Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualiatas Kerja Di PT.PLN(PERSERO) Dalam Program Listrik Prabayar Di Jakarta Pusat

research
  • 18 Oct
  • 2024

Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualiatas Kerja Di PT.PLN(PERSERO) Dalam Program Listrik Prabayar Di Jakarta Pusat

Eva Krisna Wati Limbong (64201218)) Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Kerja di PT.PLN (Persero) Dalam Program Listrik Prabayar di Jakarta Pusat
PT PLN (Persero) adalah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang jasa pelayanan tenaga listrik. Akan tetapi pada pelaksanaannya, banyak masalah yang terjadi di dalam program listrik PLN prabayar terkait kualitas kerja. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh antara disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kualitas kerja karyawan PT. PLN dalam progam listrik prabayar di Jakarta Pusat. Sampel penelitian sebanyak 40 responden dengan rumus Slovin. Berdasarkan hasil penelitian ini disiplin kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja (Y) diperoleh signifikansi 0,006 < 0,05. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja (Y) dengan taraf signifikan 0,036 < 0,05. Secara simultan disiplin kerja (X1) dan kepuasan kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja karyawan PT. PLN dalam progam listrik prabayar di Jakarta Pusat (Y) dari F hitung > F tabel (19,723 > 2,38) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi diperoleh R Square 0,516 atau 51,6%. dipengaruhi disiplin kerja (X1) dan kepuasan kerja (X2) sedangkan sisanya dipengaruhi kontribusi variable-variabel lain yang tidak dioperasionalkan peneliti sebesar 48,4 persen.
Kata Kunci : Disiplin kerja, Kepuasan Kerja, Kualitas Kerja

Unduhan

 

REFERENSI

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praket. Jakarta: PT. Rinea Cipta.
Burhan, Bungin. 2019..Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.
Carolina, V (2020). Pengetahuan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.
Chau, L. (2021). A Critical Review of Fisher Tax Compliance Model (A Research Syntesis). Journal of Acconting and Taxation
Devano. (2019). Perpajakan, Konsep, Teori, dan Isu. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Efendi, S. (2022). Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat
Gunadi. (2021). Fungsi Pemeriksaan Terhadap Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak
(Tax Compliance). Jurnal Perpajakan Indonesia. Vol.4 no.5
Hardiningsih. (2021). Perpajakan Pendekatan Komprenensif. Jakarta: Salemba
Empat
Hasibuan, Malayu (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ismawan. (2019). Memahami Reformasi Perpajakan 2000. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Ketut, E.S. (2023). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Kota Singaraja. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 4.2 (2013): 345-357
Kiryanto (2020). Analisis Pengaruh Penerapan Stuktur Pengendalian Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. EKOBIS, Vol.1 No.1
Lexy, J. Moleong. 2020. Metodologi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Luthans, (2019), Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh, PT. Andi: Yogyakarta
Mangkunegara. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Mardalis. 2022. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
72

Mardiasmo. (2021). Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi
Miles, Mathew B. Michael Huberman and Johnny Saldana. 2019. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Production. Terjemahan: Tjetjep Rohindi R. UI-Press
Muljono. 2020. Panduan Brevet Pajak: PPN, PPnBM, Bea Materai, PBB, BPHTB. Yogyakarta: ANDI.
Murtin (2021) Pengaruh akuntabilitas pelayanan publik terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta
Nasution, Arman, Hakim. (2020). Manajemen Industri. Penerbit Andi. Yogykarta.
Palupi, I.P. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Skripsi Universitas Islam Sultan Agung, Tidak Dipublikasikan
Prabha Ramseook-Munhurrun. 2020. Service Quality in The Public Service. International Journal of Management and Marketing Research. Volume 3. Number 1.
Rahayu. S.K. (2021). Perpajakan Konsep, Teori dan Isu.Jakarta: Prenada media Group
Randy J.R. (2021). Analisis Kontribusi Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Manado. Jurnal EMBA. Vol.1, No.3, Juni 2013
Ratminto 2021. Manajemen Pelayanan, disertai dengan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rivai, V., & Jauvani, S. E. (2021). Manajemen Sumber Daya Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Robbins, Stephen P. 2019. Perilaku Organisasi. Jkarta: Salmeba Empat.
Robert L. Mathis, John H. Jackson. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 2019. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Siagian, P. Sondang. (2021). Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
73

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sutopo, H.B, 2023, Pengantar Penelitian Kualitatif; Dasar-Dasar Teoritik dan Praktis, Pusat Penelitian UNS, Surakarta
Sutrisno, Edy. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Media Group.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2023. Total Quality Management. Andi: Yogyakarta.
Torgler, B an Schenaider, F. (2022). The Impact of Tax Morale and Institutional Quality on the Shadow Economy. IZA DP No 2541
Usman. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Wardani, D.K. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Pengetahuan Pajak Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Nominal. Vol 7. No.1