Bawaslu memerlukan dukungan dan juga pertisipatif aktif dari Masyarakat. Maka diperlukan proses sosialiasi dan transfer pengetahuan serta keterampilan pengawasan Pemilu dari Bawaslu kepada Masyarakat. Dalam proses mempublikasikan hal tersebut Bawaslu Kota Depok memanfaatkan Instagram dalam penyampaiannya. Penulis merasa tertarik untuk mengeksplorasi bagaimana Bawaslu Kota Depok memanfaatkan Instagram dalam konteks pengawasan Pemilu 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana publikasi Bawaslu Kota Depok dalam Pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penulisannya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data mengenai kegiatan menganalisis manfaat yang didapatkan Bawaslu Kota Depok dalam publikasi melalui Instagram adalah dengan metode wawancara. Selanjutnya analisis mengenai unggahan Bawaslu Kota Depok di Instagram menggunakan metode observasi dan juga dokumentasi. Dengan terkumpulknya data maka Instagram sebagai media publikasi dapat memberikan manfaat yaitu sebagai sarana komunikasi, akses berita dan informasi, berbagi konten, dan juga hiburan.
Skripsi Indah Karisma 44200813
Bukti submit jurnal Indah Karisma
Hasil Cek Turnitin
Jurnal - Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Publikasi Bawaslu Kota Depok Dalam Pengawasan Pemilu 2024
Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Bening Media Publishing. www.bening-mediapublishing.com
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press. https://books.google.com/books/about/Metode_Penelitian_Kualitatif.html?id=JtKREAAAQBAJ
Abidin, K. Z., Soegiarto, A., Masyarakat, H., & Jakarta, U. N. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Publikasi Subbagian Protokol Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Jurnal Riset Komunikasi, 12(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRKom/article/download/11928/pdf_30
Afnira, E. (2023). Optimalisasi Media Sosial sebagai Sarana Publikasi Pengawasan Pemilu 2024: Kasus Bawaslu Kota Tanjungpinang. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 3(1). https://doi.org/10.20885/cantrik.vol3.iss1.art4
Aldino, M. Y. (2024). Wawancara.
Andriansyah. (2024). Wawancara.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.)). CV Jejak. https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Annur, C. M. (2023). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia
Asmawi, M., Amiludin, A., & Sofwan, E. (2021). Strategi Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Serang Dalam Pencegahan Praktik Politik Uang. Indonesian Journal of Law and Policy Studies, 2(1), 28. https://doi.org/10.31000/ijlp.v2i1.4296
Barsan, O. P., Alfani., H., & Wulandari, S. (2020). Perubahan Pilihan Dalam Mengakses Tayangan Media Informasi Dari Media Streaming Ke Media Digital ( Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu) Changes In Choices In Accessing Information Shows From Mainst. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 01(02), 130–139. http://journal.unbara.ac.id/index.php/JKB/index
Baskara, T., & Fajar Rizki, M. (2019). Proses Publikasi Humas Badan Nasional Pengelola Perbatasan Pada Akun Media Sosial Instagram. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 19–26. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1229
Bawaslu. (2019). Panduan Pengawasan Media Sosial. Bawaslu RI. https://www.bawaslu.go.id/id/publikasi/panduan-pengawasan-media-sosial
Bawaslu. (2024a). Struktur Organisasi Bawaslu Kota Depok. Bawaslu Kota Depok. https://kotadepok.bawaslu.go.id/struktur-organisasi-bawaslu-kota-depok
Bawaslu. (2024b). Unggahan Instagram Bawaslu Kota Depok. Bawaslu Kota Depok. https://www.instagram.com/bawasludepok/
BPK. (2017). Undang-Undang Nomer 7 Tahun 2017. BPK RI. https://peraturan.bpk.go.id/Details/37644/uu-no-7-tahun-2017
Daryanto, & Rahardjo, M. (2016). Teori Komunikasi (D. A (ed.)). Penerbit Gava Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1145445
Enterprise, J. (2021). Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis. PT Alex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books/about/Instagram_untuk_Bisnis_Hobi_dan_Desain_G.html?id=OdNEEAAAQBAJ&redir_esc=y
Fanani, M. Z. (2024). Instagram untuk Komunikasi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Sidoarjo Terhadap Penyelenggaraan Pemilu 2024. 4(1), 116–125. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=vtzrJOYAAAAJ&citation_for_view=vtzrJOYAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Fawziati, T. M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Publikasi Digital Di Smp Bina Anak Sholeh Kabupaten Tuban [Institut Agama Islam Negeri Kediri]. https://etheses.iainkediri.ac.id/5215/
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus (Ruslan & M. M. Effendi (eds.)). CV Jejak. https://books.google.co.id/books?id=UVRtDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. In F. A. Darma & D. M. Utomo (Eds.), Pengantar Ilmu Komunikasi. UMSIDA Press. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6081-32-7
Jamilah, M., & Widiyanto, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20886
Juliani, T. P., Kau, E., Prodi, S., Masyarakat, H., Komunikasi, I., & Tinggi, S. (2022). Prosiding Hubungan Masyarakat Strategi Komunikasi Digital Bawaslu Daerah dalam Pencegahan Pelanggaran Pilkada Kota Depok 2020. 8, 100–104. www.bawaslukotadepok.com
Khotimah, N. K. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Praktisi Humas Pemerintah di Indonesia (R. A. Nugroho (ed.); 1st ed.). Jejak Pustaka. https://books.google.co.id/books/about/Pemanfaatan_Media_Sosial_Oleh_Paktisi_Hu.html?id=ObxWEAAAQBAJ&redir_esc=y
Kotten, N. B. (2020). Bawaslu Tidak Lagi Ompong (Cetakan 1,). Media Nusa Creative. https://www.myedisi.com/mncpublishing/134700/bawaslu-tidak-lagi-ompong
Kustiawan, W., Harahap, D. K., Jannah, N. A., Sinaga, W. A., Safika, N., Lubis, H. A., & Al Barry, A. A. (2022). Media Online Dan Perkembangannya. Maktabatum: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, Vol. 02, N(01), 12. www.waspada.co.id,
Leonardo, R., & Junaidi, A. (2020). Kritik Sosial dalam Stand Up Comedy ( Analisis Semiotika Show “ Pragiwaksono World Tour ”). 4(2), 185–190. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/8077
Maharani, D. P. (2024). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media penyebaran informasi pada humas dinas kependudukan dan pencatatan sipil pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/77228/1/GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf
Mubaroq, H., & Hidayati, Y. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Facebook Dalam Pembentukan Budaya Alone Together Pada Kalangan Remaja Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Populika, 10(2), 54–61. https://doi.org/10.37631/populika.v10i2.497
Multazam, M. N., Santoso, P. Y., & Dewi, Y. R. (2024). Pemanfaatan Akun Instagram @ Bawasludkijakarta Dalam Menyebarkan Informasi Mengenai Pemilihan Umum Presiden Indonesia 2024. 3(2), 153–162. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr/article/view/3772
Nasrullah, R. (2017). Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (N. S. Nurbaya (ed.); Cetakan ke). Simbiosa Rekatama Media. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1136236
Nugroho, C. (2020). Cyber Society. Kencana. https://books.google.co.id/books/about/Cyber_Society.html?id=OR0REAAAQBAJ&redir_esc=y
Paujiah, J. (2023). Etika dan Filsafat Komunikasi Dalam Realita Sosial (P. Khoirotun (ed.)). Mahakarya Citra Utama Group. https://books.google.co.id/books/about/Etika_dan_Filsafat_Komunikasi_dalam_Real.html?id=2HGoEAAAQBAJ&redir_esc=y
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. 2(3), 29–37. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/158
Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian (M. Sandra (ed.)). Ar-Ruzz Media. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=12965
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rahartri. (2019). Media Komunikasi Efektif pada Layanan Jasa Informasi: Studi Kasus di Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek). Pustakawan, 26(2), 109–117. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/download/26848/17220/
Ramadani, T. (2022). The Goverment Public Relations Handbook. Bintang Semesta Media. https://books.google.com/books/about/The_Government_Public_Relations_Handbook.html?id=KJaFEAAAQBAJ
Salafudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi pada Taman Baca Widya Pustaka Kabupaten Pemalang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 141. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50376/1/SP19060.pdf
Suri, D. (2019). Pemanfaatan Media Komunikasi dan Informasi dalam Perwujudan Pembangunan Nasional. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(2), 177–187. https://doi.org/10.46937/17201926848
Sya, C., Misnawati, D., Jend, J., & No, A. Y. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @ Yhoophii _ Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. 14(1), 32–41. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/view/1397
Triono, A. (2021). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Bintang Pustaka Madani. http://repository.unpas.ac.id/66402/2/DAFTAR PUSTAKA.pdf