosanda, T. M., Irwan, A., & Paramitha, A. N. (2023). Pengaruh Knowledge Sharing dan Work-Life Balance terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Applied Management and Business Research, 3(3), 229–239.

Roses, A., Putra, R. B., Yudha, A. M., & Fitri, H. (2024). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Aceng Bakery. Inovasi Dan Kreativitas DalamEkonomi, 7(3), 29–39.

Saeed, M. S. (2016). The Impact of Job Satisfaction and Knowledge Sharing on Employee Performance. Journal of Resources Development and Management, 21, 16–23.

Sapar, J. F. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 101–107. https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i2.350

Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV Mandar Maju.

Setiaputri, A. R., & Ferdian, A. R. Y. (2020). Pengaruh Motivasi dan Knowledge Sharing terhadap Kinerja Karyawan pada PT Telkom Prima Citra Certifia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 4(2), 124–130.

Setiyadi, B., & Febrianto, F. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Jambi.                    Civil                    Service,                    14(1),                    17–29. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/view/241

Siamita, N., & Ismail, I. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Study Pada Karyawan UD Indah Collection). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(2), 178–183. https://doi.org/10.21107/jkim.v1i2.11599

Sonmez Cakir, F., & Adiguzel, Z. (2020). Analysis of Leader Effectiveness in

 

Organization and Knowledge Sharing Behavior on Employees and Organization.

SAGE Open, 10(1). https://doi.org/10.1177/2158244020914634

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Pustaka Baru Press.

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenada Media Group.

Swanson, E., Kim, S., Lee, S. M., Yang, J. J., & Lee, Y. K. (2020). The effect of leader competencies on knowledge sharing and job performance: Social capital theory. Journal of Hospitality and Tourism Management, 42(November 2019), 88–96. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2019.11.004

Wibowo, M. K., & Priyono, B. S. (2022). Pengaruh Quality of Work Life Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Dimediasi Kepuasan Kerja. Ekonomika, 6(2), 237–249. http://journal.lldikti9.id/Ekonomika

Widayati, C. C., Magito, Soihin, A., & Triana, R. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Perspektif Manajerial               Dan               Kewirausahaan,               1(1),               15–25. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1673

Wirawan. (2018). Konflik dan Manajemen Konflik (Teori, Aplikasi, dan Penelitian).

Salemba Humanika.

Yuniarti, M., Mursidi, M., & Arifiani, R. S. (2023). The Effect of Work Motivation and Knowledge Sharing on Employee Performance with Job Satisfaction as a Mediating Variable. Jamanika (Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan), 3(02), 98–110. https://doi.org/10.22219/jamanika.v3i02.27364