Pola Komunikasi OrangTua Dalam Mengurangi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus: Desa Rawa Bacang, Bekasi)

research
  • 18 Oct
  • 2024

Pola Komunikasi OrangTua Dalam Mengurangi Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus: Desa Rawa Bacang, Bekasi)

Komunikasi adalah proses dimana penyampaian informasi dengan menggunakan kalimat baik yang berupa pesan,ide dan gagasan oleh seseorang kepada orang lain sebagai penerima pesan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Dalam penerapan Komunikasi yaitu dalam bentuk interaksi antara orangtua dan anak yang berusia dini, melalui komunikasi yang baik, orangtua dapat membantu anak mengembangkan kebiasaan yang lebih sehat dan mengurangi ketergantungan pada gadget.Fokus masalah yang diteliti adalah:1.)Bagaimana pola komunikasi Orangtua dan Anak dalam konteks penggunaan Gadget pada anak usia dini di Desa Rawa Bacang Bekasi? 2.) Apa saja kendala yang dihadapi Orangtua dalam memantau penggunaan Gadget anak sejak dini di Desa Rawa Bacang Bekasi? Teori yang ada didalamnya adalah Teori Teori Interaski Simbolik, teori ini sebagai kunci dalam interaksi Orangtua kepada anaknya. Dalam konteks penelitian ini, teori ini terbagi menjadi tiga aspek utama: makna, bahasa, dan pemikiran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola komunikasi yang menggunakan 5 Pola Komunikasi yang berupa Pola Komunikasi Rantai, Pola Komunikasi Lingkaran, Pola Komunikasi Roda, Pola Komunikasi Y, dan Pola Komunikasi Saluran Total. Penelitian ini menggunakan analisis Kualitatif serta dalam tekhik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustya, S. V., Rahma, H. M., & Natalia, K. (2023). Analisis Interaksi Simbolik pada Konten TikTok @don.Gustavio dalam Memaknai Karakter Generasi 80-an 90-an, dan 2000-an. Scriptura, 13(1), 14–26. https://doi.org/10.9744/scriptura.13.1.14-26

Amalia, M. R. (2019). Pola Komunikasi Orang Tua Dengan AnakPengguna Gadget Aktif DalamPerkembangan Karakter Anak Di Pekanbaru. Perpustakaan Universitas Islam Riau, 1–70.

Dewi Pangkerego, T. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN ANAK PECANDU GADGET DI NYAMPLUNGAN KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.

Fauziah, F., & Ma’sum Aprily, N. (2023). Dampak Gadget pada Anak Usia Dini. Desember, 7(2), 190–193. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Lufianti, A., Fitriani, & Sumiati. (2024). HUBUNGAN PENERAPAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI 2 TODANAN KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. 9(1), 466–477.

Mei Ariani Kusumawati, & Nurul Khotimah. (2023). Stimulasi Perkembangan Karakter dan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Entrepreneurship di TK Adni Islamic School Surabaya. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(4), 13–123. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i4.1289

Parid, M. (2020). Relevansi Komunikasi Pembelajaran dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 442–456. https://doi.org/10.5281/zenodo.3986243

Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 75–81. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59341

Mimin, E. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek. Jurnal Golden Age, 563.

Mimin, E. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek. Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek, 563.

Nur Sri Rahayu1*, E. S. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.5, 203-204.

Pratiwi, W. D. (2024). POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS PARTAI KOMANDO (SPARKO) JAKARTA DALAM

MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA. Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah , 173-174.

Yusnadi1, T. R. (2024). PENGARUH GADGET PADA KARATTER ANAK DI SD. Journal on Education.