Komunikasi sangat penting dalam segala kegiatan yang dilakukan sehari-hari, seperti berinteraksi dengan orang lain, bekerja di perkantoran, belajar, bergaul, dan banyak lagi. Bentuk atau pola hubungan yang terjadi antara dua orang atau lebih selama proses pengiriman atau penerimaan pesan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami disebut sebagai pola komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi antara guru dan murid dalam membangun sikap postif murid di SMP Sumpah Pemuda. Penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal oleh DeVito serta dengan menggunakan pola komunikasi guru murid oleh Lindgren. Dengan hasil penelitian yang menujukkan bahwa dengan pola komunikasi guru murid oleh Lindgren di mana pola komunikasi yang paling efektif adalah pola guru – murid, murid – guru, murid – murid. Guru tidak menjadi pusat perhatian yang utama dan murid dapat bebas berpendapat dan mengeluarkan kreatifitasnya. Dan aspek dari teori komunikasi interpersonal oleh DeVito yang telah diterapkan dan diharapkan membuat murid merasa nyaman saat berada di sekolah maupun saat proses belajar mengajar sehingga dapat membangun sikap positif murid.
44200071_Full Skripsi
Afifah Khoirun Nisa. (2019). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sdit Ulul Albab 01 Purworejo. Jurnal Hanata Widya, 8, 13–22.
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Angioni, S. A. (2021). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS SEMARANG FAKULTAS BAHASA DAN BUDAYA. Fisheries Research, 140(1), 6.
Aulia. (2022). Profesi Merupakan Bagian Dari Pekerjaan. http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/d9z8k
Aziz, M. A., & Putri, Y. R. (2022). Pola Komunikasi Komunitas Bikers Brotherhood McBandung Dalam Mempertahankan Solidaritas Communication Pattern Of The Bikers Brotherhood McBandung Community In Maintaining Solidarity. 8(6), 3677–3680.
Capinera, john L. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS PERAN SMARTPHONE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JOGONALAN. Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9.
HELINDA WATI, N. (2022). SIKAP SISWA TERHADAP GURU DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs RAUDHATUL JANNAH KOTABARU. 1(April), 10–34.
Indrianingsi, W. O., Mane, A., Alam, S., & Ical, I. (2023). Faktor Penyebab Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 7 Baubau. Jurnal Sains Dan Pendidikan Biologi, 2(1), 89–93.
Kusuma, C. C. (2023). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MIN 04 Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/24705/
Mamun, M. A. A., & Hasanuzzaman, M. (2020). KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENANTU DENGAN MERTUA YANG MENGALAMI KETERBATASAN (CACAT FISIK). Energy for Sustainable Development: Demand, Supply, Conversion and Management, 1–14.
Muhamad, K. (2019). Peranan Anggota Kelompok Sadar Wisata Peninggalan Belanda Nyalindung Dalam Pengelolaan Situs Sejarah Di Desa Nyalindung Kabupaten Bandung Barat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 52–70.
Mulachela, H. (2022). Komunikasi Adalah: Definisi, Unsur, dan Tujuannya. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/berita/nasional/61de8d9d4a987/komunikasi-adalah-definisi-unsur-dan-tujuannya
Ningrum, D. M., & Sofwan, M. (2023). Kesiapan Guru dalam Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(2), 95–100. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.26150
Nugraha, M. R. F. (2020). Pola Komunikasi Tim Basket Putra Di Sekolah Menengah Atas Negeri 24 Bandung. 1–64.
Nugraha, M. Y. (2021). Pola Komunikasi Komunitas Celah Celah Langit Dalam Melestarikan Kesenian Longser. 0, 1–23.
Pandeinuwu, R. C., Lasut, J. J., & Zakarias, J. D. (2022). Pengaruh Sikap, Perilaku Dan Motivasi Dalam Menonton Korean Pop Terhadap Gaya Hidup Remaja Di Media Sosial Kota Manado. Jurnal Ilmiah Society, 2(3), 1–12.
Patebon, K., & Kendal, K. (2024). 3 1,2,3. 10(3), 2008–2020.
Pusdatin. (2021). 22 contoh sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila. Berita - BPIP. https://bpip.go.id/berita/22-contoh-sikap-positif-terhadap-nilai-nilai-pancasila-&-pengertiannya-?page=64
Safitri, D. (2023). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dengan Kecendderungan Kenakalan Remaja di MAN 2 Padang Lawas.
Sakinah. (2019). POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK USIA DINI (Studi di Taman Kanak-Kanak Islam Modern Bhakti Mulia Yogyakarta). Αγαη, 8(5), 55.
Sehabuddin, A. (2015). Pengaruh Interaksi Edukatif Antaraguru Dengan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ma Nurul Iman Dasan Makam Lombok Timur Tahun Ajaran 2011-2012. Society, 6(2), 69–80. https://doi.org/10.20414/society.v6i2.1474
Sugiharto. (2023). MENGATASI KENAKALAN REMAJA ZAMAN SEKARANG. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palembang/baca-artikel/16018/MENGATASI-KENAKALAN-REMAJA-ZAMAN-SEKARANG.html
SUHERLIN_, M. (2019). Studi Deskriptif. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Makalah Komunikasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 1–29.