Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan yang diberikan oleh karyawan UMKM Serba Cetak terhadap kepuasan konsumen setelah melakukan penyelesaian pada pembelian ataupun pemesanan di UMKM Serba Cetak. Studi yang mencakup sesuai dengan Indikator Kinerja Utama yang terdiri dari enam divisi dan menganalisis mengenai tingkat pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian yang digunakan melibatkan observasi selama satu bulan di UMKM Serba Cetak serta wawancara sekaligus penyebaran kuesioner dengan para konsumen yang pernah melakukan pemesanan di UMKM Serba Cetak, serta analisis data pasar untuk mengidentifikasi hubungan antara pelayanan prima terhadap kepuasan konsumen di UMKM Serba Cetak. Sampel dalam penelitian ini seluruh populasi berjumlah 15 orang, alat analisis dan pengujian yang digunakan adalah alat bantu IBM SPP Versi 21 serta microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengerjaan sesuai dengan Indikator Kinerja Utama mengalami perubahan yang signifikan pada UMKM Serba Cetak seperti peningkatan penjualan serta pendapatan setiap bulan mengalami peningkatan, data keuangan terkelola dengan baik dan promosi tidak langsung yang mendapatkan peningkatan interaksi yang baik. Berdasarkan hasil uji validitas dengan peroleh nilai 0,5140 yang dinyatakan valid, dan hasil analisis CSI yang diperoleh sebesar 86,90% yang dinyatakan sangat puas.
64201542_Kamelia Aziza_Bukti jurnal
64201542_Kamelia Aziza_Bukti submit jurnal
Maimunah, S. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1–2. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/iqtisad/article/view/542
Majid, A., V, A. F., Oktavianti, A. E., Rista, M. A., & Santika, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Lamongan). Management, and Business Research, 2(1), 214–226. www.jember.umla.ac.id
Maulana, S., & Muhajirin, M. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Aisy Cabang Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 1–8. https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.11678
Nurlia. (2018). STRATEGI PELAYANAN DENGAN KONSEP SERVICE EXCELLENT. Meraja Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.33080
Semil, N. (2018). PELAYANAN PRIMA INSTANSI PEMERINTAH_Kajian Kritis pada Sistem Pelayanan Publik di Indonesia (B. Bungin, Ed.). KENCANA.
Suhartono, Azizah, E. P. N., Hakim, L., & Hartanti. (2019). HUBUNGAN PELAYANAN PRIMA DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) PADA STASIUN PASAR SENEN JAKARTA. Administrasi Publik, 5(3), 1–12. : http://journal.unismuh.ac.id/index.php/kolaborasi