Kecanduan Permainan, terutama pada anak-anak, menjadi masalah yang semakin serius. Kecanduan Permainan Mobile Legends pada anak-anak memiliki efek yang signifikan, termasuk penurunan prestasi akademik, masalah tidur, dan isolasi sosial. Orang tua di Kelurahan Maphar menghadapi masalah besar dalam menghentikan anak-anak mereka dari bermain Mobile Legends. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan memahami "Pola Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Kelurahan Maphar Dalam Upaya Mengatasi Kecanduan Game Mobile Legends Pada Anak", yang merupakan alasan mengapa pendekatan penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data. Selama komunikasi satu arah masih dominan, orang tua sering memberikan instruksi tanpa mempertimbangkan perasaan atau pendapat anak. Akibatnya, anak merasa tidak didengarkan dan tidak dihargai. Namun, ada perubahan di mana orang tua mulai menggunakan pendekatan komunikasi antarpribadi yang lebih terbuka dan dua arah. Pendekatan ini melibatkan mendengarkan aktif anak-anak, memahami pendapat mereka, dan bekerja sama untuk mencari solusi. Meningkatkan keterbukaan, orang tua berkomitmen untuk menggunakan pendekatan komunikasi yang lebih terbuka dan dua arah dengan anakanak mereka. Luangkan waktu untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan tetap terbuka terhadap masukan dan perasaan anak. mengembangkan empati, berusaha untuk memahami perspektif anak dan merasakan apa yang mereka alami. Ini akan meningkatkan dukungan dan hubungan.
Skripsi_44200356_Wafin Syawaly Sidqi
Agriyanti, S. M., & Rahmasari, D. (2021). Perbedaan Tingkat Kesepian pada Siswa Kelas X
dan XI Ditinjau dari Efektivitas Komunikasi Orangtua. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5),
181–188.
Amelia, N. shinta. (2023). Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dengan Anak yang Sadar
dengan Kesehatan Mental. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 3(1), 51–
57. https://doi.org/10.33830/ikomik.v3i1.4303
Amran, A., Marheni, E., Sin, T. H., Yenes, R., Pendidikan, S., & Olahraga, K. (2020).
KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DAN EMOSI SISWA SMAN 3
BATUSANGKAR. Jurnal Patriot, 2(4).
Anggraini, C., Denny, ) ;, Ritonga, H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022).
Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 337–342.
Bachtiar Rizky Alamsyah, Ananda Surya Dahana Dewantara, Daffa Maheswara Iswidono,
Noval Rizqi Santoso, & Nur Aini Rakhmawati. (2023). Analisis Dampak Bermain Game
Mobile Legends Terhadap Perilaku Toxic Anak-Anak Hingga Dewasa. Jurnal Insan
Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 94–110. https://doi.org/10.59581/jipsoshumwidyakarya.v2i1.2239
Damayani Pohan, D., & Fitria, U. S. (2021). JENIS JENIS KOMUNIKASI. In Cybernetics:
Journal Educational Research and Social Studies (Vol. 2, Issue 3). http://pusdikrapublishing.com/index.php/jrss
Daud, R. F., Marini, M., & Monica, D. (2022). Pengaruh Game Online “Mobile Legend” dan
Psikologi Anak Terhadap Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dalam Keluarga.
Empiricism Journal, 3(2), 254–263. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.1005
DeVito. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed.).
Didik Hariyanto. (2017). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. UMSIDA PRESS.
Drs. Syahrul Abidin, M. A. (2022). KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI.
www.penerbitlitnus.co.id
Fadia, S., Fitri, N., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online pada
Minat Belajar Anak Semasa Pembelajaran Daring. 5.
Fembi, P. N., Nelista, Y., Vianitati, P., Fakultas, D., Kesehatan, I.-I., Nusa, U., & Abstrak, N.
(2022). Kecanduan Bermain Game Online Smartphone Dengan Kualitas Tidur SiswaSiswi di SMPK Hewerbura Watublapi Kabupaten Sikka. Jurnal Ilmiah Wahana
Pendidikan, 8(15), 679–688. https://doi.org/10.5281/zenodo.7124153
Frieda, P., & Tamburian, D. (2019). Prima Frieda, H.H Daniel Tamburian: Komunikasi
Antarpribadi antara Orang Tua dan Anak Usia Remaja dalam Pembentukan
Kepercayaan Diri Anak Komunikasi Antarpribadi antara Orang Tua dan Anak Usia
Remaja dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Anak. 3.
60
Handayani, N., & Yuliana, N. (2022). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANAK
DENGAN ORANG TUA DALAM KELUARGA INTI. 2(2), 68–79.
https://massive.respati.ac.id
Hasmawati, F. (2020). KARAKTERISTIK KOMUNIKATOR YANG EFEKTIF DALAM
KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI),
4(2). https://www.youtube.com/watch?v=hWDOXgFbCRI,
Irawan, S., & Siska, D. W. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game
Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1), 9–19.
https://doi.org/10.24176/jkg.v7i1.5646
Kebidanan, A., & Banjarbaru, Y. (2021). PERUBAHAN TINGKAH LAKU SISWA
MELALUI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM Latifah. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(2).
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya.
Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Nur Aisah, S., & Nurcholis Majid, M. (2023). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua
dengan Anak dalam Mencegah dan Mengatasi Kecanduan Game Online. 4(2).
Nuzuli, A. K., Ningsih, M. S., Astri, P. B., Fazli, M., Palenza, N. R., & Ghazali, A. (2023).
Gangguan Komunikasi pada Mahasiswa Pecandu Game Online Mobile Legend. Jurnal
PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema, 5(2), 261–271.
Rakhmawati Komunikasi Antarpribadi Yuliana Rakhmawati Konsep dan Kajian Empiris, Y.,
& Membaca Komunikasi Antarpribadi Konsep dan Kajian Empiris, S. (2019).
Komunikasi Antarpribadi Konsep dan Kajian Empiris Editor: Nikmah Suryandari.
Rustini1
, T., Fitriya, D., Hidayah2
, N., Sekar, G., Prameswari3
, P., S1, M., Studi, P., Guru, P.,
& Dasar, S. (2022). Pengaruh Game Mobile Legends Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Kelas 4B Sekolah Dasar Negeri Dahniar. ~ 180 ~, 3(2), 180–1876.
Sri, , Adiningtiyas, W., & Pd, M. (2017). PERAN GURU DALAM MENGATASI
KECANDUAN GAME ONLINE (THE ROLE OF TEACHERS IN OVERCOMING
ADDICTION TO ONLINE GAMES). In Jurnal KOPASTA (Vol. 4, Issue 1).
www.journal.unrika.ac.idJurnalKOPASTA
Syafitri, N. L., Fatra Deni, I., & Rozi, F. (2023). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan
Anak Penggemar Game Online Di Desa Tanjung Gusta Sunggal Kabupaten Deli
Serdang. 01(02), 139–143.
Taufik Idris. (2021). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA BAGI ANAK
PECANDU GAME ONLINE FREE FIRE DI SDN 056018 BATANG SERANGAN
LANGKAT.