PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET CAMAR RAYA KRANGGAN

research
  • 17 Oct
  • 2024

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI INDOMARET CAMAR RAYA KRANGGAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi keputusan pembelian di Indomaret Camar Raya Kranggan. Keputusan pembelian merupakan proses di mana individu memilih perilaku yang paling sesuai dari beberapa alternatif, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas pelayanan dan harga. Kualitas pelayanan mencakup kemampuan perusahaan dalam memenuhi harapan pelanggan sementara harga mencerminkan nilai kepuasan seseorang terhadap produk yang dibelinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak dari kedua faktor tersebut dalam konteks keputusan pembelian di toko tersebut. Penelitian ini dilakukan pada populasi pelanggan Indomaret Camar Raya Kranggan, dengan melibatkan 90 responden yang mengisi kuesioner. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah Accidental  sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert. Metode analisis statistik yang digunakan mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, korelasi, regresi linier berganda, koefisien determinasi, serta uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukan dari uji t yang menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan memengaruhi keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,219 lebih besar dari ttabel (1.987) atau nilai signifikasi uji t sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 (α=5%). Dan variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,784 lebih besar dari ttabel (1.987) atau nilai signifikasi uji t sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 (α=5%). 

Unduhan

 

REFERENSI

ADE SITORUS, S. (2020). Pengaruh Harga, Rasa, Lokasi Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Putri Dikota Medan. Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 131–142. https://doi.org/10.30606/hirarki.v2i2.477

Annisaa, M. D. L., Suharto, A., & Nursaidah, N. (2022). Pengaruh Lokasi, Harga, Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Ud Adam Jaya. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 30–40. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.4516

Azahari, A. A., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis (Jmob), 1(4), 553–564. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3779

Christopher, H., Sutiono, L., & Lesmana, R. (2021). Analisis Pengaruh Harga Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Benua Emas Singkawang. HECTOCORN Jurnal Riset Manajemen Ekonomi Dan Bisnis Tahun 2021 Volume 2 Nomor 1 Halaman 68 82 Analisis, 2(1), 68–82.

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256

Hasibuan Ririn Marisca, Dr Harahap Fitriani, & Lubis Armansyah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Di Cafe Vanilla Panyabungan. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) , 4(3), 175–182.

Iskandar, D., & Irfan Bahari Nasution, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 128–137. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3590

Iwan Kandori. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Di Indomart Tataaran Patar, Minimasa. Pendidikan Ekonomi.

Karundeng, V. A., Soegoto, A. S., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret Point Kawasan Megamas Saat Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 702–711. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36506

Kelvin, & Saputra, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Segar Prima Jaya. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1, 1.

Lestari, A. D. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN , HARGA , DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT . GLOBAT JET EXPRESS ( J & T ) SURABAYA. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8 no 7 (20, 10.

Malonda, E. K., Massie, J. D. D., & Gunawan, E. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Geprek Bensu Di Kta Manado Pada Masa Pandem Covid-19. Emba, 9(2303–1174), 4.

Mulyani, O., & Hermina, N. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Peningkatan. Jurnal Ekonomak Vol. 9 No. 3 Desember 2023|13, 11(1), 132–145.

Nugraha, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen. Jurnal ILMIAH EKONOMI GLOBALMASA KINIVOLUME 11No. 02Desember2020, 11(02), 97–102.

Paryanti, S. dan A. udi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan HargaTerhadap Keputusan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83.

Pasaribu, V. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS. Business Management Journal, 18(1), 37. https://doi.org/10.30813/bmj.v18i1.2829

Saepul, U., Sekolah, M., Keguruan, T., Keguruan, I., Manshur, S., Raya, J., Km, L., & Pandeglang, K. (2020). Efektivitas Pembelajaran Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit (Effectiveness of Discrete Mathematics Learning in New Normal Era on Student’s Learning Achievement). Uniqbu Journal Of Exact Sciences (UJES), 1(1), 41–45.

SITI ROMELAH, D. U. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. JURNAL ILMU DAN RISET MANAJEMEN (JIRM) 11 (11), 6(3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Suhikmat, N. H. dan M. (2021). Pengaruh Perputaran Kas , Perputaran Piutang dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Laba Sebelum Pajak PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. JURNAL AKUNTANSI FE-UB, 15(2).

Syamnarila, A. P., Efendi, A., & Abdullah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Charles & Keith Mall Ratu Indah Makasar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(3), 15–25.

Syuhada, P. S., & Widodo, A. (2019). Effectiveness of Viral Marketing Using Electronic Word of Mouth on Purchase Decisions on Shopee. E-Proceeding of Management, 6(2), 3955–3962.

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258

Utomo, K. E., Susena, K. C., & Yustanti, N. V. (2023). The Influence Of Product Quality , Price And Service On Customer Satisfaction At Lesehan 123 Jamik Bengkulu City Pengaruh Kualitas Produk Harga Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Lesehan 123 Jamik Kota Bengkulu. Journal of Indonesian Management, 3(3), 343–358.

Wibowo, M. F. R., & Rusminah, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Coffe Shop Komunal. Distribusi - Journal of Management and Business, 9(2), 119–136. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i2.155

Wicaksono, S. Y. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanaan Terhadap Keputusan Pembelian Tiki Di Surabaya. … Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7), 1–18. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3100

Yanti, S., Lukita, C., & Astriani, D. (2022). PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 284–303.