PENERAPAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK PENJUALAN PRODUK TERLARIS PADA UMKM HEPIOGIO DI KECAMATAN CISAUK

research
  • 18 Oct
  • 2024

PENERAPAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK PENJUALAN PRODUK TERLARIS PADA UMKM HEPIOGIO DI KECAMATAN CISAUK

Dunia industri UMKM saat ini sedang mengalami perkembangan pesat, termasuk kemajuan lingkungan usaha. Banyak orang yang mulai membuka usaha sendiri atau berwirausaha, yang berdampak positif bagi Masyarakat. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sudah lama menjadi pilar utama perekonomian di banyak negara, termasuk Indonesia. UMKM memainkan peran krusial dalam menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Usaha UMKM Hepiogio yang berada di Tangerang saat ini sudah cukup popular. Dengan meningkatkan nilai tambah produk pada UMKM Hepiogio ini dapat memberikan peluang ekonomi yang baik, usaha ini dapat menciptakan peluang kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat Pada usaha Hepiogio terdapat permasalahan terkait produk yang tidak tersedia atau stok habis sehingga produksi penyajian tertunda cukup lama dan akan dilakukan ketika stok sudah tersedia.Pada pengujian ini, data penjualan akan digunakan sebagai dataset uji. Dalam penelitian ini, percobaan akan dilakukan menggunakan metode Algoritma naïve bayes dengan perangkat lunak Rapidminer. Pengujian ini dilakukan menggunakan 491 record data. Berdasarkan hasil evaluasi model, dapat disimpulkan bahwa model ini menggunakan perbandingan 70% data sebagai data training dengan 334 data dan 30% sebagai data testing dengan data 147 data memiliki performa yang sangat baik dengan Accuracy sebesar 97,28%.

Unduhan

 

  • Cover Skripsi.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 17x | Ukuran 22,151

REFERENSI

Abisono Punkastyo, D., Septian, F., & Syaripudin, A. (2024). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Untuk Prediksi Kelulusan Siswa. In Journal of System and Computer Engineering (JSCE) ISSN (Vol. 5, Issue 1).

Afiffuddin, M., & Widyaningrum, D. (2022). Analisis Kepuasaan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual dan CSI Pada UD.ARSHAINDO. Sigma Teknika, Vol. 5 No.2.

Alvin, J. (2024). PENERAPAN DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PRODUK TERLARIS PADA BENGKEL ALDO MOTOR MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES SKRIPSI.

Darmawan, D., Sudrajat, I., Kahfi, M., Maulana, Z., Febriyanto, B., Pendidikan, J., Sekolah, L., Pendidikan, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 71–88. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.30883

Elisa, E., Tukino, T., & Handoko, K. (2022). PENERAPAN FORECASTING METHODS UNTUK PENJUALAN PRODUK UMKM DENGAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 5(2), 455. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i2.629

Enny, I., Indah, N., & Bramstyo, K. (2020). Implementasi Harga, Kualitas Pelayanan dan Pembelian Berulang Pada Penjualan Produk Gamis AFIFATHIN.

Harahap, F., Fahrozi, W., Adawiyah, R., Siregar, E. T., Yugo, A., & Harahap, N. (n.d.). Implementasi Data Mining dalam Memprediksi Produk AC Terlaris untuk Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Naive Bayes. 16(1), 2023.

Harto, B., Marliana, M., Pramuditha, P., & Sumarni, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital, Digital Marketing, dalam Mendorong Sustainability Competitive Bisnis UMKM Kue SuguhWangi di Desa Melatiwangi Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Jurnal IKRARITH-ABDIMAS, Vol. 8, No. 1. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i1

Huriah, D. A., & Nuris, N. D. (2023). KLASIFIKASI PENERIMA BANTUAN SOSIAL UMKM MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 1).

Kurniawan, I., Lia Hananto, A., Shofia Hilabi, S., Hananto, A., Priyatna, B., Yuniar Rahman, A., Studi Sistem Informasi, P., Ilmu Komputer, F., & Buana Perjuangan, U. (2023a). Perbandingan Algoritma Naive Bayes Dan SVM Dalam Sentimen Analisis Marketplace Pada Twitter. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(1). http://jurnal.mdp.ac.id

Kurniawan, I., Lia Hananto, A., Shofia Hilabi, S., Hananto, A., Priyatna, B., Yuniar Rahman, A., Studi Sistem Informasi, P., Ilmu Komputer, F., & Buana Perjuangan, U. (2023b). Perbandingan Algoritma Naive Bayes Dan SVM Dalam Sentimen Analisis Marketplace Pada Twitter. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(1). http://jurnal.mdp.ac.id

Nugroho, W. E., Sofyan, A., & Somantri, O. (2021). Metode Naive Bayes Dalam Menentukan Program Studi Bagi Calon Mahasiswa Baru. Infotekmesin, 12(1), 59–64. https://doi.org/10.35970/infotekmesin.v12i1.491

Rahmatullah, S., Nindy Pramitha, M., Komputer, T., Informasi, S., Dian Cipta Cendikia Kotabumi, S., Nomor, J., & Kotabumi Lampung Utara, C. (n.d.). DATA MINING UNTUK MENENTUKAN PRODUK TERLARIS MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. In Jurnal Informasi Dan Komputer (Vol. 7, Issue Thn).

Ratna Sari, Y., Sudewa, A., Ayu Lestari, D., & Ika Jaya, T. (2020). PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CLUSTERING DATA KEMISKINAN PROVINSI BANTEN MENGGUNAKAN RAPIDMINER (Vol. 5, Issue 2).

Razak, I. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. 7(2).

Roesnilam Syafitri, E., Nuryono, W., & Bimbingan dan Konseling, Mp. (n.d.). STUDI KEPUSTAKAAN TEORI KONSELING “DIALECTICAL BEHAVIOR THERAPY.”

Setyowati, D. (2019). PELATIHAN MEMBUAT GRAFIK DALAM MICROSOFT EXCEL. UNTUK PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA. In Edisi Oktober (Vol. 2, Issue 2).

Shinta, R., Fairul, P., & Saputri, G. (2023). PENERAPAN DATA MINING UNTUK PREDIKSI PENJUALAN CAT MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES (STUDI KASUS: MITRA 10 GADING SERPONG). https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic

Vinatra, S., Bisnis, A., Veteran, U., & Timur, J. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–08. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v1i1.832

Wicaksana, W. (2020). PENTINGNYA KEPUASAN PELANGGAN PADA SUATU BISNIS. 1(1). https://doi.org/10.38035/JMPIS