ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN APLIKASI INDOSAT HIFI DENGAN METODE TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)

research
  • 17 Oct
  • 2024

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN APLIKASI INDOSAT HIFI DENGAN METODE TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)

Abstrak - Pada saat ini, zaman telah memasuki masa dimana penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan utama manusia, karena semua kebutuhan manusia tidak bisa lepas dari internet. Dalam penilitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kepuasan pengguna terhadap penerapan aplikasi Indosat HiFi dan sejauh mana aplikasi ini memenuhi kebutuhan pengguna. Model yang digunakan untuk menjelaskan kepuasan pengguna terhadap penerapan aplikasi Indosat HiFi adalah Technology Acceptance Model (TAM) dengan konstruk yaitu Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Behavioral Intent To Use. Data penilitian telah kumpulkan melalui kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 70 responden. Kemudian data diolah dengan analisis regresi linear. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y. Berdasarkan hasil uji F pengujian terhadap variabel Perceived Ease Of Use (X1) dan Perceived Usefulness (X2) terhadap variabel Behavioral Itention To Use (Y) menunjukkan signifikan 0,000 > 0,05 maka seluruh variabel X secara bersama (simultan) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y.

Unduhan

 

REFERENSI

Adiguna, A. R., Saputra, M. C., & Pradana, F. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Gudang pada PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(2), 612–621.

Afif, Z., Azhari, DS, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah (Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan ,. INOVATIF: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 3(3), 682–693. https://jinnovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian

Amanda, AD, Windarto, AP, & Qurniawan, H. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Store Ms Glow Menggunakan Metode Naïve Bayes. Halo Dunia Jurnal Ilmu Komputer, 1(3), 130–144. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i3.139 Aurora, K. N. U. R., Ekonomi, F., & Semarang, U. (2023). UMKM DI KOTA
SEMARANG ( STUDI KASUS UMKM DI KOTA SEMARANG ).
Bala Tukan, YK, Kurniawan, VRB, & Susanti, DA (2023). Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan dengan Metode Work
Sampling dan Regresi Linear Berganda di PT Graha Nusa Pratama. Al-Kharaj :
Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3094–3103.
https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2901
Cahyaningtyas, C., Nataliani, Y., & Widiasari, IR (2021). Analisis Sentimen Pada Rating
Aplikasi Shopee Menggunakan Metode Decision Tree Berbasis SMOTE.
Aiti, 18(2), 173–184. https://doi.org/10.24246/aiti.v18i2.173-184
Febrianugrah, D. (2024). Analisis Kualitas Website Sipaduko Dinas Kepuasan
Pengguna Menggunakan Metode. https://repository.unja.ac.id/60446/1/PDf
DRAF FIX Dimas Febrianugrah %28F1e119049%29.pdf
Fitratul Aini, Fitriani Muttakin, Tengku Khairil Ahsyar, & Eki Saputra. (2023).
Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan
EUCS. Jurnal Sistem Cerdas, 6(1), 65–76. https://doi.org/10.37396/jsc.v6i1.288
Fitriyani, S., & Hidayat, R. (2023). Analisis Kualitas Layanan terhadap Kepuasan
Pelanggan Indihome (Studi Kasus PT. Telkom Indonesia Witel Bandung Tahun 2022
) Analisis Kualitas Layanan hingga Kepuasan Pelanggan Indihome (Studi Kasus
PT Telkom Indonesia Witel Bandung Tahun 2022). E-Prosiding Sains
Terapan, 9(2), 563.
Hervilia, H., Singasatia, D., & M. Agus Sunandar. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi
Penerimaan Teknologi Pada Pengguna Aplikasi Shopee
Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). INSOLOGI: Jurnal Sains
Dan Teknologi, 1(4), 401–410. https://doi.org/10.55123/insologi.v1i4.750

Husdi, H., & Dalai, H. (2023). Penerapan Metode Regresi Linear Untuk PrediksiJumlah Bahan Baku Produksi Selai Bilfagi. Jurnal Informatika, 10(2), 129–135.
https://doi.org/10.31294/inf.v10i2.14129
Jatmika, RF, Kaniawulan, I., & Singasatia, D. (2023). Menggunakan Metode
Model Penerimaan Teknologi ( Tam ) Menggunakan Metode Technology.
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(2), 347–357.
Moha Lalapa, N., & Yunus, W. (2023). Implementasi Metode Regresi Linear
Sederhana Untuk Prediksi Harga Cabai Rawit. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer
Banthayo Lo Komputer, 2(2), 96.
Panji Maulana, M., & Sari, EP (2023). Analisa Kepuasan Pengguna Terhadap
Aplikasi My Telkomsel Dengan Menerapkan Metode TAM (Technology
Model Penerimaan). Sintaks : Jurnal Informatika, 12(02), 52–64.
https://doi.org/10.35706/syji.v12i02.9868
Prihayudha, E. K., & Soepatin. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kegunaan
Dan Perceived Risk Terhadap Intent To Use (Studi Empiris Penggunaan
Aplikasi Ovo Pada Konsumen Di Surakarta). NNOVATIF: Jurnal Sosial
Penelitian Sains, 3(5), 7573–7587.
Pujana, G., Made Ardwi Pradnyana, I., & Ketut Resika Artha, I. (2023). Analisis
Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing
Kepuasan (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada. Kumpulan Artikel Mahasiswa
Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 12(1), 57–66.
http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
Sabtohadi, J., Fatimah, F., Mei Saputri, D., Agus Tina, L., Novitasari, H., Rofi, I.,
Fadlilah, F., Nabila Imsaki Aulia, S., Indah Romadloni, R., & Resti Universitas
Muhammadiyah Kalimantan Timur, L. (2024). Pelatihan Analisis Data Asumsi
Klasik Menggunakan Aplikasi SPSS Classic Assumption Data Analysis Training
Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Keterlibatan Masyarakat & Kemunculan,
5(1), 83–88.
Kata Muhammad, F., Jasmir, J., Rekayasa, D., Jakakom, Komputer, J., & Agustini, S.
R. (2024). Analisis Persepsi Terhadap Teknologi Augmented Reality Dalam
Kegiatan Pembelajaran Di Kota Jambi Menggunakan Technology Acceptance
Model ( TAM ) ( Studi Kasus : SD , SMP , SMA ATTAUFIQ ) Jurnal Informatika
Dan Rekayasa Komputer ( JAKAKOM ). 4 (April), 874–882.
Sehangunaung, GA, Mandey, SL, & Roring, F. (2023). Analisis Pengaruh Harga,
Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna
Aplikasi Lazada Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 1–11.
https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Sinaga, W. A. L., Sumarno, S., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Beberapa Linear
Metode Regresi Estimasi Penduduk Kecamatan Gunung Malela. JOMLAI:
Jurnal Pembelajaran Mesin dan Kecerdasan Buatan, 1(1), 55–64.
https://doi.org/10.55123/jomlai.v1i1.143

Susanti, A. (2022). Analisis Kepuasan Penggunaan Aplikasi Flip . Id Dengan
Menggunakan Metode Technology Acceptance Model ( Tam ) Dan End User
Kepuasan Komputasi ( Eucs ) Skripsi.
Widowati, A. Y., & Budihartanti, C. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap
Aplikasi Traveloka Dengan Menerapkan Metode TAM (Technology Acceptance
Model). Jurnal Prosisko, 6(2), 109–116. https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/1629/1080
Y Septiani, E Arribe, RD (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi
Akademik Universitas Abdurbab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan
Metode Servqual. Jurnal Teknologi Dan Sumber Terbuka, 3(1), 131–143.
Zahara T, A. D., Wisnujati, N. S., & Siswati, E. (2021). ANALISIS PRODUKSI DAN
PRODUKTIVITAS CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L) di INDONESIA.
Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 21(1), 18–29.
https://doi.org/10.30742/jisa21120211345