Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMK Generasi Madani

research
  • 18 Oct
  • 2024

Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMK Generasi Madani

Motivasi belajar siswa sangat penting untuk mencapai prestasi akademik dan non akademik. Hal itu tidak lepas dari bagaimana guru mampu memotivasi siswa dalam belajar, salah satunya melalui komunikasi interpersonal. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal guru mempengaruhi motivasi belajar siswa SMK Generasi Madani. Teori kompetensi komunikasi milik Spitzberg dan Cupach serta Efektivitas Komunikasi Interpersonal Joseph A. DeVito digunakan untuk menganalisis penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi belajar siswa di SMK Generasi Madani sudah berjalan baik. Hal ini ditunjukkan melalui aspek keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Komunikasi interpersonal yang dilakukan guru juga menumbulkan kedekatan dan keakraban sehingga memotivasi semangat siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini juga menunjukan bahwa teori kompetensi komunikasi yang dilakukan guru terdiri dari tiga komponen yaitu motivasi, pengetahuan dan keahlian. Keahlian guru dalam berkomunikasi terkait kompetensi komunikasi sesuai dengan guru di SMK Generasi Madani.

 

Unduhan

 

  • Cover.pdf

    cover

    •   diunduh 11x | Ukuran 31,477

REFERENSI

Buku

Adiwijaya, S., Harefa, A. T., Isnaini, S., & Raehana, S. (2024). Buku Ajar Motode Penelitian Kualitatif. Sonpedia Publishing Indonesia.

 

Asriadi, A. A., & Sahlan. (2022). Program Evaluasi Penyuluhan Pertanian. CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=m9XMEAAAQBAJ

 

Bakry, U. S. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi Hubungan Internasional. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=V7iEDwAAQBAJ

 

Dailamai. (2023). Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen (Perspektif Surat Pribadi). Deepublish Digital. https://books.google.co.id/books?id=Y1zhEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

 

Elfrianto, & Lesmana, G. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. umsu press. https://books.google.co.id/books?id=43yAEAAAQBAJ

 

Equatora, M. A., & M.Awi, L. (2021). Teknik Pengumpulan Data Klien. Bitread Publishing. https://books.google.co.id/books?id=oS5MEAAAQBAJ

 

Gideon, A., Lestari, N. T., Bano, V. O., & Sari, M. N. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan. pradina pustaka. https://books.google.co.id/books?id=43yAEAAAQBAJ

 

Hasan, S. (2018). Profesi Dan Profesionalisme Guru. uwais inspirasi indonesia. https://books.google.co.id/books?id=gsgyEAAAQBAJ

 

Hermawan, S., & Amirullah. (2016). METODE PENELITIAN BISNIS: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_BISNIS/tHNMEAAAQBAJ?hl=ban&gbpv=1

Khasan, A. (2021). Perbankan Syariah dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Banten: Perspektif MUI Provinsi Banten. Penerbit A-Empat. https://books.google.co.id/books?id=lgJTEAAAQBAJ

 

 

Milyane, T. M., Umiyati, H., PutrI, D., Akib, S., Daud, R. F., Rosemary, R., Athalarik, F. M., & Adiarsi, G. R. (2022). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI. Widina Bhakti Persada Bandung. https://www.google.co.id/books/edition/PENGANTAR_ILMU_KOMUNIKASI/wtudEAAAQBAJ?hl=ban&gbpv=1

 

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=OwPwDwAAQBAJ

 

Nuzuli, A. K. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jejak Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=-XCSEAAAQBAJ

 

Oktarina, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=U8hcDwAAQBAJ

 

Paramitha, D. S., Ariadi, H., Anggreini, Y. D., Chrismilasari, L. A., & Millati, R. (2022). MERAIH MIMPI MERAJUT CITA-CITA, I BECOME A GREAT NURSE. Yayasan Wiyata Bestari Samasta. https://www.google.co.id/books/edition/MERAIH_MIMPI_MERAJUT_CITA_CITA_I_BECOME/byyEEAAAQBAJ?hl=ban&gbpv=1&dq=teori+Komunikasi+kompetensi&pg=PA227&printsec=frontcover

 

Prihati. (2018). Implementasi Kebijakan Promosi Pariwisata dalam Pengembangan Potensi Wisata Daerah. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=_3PYDwAAQBAJ

 

Rahmaniar, A., Syahirah, A. N., T, A. K., Tiara, A., Abimayu, A., Vanchudsi, A., Prameswari, A. D., Safitri, A., Ramadhea, D. M., & Dewana, D. C. (2023). Bunga Rampai Isu-isu Komunikasi Kontemporer 2023. PT Rekacipta Proxy Media. https://books.google.co.id/books?id=nmivEAAAQBAJ

 

Rahmi, S. (2021). Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya Dalam Konseling. Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?id=PqYkEAAAQBAJ

 

Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=0WFHEAAAQBAJ

 

Sajudin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Reward dan Punishment. https://books.google.co.id/books?id=zvy9EAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA23&dq=motivasi+belajar+adalah&hl=ban&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=motivasi belajar adalah&f=false

 

Sholihah, N. A., Abbas, I., Awaru, A. O. T., Djamdjuri, D. S., Santoso, R., Surni, Khoiruddin, Jemakmun, Tasrif, M. J., & Simarmata, B. T. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Selat Media. https://books.google.co.id/books?id=8rTSEAAAQBAJ

 

Soeharso, S. Y. (2023). METODE PENELITIAN BISNIS. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=hm7WEAAAQBAJ

 

Sulistiyo, U. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF. PT Salim Media Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=nJm8EAAAQBAJ

 

Susanti, L. E., Arif, U. Q., & Astuti, S. (2024). Bahasa Inggris : Komunikasi Interpersonal dan Transaksional. Intelektual Manifes Media. https://www.google.co.id/books/edition/BAHASA_INGGRIS_KOMUNIKASI_INTERPERSONAL/JCHuEAAAQBAJ?hl=ban&gbpv=0&kptab=morebyauthor

 

Sylvia, I. L. A., Purwati, & Rukiyem. (2021). GURU HEBAT DI ERA MILENIAL. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=fEwvEAAAQBAJ

 

Tasbita, F. A., Hardi, A. R., Faizah, I. H., Rahmatillah, I., Mahendra, I. W., & Amalia, L. F. (2023). Aksi Komunikasi Dalam Teori dan Praktik. Mahakarya Citra Utama Group. https://books.google.co.id/books?id=ILOtEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA169&dq=Komunikasi+interpersonal+menurut+para+ahli&hl=ban&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=Komunikasi interpersonal menurut para ahli&f=false

 

Taufan. (2016). Sosiologi Hukum Islam: Kajian Empirik Komunitas Sempalan. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=VUkwDwAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PA104&dq=dokumentasi+penelitian&hl=ban&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=dokumentasi penelitian&f=false

 

Wello, M. B., & Novia, L. (2021). Developing Interpersonal Skills (Mengembangkan Keterampilan Antar Pribadi). CV. Beta Aksara. https://books.google.co.id/books?id=3ngYEAAAQBAJ

 

Yusuf, A. (2021). Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius di Pesantren Ngalah Pasuruan - Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=FWIaEAAAQBAJ

 

Jurnal

Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 120. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i2.5168

 

Alanny, K. M., Fuad, N., & Matin. (2024). Peran Supervisi Akademik , Komunikasi Interpersonal , Disiplin Kerja , dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung 2024, 611–618.

 

Budi, Nurhasanah, N., Ramadhani, J., Utami, N. T., & Hasanah, U. (2024). Pentingnya Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. VISA: Journal of Visions and Ideas, 4(1), 201–207.

 

Fadhillah, M., Asbari, M., & Octhaviani, E. M. (2024). Merdeka Belajar : Solusi Revolusi Pendidikan di Indonesia. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(01), 2015–2018.

 

Irdam. (2023). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA PGRI 4 Kota Padang. Psyche 165 J-Ournal, 16(4), 359–364. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i4.317

 

Larasati, M. (2022). KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Journal of Educational and Language Research, 2(5).

 

Mulyana, Y., Kholil, T., Latifah, E. D., & Aulia, H. S. N. (2022). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MDTA Al-Huda Cicalengka. K-JIE, 1(1), 26–34.

 

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 06(01), 5328–5339.

 

Permana, H., & Suhartini, T. (2020). POLA KOMUNIKASI GURU DAN MURID MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KELAS DARING DI KOTA BANDUNG. Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2, 170–182.

 

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 289–302.

 

Skripsi

Syafira, A. H. (2021). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN MURID DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DUA MEI CIPUTAT DI MASA PANDEMI COVID 19.

 

Website

Sibuea, P. (2022). Communication Competence, Kompetensi Penting yang Kerap Dianggap Enteng. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-sumut/baca-artikel/14799/Communication-Competence-Kompetensi-Penting-yang-Kerap-Dianggap-Enteng.html

 

Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li