STRATEGI KOMUNIKASI HOST LIVE STREAMING SHOPEE PT. HAIDEE & ORLIN(OFFICIALHAIDEEORLIN) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE PERIODE MARET-APRIL 2024

research
  • 18 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI HOST LIVE STREAMING SHOPEE PT. HAIDEE & ORLIN(OFFICIALHAIDEEORLIN) UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE PERIODE MARET-APRIL 2024

ABSTRAK

Febriana Risky (44200449), Strategi Komunikasi Host Live Streaming Shopee PT Haidee&Orlin (Officialial Haidee Orlin) Untuk Meningkatkan Penjualan Online Periode Maret – April 2024     

            Brand Haidee & Orlin didirikan oleh Meity Dwi Savitri. Depok merupakan toko offline pertama dari sebuah perusahaan PT. Haidee & Orlin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi host live streaming Shopee pada PT. Haidee & Orlin untuk meningkatkan penjualan online.

Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan sumber – sumber yang akan menjadi informasi yang tepat pemelihan informan yang nantinya akan memberikan data terkait, maka peneliti memutuskan informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Strategi komunikasi yang diterapkan oleh host live streaming Shopee PT.Haidee & Orlin selama periode Maret-April 2024 memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan penjualan, Pelaksanaan Marketing Mix 4P (Product,Price,Place,Promotion) pada Host Live Streaming Shopee PT. Haidee & Orlin secara keseluruhan, telah berhasil meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen.

Kombinasi produk, harga, aksesibilitas melalui platform Shopee dan promosi serta interaktif telah terbukti efektif dalam menarik dan mempertahankan perhatian konsumen, dan Strategi Persuasif dan Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Haidee & Orlin (officialhaideeorlin) berhasil dilakukan sehingga dapat Meningkatkan Penjualan Periode Bulan Maret-April 2024.

Kata Kunci: Host Live Streaming, Penjualan Online, Pemasaran

Unduhan

 

REFERENSI

Ardani, W. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMEN.

Ayu, A., Sari, P., Alhada, M., & Habib, F. (2023a). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen ( Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung ). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.8280759

Ayu, A., Sari, P., Alhada, M., & Habib, F. (2023b). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen ( Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung ). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.8280759

Khairunnisa, C. M. (n.d.). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. http://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN

Kurniawati, L., & Kridatama, P. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Video Streaming Di LPP TVRI Jawa Barat. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV Al Fath Zumar.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.

Nadia Ayu Budiani, N., & Ferry Darmawan. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran House Of Smith Melalui Live Streaming Tiktok dalam Meningkatkan Brand Awarenes dan Penjualan di Era New Normal. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(2), 825–828. https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i2.8881

Nurhayaty, M., Martadinata, J. R. E., 150, N., Ciamis, K., & Barat, J. (n.d.). STRATEGI MIX MARKETING (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION, EOPLE, PROCESS, PHYSICAL EVIDENCE) 7P DI PD RASA GALENDO KABUPATEN CIAMIS.

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran Aplikasi RCTI+ Untuk Meningkatkan Pengguna Dalam Program Acara The Voice Indonesia (Vol. 5).

Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy. (2009). ILMU KOMUNIKASI Teori Dan Praktik . PENERBIT PT REMAJA ROSDAKARYA.

STRATEGI BERTAHAN HIDUP ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus: Pengguna Media Sosial Aplikasi Live Streaming). (n.d.).

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUSANA MUSLIM WANITA IBU DAN ANAK BRAND LITTLE CROWNN MELALUI MEDIA ONLINE. (n.d.).

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabeth.

Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabeth .

Tjiptono Fandy, & Anastasia Diana. (2020). Pemasaran . Penerbit Andi.