Representasi Makna Romantisme Pada Drama Korea Business Proposal

research
  • 18 Oct
  • 2024

Representasi Makna Romantisme Pada Drama Korea Business Proposal

Drama Korea "Business Proposal" menjadi salah satu tayangan yang populer di tahun 2022. Drama ini mengisahkan tentang seorang karyawan wanita yang diminta untuk berperan menjadi calon tunangan atasannya demi menutupi perjodohan yang tidak diinginkan. Dalam perjalanan ceritanya, drama ini menampilkan berbagai representasi makna romantisisme yang menarik untuk dikaji.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana makna romantisisme direpresentasikan dalam drama Korea "Business Proposal". Dengan menggunakan pendekatan analisis semiotika, penelitian ini akan mengidentifikasi dan menginterpretasi tanda-tanda, simbol, serta kode-kode yang merepresentasikan makna romantisisme dalam drama tersebut.

Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana konsep romantisisme ditampilkan dan dimaknai dalam konteks drama Korea kontemporer. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi terhadap kajian drama Korea serta studi budaya populer Korea Selatan.

Unduhan

 

REFERENSI

Ardial, Haji. 2015. PARADIGMA DAN MODEL PENELITIAN KOMUNIKASI.      Edited By R. Darmayanti. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhan Bungin, PENELITIAN KUALITATIF (Jakarta : Prenada Media Group,       2015), 78

Carlson, M. (2022). ROMANTICISM AND DRAMA. IN THE ROUTLEDGE      COMPANION TO ROMANTICISM (Pp. 235-246). Routledge

Gunawan, Imam. 2014. METODE PENELITIAN KUALITATIF : TEORI DAN        PRAKTIK. Cet. 2. Edited By Suryani. Jakarta: Bumi Aksara

Hall, S. (2021). REPRESENTATION: CULTURAL REPRESENTATIONS AND     SIGNIFYING PRACTICES (2nd Ed.). London: Sage Publications.

  1. Hafied Cangara, PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014).

Hong,  Euny. 2014. KOREAN  COOL.  Yogyakarta: Benteng

HTTPS://EJURNAL.LPPMUNSERA.ORG/INDEX.PHP/LONTAR/ARTICLE/VIE         W/337

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2021). THEORIES OF HUMAN    COMMUNICATION (12th Ed.). Waveland Press.

Lubis, A. H. (2023). REPRESENTASI BUDAYA DALAM MEDIA: KAJIAN KRITIS           ANALISIS WACANA. Jakarta: Prenada Media.

Nurhayati, I., Kurniawan, P. Y., & Nisa, H. U. (2022). PENGARUH FILM DRAMA           KOREA             TERHADAP BAHASA MAHASISWA FKIP    UNIVERSITAS            PENGGUNAAN MUHADI  BREBES          (KAJIAN        SOSIOLINGUISTIK). JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 8(14),             164–170.

Soesilo, D. (2022). KOMUNIKASI DALAM PERTUNJUKAN DRAMA.      JURNAL          ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 105-115.

Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN     KOMBINASI (Mixed Methods), 13.

Sugiyono, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (PENDEKATAN           KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D), (Bandung :Alfabeta,    2014),15

Sugiyono, Op. Cit, Hlm. 330

Yudo, Purwono. Prahoro. 2021. “REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM         DUA ILUSTRASI JERMAN BERTEMA HARI PEREMPUAN SEDUNIA      KARYA JOHANNES GEISTHARD.” Kredo 5(1).