Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Fasilitas Dan Sikap Karyawan Terhadap Kenyamanan Di Museum Fatahillah.
Metoda yang digunakan adalah asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif, Metoda survei dilakukan dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya. Populasi dalam riset merupakan segala wisatawan Museum Fatahillah pada tahun 2019 hingga dengan tahun 2023 dengan total jumlah totalitas wisatawan mencapai 1.959.451. Sample diambil sebanyak 100 pengunjung pada tahun 2024 yang sedang melakukan kunjungan di Museum Fatahillah. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS Ver. 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Fasilitas terhadap Kenyamanan Wisatawan, terdapat pengaruh yang signifikan antara Sikap Karyawan terhadap Kenyamanan Wisatawan dan terdapat pengaruh yang signifikan antara Fasilitas dan Sikap Karyawan terhadap Kenyamanan Wisatawan.
64200214_DIMAS PRASTIYO_JURNAL
64200214_DIMAS PRASTIYO_BUKTI UPLOAD JURNAL
Al-Bakry, M. H. N. (2023). Analisis Potensi Pariwisata Indonesia Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi: Persepsi Pedagang Lokal Terhadap Dampak Wisatawan Dalam Peningkatan Pendapatan Di Danau Toba. Pringgitan, 4(2), 106. https://doi.org/10.47256/prg.v4i2.254
Anwari, M. (2023). Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Kud Sumber Barokah Kec.Keluang, Kab.Musi Banyuasin. Universitas Tridinanti Palembang.
Badrianto, Y., & Ekhsan, M. (2021). Pengaruh Work-life Balance terhadap Kinerja Karyawan yang di Mediasi Komitmen Organisasi. Jesya, 4(2), 951–962. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.460
Cahyani, N., Safitri, M., & Mahmud. (2024). Pengaruh Media Sosial,Citra Destinasi, Dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Ke Pantai Bandengan Jepara. Jurnal Bisnis Net, 7(1), 132–141.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. CV Budi Utama.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Deepublish.
Herlina, H., & Muliani, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Food and Beverage Department Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Daily Inn Jakarta. Destinesia, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.31334/jd.v1i2.842
Hidayah, N., Dewi, A., & Rakasiwi, G. P. (2022). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Pada Klinik Pratama. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 18196. https://doi.org/10.18196/ppm.43.698
Lumapelemey, I., Papilaya, J., & Rehatta, G. (2024). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kunjungan Wisatawan di Danau Tapala, Desa Hatunuru, Kecamatan Taniwel Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pendidikan Geografi UNPATTI, 3(1), 108–119.
Masjhoer, J. M., Rukmini A.R., & Mokodongan, T. (2024). Menakar Tingkat Kepuasan Wisatawan: Kunci Keberhasilan Pengembangan Amenitas Pantai Slili sebagai Destinasi Wisata Bahari. Jurnal Budaya, Pariwisata, Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 52–64. https://doi.org/10.61476/9jv5v406
Megawati, Tahir, T., Hasan, M., & Dinar, M. (2023). Tourism Development Strategy in Improving the Community Economy at Tanjung Bira Beach, Bonto Bahari District, Bulukumba Regency. Pinisi Journal of Entrepreneurship Review, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.62794/pjer.v1i1.36
Mubarokh, F. (2024). Pengaruh Keterlibatan Kerja, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Rimba, 2(1), 306–320.
Nasution, I., Zulhendry, & Rosanti, R. (2020). Pengaruh Bekerja Dari Rumah (Work From Home) terhadap Kinerja Karyawan BPKP. Jurnal Ilmiah Akuntansi Budgeting, 1(1), 9–14.
Nugraha, R. N., & Virgiawan, F. (2022). Pengembangan Daya Tarik Wisata Di Objek Wisata Telaga Arwana Cibubur. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6445–6454. https://doi.org/10.14341/conf7-8.09.22-98-99
Nurbaeti, N., Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah, A. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456
Nurbaiti, Nursantri Yanti, & Trisnawati. (2022). Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Desa Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Desa Sijabut Teratai Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan). Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 89–102. https://doi.org/10.56874/eksya.v3i1.736
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat.
Pramono, T. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(6), 580–589. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i6.216
Prayogi, O. E. (2020). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung (Studi Pada Wisatawan Pantai Gemah). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(2), 20–38.
Priyanda, R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka Grup.
Putri, R. A., Farida, N., & Dewi, R. S. (2018). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 225–235.
Ratnaningtyas, T. O., Indah, F. P. S., Maelaningsih, F. S., & Kusuma, B. P. (2020). Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kinerja Karyawan Unit Marketing Dan Teknisi Di Perusahaan “X” Tangerang. Prosiding Senantias, 1(1), 943–952.
Riyadi, F. A. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Wisata Edukasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Objek Wisata Pondok Zidane Kota Depok. Universitas Nasional.
Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi,Sampel,Variabel Dalam Penelitian Kedoktera. PT Nasya Expanding Management.
Sihotang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Pusat Penerbitan dan Pencetakan Buku Perguruan Tinggi Universitas Kristen Indonesia Jakarta. UKI Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, P. H. (2023). Readiness of Canggu Village Bali as digital nomad tourism. Jurnal Pariwisata Pesona, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.26905/jpp.v8i1.8296
Taviprawati, E., Prabandari, W. D., & Safirah, J. (2024). Dampak Fasilitas dan Pelayanan Pramuwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Destinasi Kota Tua. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 29(1), 15–27.
Umam, M. K., & Abdurokhim. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM). Journal of Economics and Business UBS, 12(5), 1–23.