Masyarakat kini dapat melakukan berbagai aktivitas secara online termasuk melakukan pembelian.
Dalam berbelanja online adanya keraguan dalam mengambil keputusan pembelian karena tidak dapat menyentuh
atau melihat produk secara langsung. Dengan adanya Live Streaming dan Online Customer Review konsumen
dapat melihat secara langsung, berinteraksi, dan mendapat informasi yang relevan. Penelitan ini bertujuan untuk
mengetahui apakah Live Streaming dan Online Customer Review berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian
produk Jiniso Pada TikTok Shop Di Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Perolehan data
dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden dengan teknik purposive sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara parsial bahwa variabel Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian
berpengaruh positif. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu (5.958 > 1.984) dengan signifikansi 0,000
< 0,05, dan variabel Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian juga berpengaruh positif. Hal ini
dapat dilihat nilai thitung > ttabel yaitu (6.032 > 1.984) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan ada
pengaruh positif dan signifikan Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian yang
dibuktikan melalui hasil F hitung 91.407 > F tabel 3,09. Maka hipotesis yang menyatakan secara simultan Live
Streaming dan Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk
Jiniso pada TikTok Shop di Kota Bekasi dapat diterima.
Turnitin_64200259_Marsya Davina Gianti
Skripsi_64200259_Marsya Davina Gianti
Jurnal_64200259_Marsya Davina Gianti
Bukti Submit
Agustin Nur, A. (2023). Pengaruh Affilliate Marketing, Live Streaming, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Online Dalam Tiktokshop. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 137–152. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i3.2862
Ahdiat, A. (2023, July). Ini Produk yang Banyak Dibeli Konsumen Indonesia Lewat Media Sosial. Databoks.
Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
Budi Pratomo, A., Ramatni, A., Ratna Sari, D., Wilson Sitopu, J., Solehuddin, M., Purhanudin, V., Nusa egarkencana, S. M., Sangaji, J. A., Jetis, K., Yogyakarta, K., Istimewa Yogyakarta, D., Sungai Penuh, S., M artadinata No, J. R., Sungai Penuh, P., Sungai Penuh, K., & Sungai Penuh, K. (2023). Efektivitas Pembelajaran Secara Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatapp terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 05(04), 16296–16305.
Chen, C., Lu, Y., Hu, Y., & Hong, Y. (2019). Everyone Can Be a Star: Quantifying Grassroots Online Sellers’ Live Streaming Effects on Product Sales. https://hdl.handle.net/10125/59887
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.
Duta, G. L. (2022). Pengaruh Social Media Marketing TikTok Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jiniso (Studi Kasus pada Mahasiswa Pengguna TikTok di Indonesia).
Febriyanti, A., & Ratnasari, I. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review Dan Flash Sale. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 10(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.10499159
Fitri, T. A., & Syaefulloh, S. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Online Customer Review pada Fashion Terkini di Tiktok Shop. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(6). https://doi.org/10.35931/aq.v17i6.2821
Imanudin, I. N., & Sulhan, M. (2023). Pengaruh Live Streaming, Konten Marketing, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sweaterpolos.Id Diaplikasi Tiktok. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1).
Maghfiroh, N., & Palupi, G. S. (2023). Analisis Pengaruh Variabel Keterjangkauan Teknologi Informasi dalam Live Streaming Shopping TikTok pada Minat Pembelian. In JEISBI (Vol. 04).
Marlina, H. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING, E-PROMOSI DAN KONTEN MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA LOKAL BRAND JINISO). Manajemen.
Ming, J., Jianqiu, Z., Bilal, M., Akram, U., & Fan, M. (2021). How social presence influences impulse buying behavior in live streaming commerce? The role of S-O-R theory. International Journal of Web Information Systems, 17(4), 300–320. https://doi.org/10.1108/IJWIS-02-2021-0012
Nurmartiani, E. (2024). Pengantar Perilaku Konsumen. Trisar mandiri Publisher.
Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). PENERAPAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN ONLINE DI ERA GLOBALISASI. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 92–108. https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.329
Pranadewi, A., & Hildayanti, S. K. (2024). Pengaruh Live Streaming, Harga dan Personal Branding Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Aplikasi Tiktok. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia, 5(1), 2745–7257.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Ekonom, 1.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.
Saputra, G. G., & Fadhilah. (2024). Strategi Pemasaran Strategi Live Streaming. Widina Media Utama.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Gramedia.
Toji, E. M., & Sukati, I. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Brand Image, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Skintific Di Tiktok Shop. Economics and Digital Business Review, 5(2).
Widodo, S. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. CV SCIENCE TECHNO DIRECT PERUM KORPRI.