Program Tv Bikin Laper Trans TV adalah program acara tv kuliner pembawa acara menjelajahi berbagai jenis masakan Indonesia dan internasional, mencoba berbagai hidangan, dan berbagi pengalaman dengan penonton. Bikin Laper Trans TV Salah satu program televisi yang memanfaatkan Instagram untuk pemasaran dengan pembawa acaranya yang hidup dan menarik membuat penonton penasaran dengan makanan yang mereka coba. Media sosial Instagram untuk program televisi "Bikin Laper" adalah salah satu media untuk pemasaran, ini memungkinkan pihak produksi untuk meningkatkan dan mempertahankan hubungan dengan penonton, serta untuk berinteraksi dengan pengikut melalui fitur-fitur yang ada di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon khalayak pada pemasaran program tv melalui media sosial Instagram (studi kasus Akun Instagram @bikinlapertranstv). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi jenis data mentah dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data untuk mendapatkan respon. Hasil dari penelitian ini bahwa khalayak memberikan respon kognitif berupa respon positif melalui fitur komentar pada konten reels Instagram @bikinlapertranstv sebagai pemasaran program tv.
Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42
Ansori, D. R., & Putri, I. P. (2021). ANALISIS PRODUKSI PROGRAM TELEVISI DI TVONE (PROSES PRODUKSI PROGRAM TELEVISI “AYO HIDUP SEHAT” DI PT. LATIVI MEDIA KARYA PULO GADUNG JAKARTA TIMUR). E-Proceeding of Management, 8(5), 6701–6719.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Carpenter, J. P., Morrison, S. A., Craft, M., & Lee, M. (2020). How and why are educators using Instagram? Teaching and Teacher Education, 96, 103149. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103149
Farid, E. K. (2021). Paradigma dan Revolusi Ilmiah Thomas S . Kuhn Serta Relevansinya Dalam Ilmu-Ilmu Keislaman. 19(1).
Gultom, M., Sinurat, A., & Damanik, D. (2020). ANALISIS KINERJA PENGELOLAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA PEMATANGSIANTAR Oleh. EKONOMI : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1), 2614–7181. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v2i1.62
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF (Konsep, Teknik, dan Prosedur Analisis). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Iskandar, D. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (M. I. Dawami, Ed.). Maghza Pustaka.
Kartini, Syahrina, J., Siregar, N., & Harahap, N. (2022). PENELITIAN TENTANG INSTAGRAM. Perpustakaan Dan Informasi.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).
Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24.
Nasrullah, R. (2019). TEORI DAN RISET KHALAYAK MEDIA . Kencana.
Nurdewi. (2022). IMPLEMENTASI PERSONAL BRANDING SMART ASN PERWUJUDAN BANGGA MELAYANI DI PROVINSI MALUKU UTARA. In Jurnal Riset Ilmiah (Vol. 1, Issue 2).
Prakoso, B., Putri, I., Alifia, N., & Giante, S. (2023). Strategi Pemasaran Digital Pada Hanasui Cosmetics Melalui Media Sosial Instagram @Officialhanasui. Universitas Pamulang, 3(1), 436–443.
Purnomo, A. M., Pratidina, G., & Setiawan, M. F. (2022). KOMUNIKASI PEMASARAN PERUSAHAAN PASCAPANDEMI: STUDI RESPON PELANGGAN TERHADAP PESAN DI INSTAGRAM. Komunikasi, 8(2), 104–113.
Rahmat abidin, A., & Abidin, M. (2021). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response (S-O-R) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 74. https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2525
Ristia, A., & Kartikasari, L. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran pada Konten Media Sosial Instagram Coffee Shop @KOPIDAONG.ID. Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1744–1753.
Sabila, I. A. (2019). RESPONS MASYARAKAT NGENTAK PANTAI BARU TERHADAP PEMBERITAAN PERUSAKAN SEDEKAH LAUT DI MEDIA MASSA.
Sari, A., Dahlan, Tuhumury, R. A. N., Prayitno, Y., Siegers, W. H., Supiyanto, & Werdhani, A. S. (2023). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. CV. Angkasa Pelangi.
Sinaga, D., Saragi, S., & Ulfa Batoebara, M. (2019). Pelatihan Meminimalisir Efek Hoaks Media Sosial Di Desa Namo Sialang Kec. Batang Serangan Kab. Langkat-Sumut. Universitas Dharmawangsa, 2(1), 2569–6446.
Sunaryo, N. A. (2019). POTENSI WISATA KULINER DI INDONESIA : TINJAUAN LITERATUR. 235–242.
Sundari, S., & Lestari, H. D. (2022). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 94–99. https://doi.org/10.56681/wikuacitya.v1i1.23
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif , Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Method ). Universitas Kristen Satya Wacana, 7(1), 2896–2910.
Zulfirman, R. (2022). IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 1 MEDAN. Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 147–153. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758